» » » » Mendikbud: Guru Harus Kreatif Jangan Hanya Ceramah

Mendikbud: Guru Harus Kreatif Jangan Hanya Ceramah

Ajak siswa bermain, bersimulasi, berfikir kreatif dan kritis.
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy meminta guru harus lebih kreatif dan jangan hanya metode ceramah. Hal ini dikatakan Mendikbud saat mengunjungi SDN Klitik di kecamatan Mejayan kabupaten Madiun, Jawa Timur.

Sekolah ini merupakan yang tertua di desa tak jauh dari rumah kelahiran Mendikbud. Pada tahun 1960-an, ayah Muhadjir, Soeroja, pernah menjadi kepala sekolah di SD ini. Almarhum ayahnya merupakan tokoh masyarakat yang dikenal sebagai pendidik dan seniman dalang.

"Ajak siswa bermain, bersimulasi, berfikir kreatif dan kritis. Ajak membaca. Metode ceramah hanya boleh untuk khutbah Jumat saja," kata Mendikbud yang SekolahDasar.Net kutip dari Tribunnews (19/02/17).

Baca juga: Peran Guru yang Kreatif, Inovatif, dan Profesional

Mantan rektor Universitas Muhammadiyah Malang ini juga meminta supaya anak-anak jangan hanya diajar di dalam kelas. Oleh karena itu halaman dan fasilitas sekolah harus nyaman. Selain itu sekolah, harus dicarikan potensi yang dapat digali menjadi kekhasannya.

"Pendidikan karakter itu digali dari kearifan lokalnya. Yang penting nilai-nilai relijius, gotong royong, nasionalisme dan kemandirian ditanamkan dan diimplementasikan," tegasnya.

Baca juga:



SekolahDasar.Net | 19 Februari 2017
Ketik email Anda untuk:

KOMENTAR ANDA