6 Tips Membantu Anak Melewati Hari Pertama Puasa
Cari Berita

Atas


6 Tips Membantu Anak Melewati Hari Pertama Puasa

Sabtu, 11 Mei 2019

6 Tips Membantu Anak Melewati Hari Pertama Puasa
Ingin mengajari anak puasa di ramadhan ini, tapi bingung caranya? Langsung saja terapkan tips membantu anak melewati puasa pertama ini.

Para orangtua biasanya akan berusaha untuk mengajarkan anaknya berpuasa meskipun dengan puasa yang tidak penuh satu hari. Apa sih tujuan anak berpuasa sejak dini? Apa saja tips yang bisa dilakukan untuk membantu anak melewati hari pertama puasanya mengingat anak mungkin merasa kesulitan berpuasa pada hari pertamanya. Nah, untuk mengetahuinya simak penjelasan berikut mengenai tips membantu anak melewati puasa pertama.

Tujuan Mengajarkan Anak Berpuasa Sejak Dini

Meskipun anak-anak belum terkena hukum wajib untuk melaksanakan puasa, namun mengajarkan anak-anak belajar berpuasa sejak dini diperlukan. Tujuannya yaitu supaya ketika anak sudah saatnya terkena kewajiban untuk berpuasa, mereka tidak merasa kaget.Puasa merupakan sebuah ibadah yang berat dijalani jika tidak dibiasakan.

Bagian terberat dari proses membiasakan anak berpuasa yaitu di hari pertama puasa. Ada bagian kritis hari pertama puasa yang dialami anak yaitu menjelang jam dua belas atau ketika matahari sedang panas-panasnya dan antara jam tiga hingga menjelang berbuka puasa. Anak seringkali merengek ingin makan atau minum pada saat tersebut.

6 Tips Membantu Anak Melewati Puasa Pertama

Ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan dalam membantu anak melewati puasa pertama.

1. Memastikan Anak Makan Sahur

Pastikan anak Anda makan sahur supaya ia kuat menjalankan puasanya. Pada awalnya memang berat membangunkan anak-anak di pagi-pagi buta,lalu mengajaknya makan sahur. Jadi, sediakan menu favorit anak supaya ia bersemangat untuk sahur.Kalau bisa berikan makanan yang hangat serta berkuah supaya lambung anak nyaman untuk menerima makanan yang masuk. Berikan juga suplemen tambahan supaya anak memiliki energi lebih dalam menjalani puasa misalnya dengan mengkonsumsi madu.

2. Memberikan Motivasi dan Penghargaan

Berikan anak motivasi untuk menjalankan puasa dan berikan penghargaan jika ia berhasil melaksanakannya. Wujud penghargaan tidak selalu berupa materi. Namun bisa juga dengan cara menyiapkan menu berbuka yang anak sukai atau menyampaikan pujian atas keberhasilannya tersebut. Hal ini akan membuat anak menjadi lebih bersemangat dalam menjalankan puasa.

3. Menemani Anak di Waktu-waktu Kritis

Anda perlu menemani anak di waktu-waktu kritisnya yaitu jam dua belas serta antara jam tiga hingga menjelang berbuka. Pada waktu-waktu ini anak akan merasakan haus dan juga lapar. Ajaklah anak bermain dengan permainan yang disukainya.Anda juga bisa menceritakan kisah-kisah perjuangan zaman Nabi dan para sahabat dengan memakai boneka tangan agar tidak menjenuhkan.

4. Menceritakan Makna Puasa

Latihlah anak berpuasa dengan menceritakan tentang makna dari puasa itu sendiri. Kemaslah dalam berbagai macam cerita yang menarik.

5. Menyiapkan Makanan yang Tepat

Siapkanlah makanan yang tepat untuk anak yang sedang belajar berpuasa sesuai dengan kebutuhan serta kesukaannya. Pastikan kebutuhan energi anak terpenuhi dengan baik baik itu pada saat berbuka maupun sahur.

6. Menciptakan Suasana Berpuasa yang Menyenangkan

Anda perlu menciptakan suasana berpuasa yang menyenangkan supaya anak bisa terlibat untuk ikut berpuasa.Anda bisa memulainya dengan sahur yang menyenangkan.Persiapkan dengan baik dan jangan sampai terburu-buru. Lakukanlah sahur dengan penuh syukur dan gembira supaya anak menikmati sahur. Tunjukkanlah kepada anak bahwa Anda selama seharian berpuasa tetap bisa melakukan berbagai aktivitas dengan semangat walaupun tidak minum dan tidak makan.

Enam tips membantu anak melewati puasa pertama ini bisa Anda terapkan di rumah di momen Ramadhan tahun ini. Yakinkan kepada anak bahwa berpuasa bukanlah sesuatu hal yang menyiksa dan terasa menyenangkan dikerjakan. Jelaskan juga mengenai pentingnya berpuasa agar anak bersemangat untuk melaksanakannya.