» » Penting! Ini Cara Agar Anak Tak Manja dan Mandiri

Penting! Ini Cara Agar Anak Tak Manja dan Mandiri

Cara agar anak tidak manja dan bisa lebih mandiri serta disiplin
Penting sekali melakukan beberapa cara agar anak tidak manja dan mandiri secara alami.
Harapan orang tua terhadap anaknya yaitu memiliki kepribadian baik, sopan, mandiri, patuh dan tidak manja. Maka tidak heran, jika orang tua menyediakan segala fasilitas yang dibutuhkan anak, melainkan hanya untuk mencapai harapan dan impiannya tersebut. orang tua pun harus memahami beberapa cara agar anak tidak manja dan bisa lebih mandiri serta disiplin.

Tetapi ketika orang tua memenuhi segala sesuatu yang dibutuhkan anak tanpa adanya pertimbangan terlebih dahulu, bisa jadi itu mengakibatkan anak menjadi manja. Lalu bagaimana cara agar menjadi tidak manja?

1. Tegakkan peraturan

Buatlah aturan yang konsisten untuk anak. Ajarkan pada anak agar mematuhi segala aturan yang ditegakkan. Karena dengan mematuhi aturan secara konsisten, anak akan menghargai aturan tersebut tanpa beranggapan bisa seenaknya melanggar. Misalkan aturan belajar 1 kali sehari. Anda harus bisa memaksakan pada anak agar belajar 1 kali dalam sehari, baik selepas pulang sekolah ataupun sebelum tidur.

2. Jangan selalu membantu

Perlu menghilangkan rasa iba sejenak, karena harus membiarkan anak melakukan aktivitasnya sendirian. Ketika anak makan, biarkan ia makan sendiri meskipun sampai berantakan di lantai dan orang tua cukup melihatnya saja dari jauh. Tetapi ada pula aktivitas anak yang harus dibantu, seperti menggunting dan memotong kertas untuk kerajinan yang akan ia buat sendirian.

3. Simpan uang anak di tempat yang terlihat

Ajarkan pada anak bahwa menabung itu penting. Berikan celengan transparan agar anak melihat isi tabungannya masih sedikit. Dengan begitu, anak akan termotivasi untuk menabung. Letakkan celengan di tempat terbuka agar anak sering melihat isi celengannya yang masih sedikit. Alhasil, setiap Anda memberi uang jajan, Si anak akan belajar menyisihkannya untuk mengisi celengan tersebut agar cepat penuh.

4. Berikan uang saku secara reguler

Memberi uang jajan yang teratur akan membuat anak menjadi lebih pintar dan cerdas dalam memaksimalkan uang jajannya. Karena memberikan uang saku secara reguler, dapat mengajarkan pada anak harus benar-benar cukup. Anak berpikir, “kalau uang ini habis sekarang, nanti tidak bisa jajan lagi”. Efeknya anak bisa menghemat uang jajan dan tidak boros.

Frekuensinya seperti apa? Terserah! Yang penting anak diajarkan mengelola uang jajan sendiri. Terangkan juga, jangan meminta jajan pada Ibu/Ayah, sebelum waktunya dikasih lagi, sesuai jadwal yang ditentukan.

5. Biarkan mereka membeli sesuatu sendiri

Sebelum memberi kebebasan dengan membeli sesuatu sesuai dengan keiinginannya. Orang tua harus menerapkan terlebih dahulu pemikiran lebih baik yang “perlu” daripada membeli karena “ingin”. Dengan begitu, anak akan mengerti mana yang harus ia beli nanti.

Baca juga: Cara Sekolah Jepang Mendidik Anak Menjadi Mandiri

Hal ini harus Anda berikan kesempatan pada anak hanya sekali-kali saja. Tujuannya melatih kemandirian anak dalam memenuhi kebutuhannya sendiri.

Melakukan beberapa cara agar anak tidak manja dan mandiri seperti di atas, harus terkesan seperti tidak diprogramkan. Dalam artian, menjaga mental anak agar tidak merasa tertekan dengan aturan. Dengan demikian, sifat manja tidak akan tertanam dan karakter mandiri akan membekas pada jiwanya hingga dewasa nanti.

Baca juga:



SekolahDasar.Net | 19 Desember 2018

KOMENTAR ANDA