Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Download ATP Kelas 5 Kurikulum Merdeka Semua Mapel

Download ATP Kelas 5 Kurikulum Merdeka Semua Mapel

Guru kelas 5 harus memiliki perangkat ajar Implementasi Kurikulum Merdeka (Kurmer) yaitu berupa Alur Tujuan Pembelajaran atau ATP. Alur Tujuan Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka sama seperti Silabus yang ada pada Kurikulum 2013 (k-13). Guru kelas 5 bisa menyusun alur pembelajaran masing-masing terdiri dari rangkaian tujuan pembelajaran yang disusun secara kronologis berdasarkan urutan pembelajaran dari waktu ke waktu.

ATP menjadi panduan guru kelas 5 SD untuk mencapai capaian pembelajaran di akhir suatu fase. Perumusan dan penyusunan ATP berfungsi mengarahkan guru kelas dalam merencanakan, mengimplementasi dan mengevaluasi pembelajaran secara keseluruhan. Sehingga capaian pembelajaran yang akan dilaksanakan dengan secara sistematis, konsisten, terarah dan terukur.

Penggunaan kata kerja operasional dalam rumusan tujuan pembelajaran pada ATP memfasilitasi guru dalam mengidentifikasi indikator atau kegiatan atau aktivitas pembelajaran. Guru juga harus mengaitkannya dengan pemilihan materi ajar dan jenis evaluasi pembelajaran, baik formatif maupun sumatif.

Perumusan ATP kelas 5 Kurikulum Merdeka harus sederhana dan mudah dipahami oleh guru itu sendiri maupun pengguna atau pembaca. Hal terpenting lainnya, ATP memuat aspek pembelajaran yang sangat mendasar atau penting yakni kompetensi, konten, dan hasil pembelajaran. Pengalaman belajar yang relevan dengan kehidupan atau dunia nyata berupa aktivitas yang menantang, menyenangkan dan bermakna juga menjadi point penting dalam penyusunan ATP.

Download ATP Kelas 5 Kurikulum Merdeka Semua Mapel

Kurikulum Merdeka Kelas 5 menggunakan pendekatan mata pelajaran (mapel), yaitu: Pendidikan Agama dan Budi Pekerti (PAI), Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, PJOK, IPAS, dan seni. SekolahDasar.Net akan membagikan Perangkat Ajar Kurikulum Merdeka yaitu berupa Alur Tujuan Pembelajaran Kelas V SD Semester 1 dan 2 berformat Word yang bisa diunduh melalui tautan berikut:

ATP KELAS 5 .RAR

Dalam penyusunan ATP kelas 5 kurikulum merdeka belajar, guru harus memerdekakan siswa dalam berpikir dan bertindak, dan bertanggung jawab secara moral. Selain itu juga memfasilitasi dan menginspirasi kreativitas siswa dengan mempertimbangkan keunikan individualnya seperti; kecepatan belajar, gaya dan minat. Semoga Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Kelas V SD Kurikulum Merdeka di atas bermanfaat.