5 Tips Mengajar Matematika Untuk Anak Sekolah Dasar
Cari Berita

Atas


5 Tips Mengajar Matematika Untuk Anak Sekolah Dasar

Sabtu, 12 Oktober 2019

Tips Mengajar Matematika Untuk Anak Sekolah Dasar
Tips mengajar matematika untuk anak SD supaya tetap semangat belajar dan membantah opini bahwa pelajaran Matematika itu sulit dan membosankan.

Tips mengajar matematika untuk anak SD dengan menerapkan metode mengajar yang menyenangkan, tentu akan dapat menumbuhkan minat belajar siswa menjadi lebih maksimal. Sebagai guru yang mengajar matematika, sudah seharusnya memiliki kemampuan khusus dalam menyampaikan materi secara kreatif, menarik, dan mudah dipahami.

Mengajar dengan Memahami Kemampuan dan Kebiasaan Anak


Untuk anak SD sendiri, kemampuan memahami materi yang diajarkan tidaklah sama dengan anak SMP dan SMA. Sebagai pengajar, dituntut untuk memiliki kemampuan psikologi dalam mengukur kemampuan setiap anak saat belajar.

Usia anak SD rata-rata 6-11 tahun. Di usia tersebut, anak lebih suka bermain dibandingkan belajar. Hal tersebut sudah menjadi kebiasaan atau rutinitas yang membuatnya lebih senang. Tentunya, guru harus tahu, bagaimana cara paling tepat menerapkan metode dalam mengajar Matematika. Berikut 5 tips mengajar Matematika untuk siswa SD.

1. Ciptakan Suasana yang Menyenangkan

Sebagai guru harus memiliki kemampuan dalam menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Ajukan beberapa pertanyaan yang sifatnya humoris. Saat Anda berhasil menciptakan suasana yang menyenangkan bagi siswa, ini akan menumbuhkan minat belajar Matematika siswa yang kuat dan berpotensi pada tingkat pemahamannya lebih maksimal.

2. Beritahu Anak Manfaat dan Tujuan Belajar Matematika

Selain strategi yang pertama, untuk menumbuhkan minat dan semangat belajar anak, guru perlu memberitahu manfaat dan tujuan belajar ilmu Matematika. Sehingga, akan muncul pada prinsip anak, bahwa pelajaran Matematika sangat penting untuk meningkatkan prestasinya dan bermanfaat untuk kehidupannya di masa yang akan datang.

3. Menguasai Ilmu Matematika Secara Keseluruhan

Tips mengajar matematika yang ketiga, yaitu guru wajib menguasai ilmu matematika secara keseluruhan. Anda bisa mempelajarinya lewat membaca, mengkaji ulang ilmu yang sudah Anda pelajari sebelumnya, dan menyesuaikan materi pembelajaran dengan yang dipelajari anak di sekolah.
Dengan begitu, Anda akan mampu menjawab semua pertanyaan yang diajukannya. Alhasil, anak akan dapat memahami materi yang Anda ajarkan dengan lebih cepat.

4. Pancing Anak Belajar Interaktif

Mengajar matematika untuk siswa Sekolah Dasar, tidak seharusnya Guru bicara terus menerus, dan anak cuma mendengarkannya saja. Akan tetapi, Anda perlu menciptakan proses belajar megajar secara interaktif.

Pancing siswa untuk selalu bertanya, ketika ia tidak memahami pelajaran yang diterimanya. Meskipun hal kecil yang ditanyakan, Anda harus menjawabnya secara perlahan, sampai anak benar-benar mengerti.

Cara ini akan membuat anak tidak bosan saat belajar dan dapat meningkatkan pandangan positif, ternyata belajar Matematika itu mudah dan menyenangkan.

5. Biasakan Menghargai Usaha Anak saat Belajar

Sebagai guru yang mengajar Matematika untuk anak SD, Anda harus benar-benar sabar menghadapinya dan tetap berikan motivasi agar semangat belajarnya tidak menurun. Bahkan, saat ia mampu menjawab atau berhasil menyelesaikan soal yang Anda berikan, apapun hasilnya, Anda harus tetap mengakui dan menghargai usahanya tersebut.

Cara ini mampu menumbuhkan mentalitas belajar anak, ketika ia tidak mampu sepenuhnya memahami materi yang diajarkan.

Penerapan 5 tips mengajar matematika untuk anak SD ini, tidak lain untuk melatih siswa supaya tetap semangat belajar. Juga untuk membantah opini bahwa pelajaran Matematika itu sulit dan membosankan. Sekaligus melatih kemampuan mentalitasnya agar tetap percaya diri dengan kemampuan yang dimilikinya.