Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Soal Tes Kompetensi Bidang TKB Ujian CPNS 2013

Soal materi tes TKB
Soal TKB disusun oleh instansi pembina jabatan fungsional tertentu.
Tes Kompetensi Bidang (TKB) merupakan salah satu jenis bentuk tes seleksi CPNS 2013. Tes ini untuk mengukur kemampuan atau keterampilan peserta ujian CPNS sesuai dengan kompetensi jabatan yang dibuka. Materi soal TKB disusun sesuai dengan formasi jabatan. Sehingga materi soal TKB untuk jabatan yang satu berbeda dengan jabatan yang lain.

Soal TKB ditetapkan oleh PPK Pusat/Provinsi/Kabupaten/Kota untuk lowongan formasi jabatan fungsional tertentu. Soal materi tes TKB disusun oleh instansi pembina jabatan fungsional tertentu. Masing-masing tes TKB mempunyai Passing Grade (Ambang Batas) nilai yang berbeda.

Contoh peserta CPNS 2013 yang melamar formasi jabatan Guru Kelas SD, maka materi ujian TKB-nya berkaitan dengan pengetahuan substansi yang berkaitan dengan pendidikan sekolah dasar. Tes TKB disusun oleh instansi pembina jabatan fungsional guru (Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan).

Untuk dapat mengikuti tes TKB penerimaan CPNS 2013, peserta ujian terlebih dahulu harus lulus Tes Kompetensi Dasar (TKD). Tes TKD mengarah kepada tes mengenai pengetahuan umum, wawasan kebangsaan dan karakteristik pribadi. Ujian tes TKD digelar secara serentak pada 3 November 2013.

Jadwal pelaksanaan TKB penerimaan CPNS 2013 tergantung masing-masing instansi yang peserta lamar. Untuk informasi jadwal pelaksanaan Tes TKB dapat ditanyakan pada instansi yang dilamar. Disampinag tes TKB dapat dilakukan tes psikologi lanjutan, wawancara, atau ujian praktek.