Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Download Silabus OSN SD 2023 dan Materi yang Diujikan


Untuk meningkatkan prestasi anak-anak Indonesia di bidang sains pemerintah melalui Pusat Prestasi Nasional di bawah Kemendikud menenyelenggaraan kegiatan Olimpiade Sains  Nasional (OSN). Pelaksanaan OSN jenjang SD tahun 2023 berupaya untuk bisa menghasilkan anak-anak berprestasi  di bidang Matematika dan IPA. Sehingga mereka juga mampu berdaya saing nasional maupun global. 

Melalui OSN yang dimulai dari jenjang SD ini, diharapkan dapat  menjadi ruang atmosfer olimpiade yang sehat dan bertumbuh. OSN digelar setiap tahun. Seleksi OSN SD dilaksanakan bertahap, yakni dapat dimulai dari tingkat kecamatan. Sekolah akan mengirimkan peserta didik terbaik mereka untuk mengikuti seleksi di tingkat ini.

Download Silabus OSN SD 2023 dan Materi yang Diujikan

Untuk membantu guru dan siswa mempersiapkan diri mengikuti seleksi dapat mempelajari Silabus OSN SD 2023. Silabus ini berisi materi-materi yang diujikan dalam olimpiade. Peserta yang lolos OSN SD tingkat Kabupaten/Kota akan ditetapkan melalui Surat Keputusan Balai Pengembangan Talenta Indonesia. Siswa yang lolos berkesempatan mengikuti OSN tingkat Provinsi. Silabus OSN SD 2023 bisa diunduh melalui link sebagai berikut:

SILABUS OSN SD .PDF

OSN SD adalah ajang kompetisi bagi siswa SD untuk meningkatkan mutu pendidikan sains. OSN SD meliputi bidang Matematika dan IPA. Kisi-kisi materi OSN SD bidang Matematika meliputi:

1.  Bilangan

2.  Aritmatika

3.  Geometri

4.  Statistika Data & Pengukuran

5.  Kombinatorik

Sedangkan kisi-kisi materi OSN SD bidang IPA meliputi:

1.  Keterampilan dan Metode Ilmiah

2.  Keanekaragaman hayati dan pengklasiļ¬kasian makhluk hidup 

3.  Proses dan mekanisme yang terjadi pada makhluk hidup     

4.  Ekologi, lingkungan, dan pelestarian sumber daya alam

5.  Isu kesehatan, lingkungan, dan teknologi

6.  Mekanika

7.  Wujud benda

8.  Listrik dan Magnet

9.  Gelombang dan Optik

10.  Suhu dan Kalor

11.  Bentuk energi dan perubahannya

12.  Bumi, Tata Surya dan Antariksa

10.  Suhu dan Kalor

Tidak hanya sebagai kompetisi saja, OSN SD juga mempunyai banyak manfaat bagi pendidikan dan ilmu pengetahuan. Selain meningkatkan kualitas pendidikan juga akan menumbuhkan minat akan sains bagi siswa dan mempererat tali silaturahmi antar siswa.