Cara Memberikan Motivasi Agar Siswa Memperhatikan Pelajaran
Cari Berita

Atas


Cara Memberikan Motivasi Agar Siswa Memperhatikan Pelajaran

Selasa, 17 September 2019

Cara Memberikan Motivasi Agar Siswa Memperhatikan Pelajaran
Agar siswa memperhatikan pelajaran dengan semangat, coba berikan motivasi dengan cara melakukan beberapa poin berikut ini!

Melakukan rutinitas yang sama setiap harinya, tak jarang memang membuat seseorang bosan. Tidak terkecuali rutinitas siswa seperti mengikuti pelajaran ini. Berbicara mengenai semangat belajar, bagi guru memberikan motivasi agar mereka kembali bangkit merupakan hal yang penting. Tidak cukup dengan itu,agar siswa memperhatikan pelajaran, selain motivasi guru juga perlu melakukan cara lain diantaranya yaitu:

1. Memberikan Pengertian Jika Proses Belajar Menyenangkan

Siapa bilang, motivasi belajar hanya perlu diberikan pada anak kecil. Nyatanya, remaja dan dewasa pun membutuhkan lecutan pembangkit semangat ini. Sebenarnya memang wajar. Jika saat anak-anak motivasi tersebut diberikan agar anak tidak melupakan belajar karena sibuk bermain. Di dunia remaja dan dewasa pun sama. Meskipun dalam hal ini remaja lebih rentan mengalaminya.

Hal itulah mengapa motivasi semangat juga perlu diberikan pada siswa kelas atas seperti SMP dan juga SMA. Dalam hal ini, pemberian semangat tentu berbeda dengan ketika Anda memberikan semangat untuk anak-anak. Untuk remaja dan dewasa, pemberian semangat ini bisa Anda lakukan dengan memberikan pengertian mengenai proses belajar yang menyenangkan.

Dengan cara sederhana dan mudah, pengertian tersebut bisa Anda lakukan dengan cara menciptakan suasana kelas yang nyaman bagi para siswa. Misalnya, Anda bisa menyampaikan pelajaran dengan cara menyesuaikan dengan gaya belajar siswa.

2. Gunakan Penyampaian yang Tidak Monoton

Selain membangun suasana kelas yang nyaman, cara menarik perhatian siswa saat mengajar selanjutnya yaitu, gunakan penyampaian yang tidak monoton. Untuk poin ini, Anda bisa melakukan penyampaian dengan berbagai variasi dengan bantuan media pengajaran. Cara ini tentu akan lebih asik dibandingkan dengan cara penyampaian monoton seperti penyampaian materi saja tanpa selingan apapun.

Adapun salah satu variasi pengajaran yang bisa Anda gunakan yaitu penyampaian dengan cara diskusi, tanya jawab, atau variasi pengajaran lainnya. Sedangkan untuk media, Anda bisa menggunakan media visual atau gambar, audio, dan media pengajaran menarik lainnya.

3. Bangun komunikasi yang baik dengan Siswa

Untuk menyampaikan motivasi agar siswa memperhatikan pelajaran, komunikasi merupakan hal penting yang tidak boleh Anda lupakan. Hal itu karena, bisa dibilang komunikasi yang baik merupakan jembatan untuk membangun kedekatan antara Anda dan juga siswa. Sebenarnya tidak perlu dengan menggunakan hadiah-hadiah, sebab komunikasi yang baik ini akan secara otomatis tercipta ketika Anda berhasil masuk dalam dunia siswa.

Oleh karena itu, Anda perlu tahu kesukaan siswa khususnya dalam gaya belajarnya. Selain itu memberikan empati dan juga mendengarkan pendapat serta pemikiran siswa juga akan sangat membantu menciptakan kedekatan serta komunikasi yang baik tersebut.

4. Ingatkan mengenai target semester

Terlalu keras dalam mengajar siswa tentu bukan hal yang tepat. Namun terlalu memanjakannya juga bukan sesuatu yang benar. Untuk itu, selain memberikan kebebasan dalam belajar, pada waktu tertentu Anda perlu memecut kembali semangat belajar siswa dengan cara mengingatkan mengenai target semester. Cara ini dilakukan dengan tujuan agar siswa tidak semakin nyaman dengan kemalasannya.

5. Berikan Apresiasi Atas Prestasi Siswa

Selain motivasi, sesekali memberikan apresiasi pada pencapaian siswa juga penting dilakukan. Apresiasi ini tentu dapat meliputi berbagai hal. Tidak melulu tentang hadiah mahal, meskipun sederhana sebenarnya pujian pun bagi siswa sering dianggap suatu apresiasi. Adapun untuk prestasi siswa di sini juga tidak hanya tentang prestasi akademik siswa. Namun disadari atau tidak, pemberian apresiasi pada hal-hal kecil yang dilakukan terkadang justru lebih menyisakan kesan manis bagi siswa.

Demikian beberapa cara memberikan motivasi agar siswa memperhatikan pelajaran. Semoga bermanfaat.