» » » » Mendikbud Minta Guru Rekam Kepribadian Anak

Mendikbud Minta Guru Rekam Kepribadian Anak

Mendikbud Minta Guru Rekam Kepribadian Anak
Ini merupakan implementasi pendidikan karakter.
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbu) Muhadjir Effendy meminta guru bisa membuat portofolio anak sejak jenjang sekolah dasar (SD). Tujuannya, agar guru tidak mengabaikan bakat istimewa masing-masing anak. Selain rapor akademik anak seharusnya ada catatan kepribadian di sekolah.

Rekam jejak kepribadian dan bakat bisa merupakan implementasi pendidikan karakter. Rekam jejak anak tersebut dapat dijadikan portofilio hingga siswa tersebut dewasa. Dengan demikian, ia mengatakan, ketika ada perusahaan membutuhkan tenaga kerja bisa meminta file Dapodik di Kemendikbud sesuai keahlian yang diinginkan.

“Biar matematika nilai empat, tapi ada rekam jejak kepemimpinan OSIS, ekstrakulikuler, lebih bagus jadi manajer daripada yang nilainya bagus, tapi nggak pernah berorganisasi,” kata Muhadjir yang SekolahDasar.Net kutip dari Republika (22/07/17).

Mendikbud menyebut, portoflio anak tidak lepas dari peran guru sebagai katalisator. Guru harus bisa menggali potensi dan bakat terpendam masing-masing anak. Guru tidak boleh menyamaratakan dalam memperlakukan anak didik.

Baca juga:



SekolahDasar.Net | 22 Juli 2017
Ketik email Anda untuk:

KOMENTAR ANDA