6 Masalah Khas Anak SD dan Cara Mengatasinya
Cari Berita

Atas


6 Masalah Khas Anak SD dan Cara Mengatasinya

Sabtu, 31 Agustus 2019

Masalah khas anak SD sebenarnya sederhana dan dapat ditangani dengan mudah tanpa melibatkan tindak kekerasan yang memicu trauma.

Tahukah Anda bahwa ada beberapa masalah khas anak SD yang sering terjadi? Emosi yang masih labil acap kali menjadi pemicu utama dari permasalahan-permasalahan tersebut. Apa saja problematika khas anak SD yang wajib untuk Anda ketahui? Lalu, bagaimana pula cara yang efektif dan efisien untuk mengatasinya dengan cepat?

Problematika yang Biasa Terjadi Pada Anak SD

Permasalahan yang terjadi pada anak SD acap kali dianggap remeh oleh orang dewasa. Padahal, jika tidak segera dicari solusinya, masalah tersebut dapat berkembang menjadi problematika serius. Apa saja masalah-masalah umum khas anak yang duduk di bangku sekolah dasar?

1. Saling Mengejek

Jangankan anak-anak, orang dewasa saja masih suka saling ejek satu sama lain. Biasanya, anak SD saling mengejek teman sekolahnya tanpa maksud untuk merundung. Namun, karena belum mengerti batasan dengan baik, akhirnya mereka mengejek secara keterlaluan dan akhirnya memicu pertengkaran besar.

2. Melupakan Pengumuman dari Sekolah

Ini juga termasuk dalam masalah yang khas sekali dengan anak SD. Mereka suka melupakan pengumuman penting yang diberikan pihak sekolah sehingga tidak menyampaikannya pada orang tua. Alhasil, pengumuman tidak sampai ke telinga wali murid.

3. Senang Jajan Sembarangan

Anak-anak usia sekolah dasar sulit sekali jika dilarang melakukan sesuatu, terutama jika urusan jajan sembarangan. Ini termasuk dalam kategori masalah khas anak SD yang berkaitan erat dengan kondisi kesehatannya. Mereka tidak memikirkan higienitas makanan dan asal beli saja.

4. Malu Menjelaskan di Depan Kelas

Anak SD mayoritas merasa malu ketika harus presentasi di depan kelas. Memang tidak semua, namun kebanyakan seperti itu karena merasa kurang percaya diri. Akhirnya, mereka menolak bahkan sampai menangis jika harus memberi presentasi.

5. Bicara dengan Volume Ekstra Pelan

Tidak hanya malu ketika harus presentasi, beberapa dari mereka juga sering kali bicara dengan volume yang terlalu pelan. Biasanya pada teman yang kurang akrab atau terhadap sang guru. Namun, mereka tidak menyadari itu dan merasa sudah berbicara cukup kencang.

6. Suka Berargumen dengan Dalih Tidak Masuk Akal

Terakhir, masalah yang khas sekali dengan anak SD adalah kebiasaan berargumen. Mereka cenderung tidak mau kalah atas pendapatnya, hingga mengungkapkan alasan-alasan yang tidak masuk akal sekalipun.

Cara Mengatasi Permasalahan Khas Anak Sekolah Dasar

Ada beberapa cara efektif untuk diterapkan jika anak-anak usia sekolah dasar menunjukkan sindrom-sindrom di atas :


  • Ajak bicara dan beri pengertian tentang hal yang baik dan tidak baik untuk dilakukan.
  • Bawakan bekal berganti-ganti setiap harinya agar anak tidak jajan sembarangan.
  • Stimulasi kepercayaan diri anak dengan sering mengajaknya bersosialisasi di tempat-tempat ramai.
  • Beri teguran tegas namun tanpa bertindak kasar jika mereka bersikap keras kepala.


Jadi, sebenarnya masalah khas anak SD dapat diselesaikan dengan baik tanpa perlu melibatkan tindak kekerasan dan paksaan, bukan? Bagaimanapun juga, mereka adalah anak-anak sehingga tindakan keras justru akan menimbulkan trauma yang tidak baik untuk tumbuh kembangnya.