Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Ada 3 Gaya Belajar, Kenali Agar Belajar Anak Optimal

Untuk mengenali gaya belajar anak, orangtua harus sering menghabiskan waktu dengan anak
Untuk mengenali gaya belajar anak, orangtua harus sering menghabiskan waktu dengan anak.

Agar anak belajar dengan optimal, sebaiknya menyesuaikan dengan gaya belajarnya. Secara umum, ada tiga gaya belajar anak, yaitu visual (penglihatan), auditori (pendengaran), dan kinestetik (gerak). Psikolog anak dan remaja, Putu Andita mengatakan, mengenali gaya belajar lebih mudah saat anak mulai memasuki TK.

"Kalau masih terlalu kecil belum kelihatan bagaimana gaya belajarnya. Saat TK, anak kan mulai lebih banyak interaksi dan eksplorasi, jadi lebih mudah dikenali," kata Putu yang SekolahDasar.Net kutip dari Kompas.com

Anak yang memiliki gaya visual akan lebih mudah mengerti jika diberikan gambar, video, atau film. Tanda-tandanya, anak juga mudah terganggu jika ada sesuatu yang mengganggu penglihatannya. Misalnya lagi belajar di kelas, lalu ada orang lewat, dia akan terdistraksi (terganggu).

Baca juga: Tips Menghadapi Anak Malas Supaya Rajin Belajar

Anak yang memiliki gaya belajar auditori atau pendengaran lebih mudah menyerap informasi melalui pendengarannya. Anak ini akan lebih mudah memahami sesuatu ketika dibacakan cerita, dibanding ia membacanya sendiri tanpa suara. Dia akan cenderung mudah terganggu jika ada suara berisik.

Sedangkan Untuk anak dengan gaya belajar kinestetik, biasanya akan merasa terganggu jika ada yang menyentuhnya. Untuk belajar dengan baik, anak ini tidak bisa hanya duduk manis saja. Saat membaca, anak dengan gaya belajar kinestetik akan lebih mudah mengerti jika membaca sambil menunjuk huruf di buku.

Anak mungkin saja memiliki ketiga gaya belajar tersebut. Tetapi, umumnya ada satu gaya belajar yang lebih menonjol. Putu menambahkan, untuk mengenali gaya belajar anak, orangtua harus sering menghabiskan waktu dengan anak. Orangtua perlu mengobservasi anak dan lebih peka.