Cara Mengajar Les Privat Matematika untuk Anak SD
Cari Berita

Atas


Cara Mengajar Les Privat Matematika untuk Anak SD

Selasa, 08 Oktober 2019

Cara Mengajar Les Privat Matematika untuk Anak SD
Cara mengajar les privat Matematika yang tepat wajib diaplikasikan agar anak lebih mudah dalam menerima materi yang diberikan.

Bagaimana cara mengajar les privat Matematika yang tepat? Bukan menjadi rahasia lagi bahwa mata pelajaran yang satu ini menjadi momok menakutkan bagi mayoritas pelajar. Mereka sampai mengikuti les privat agar bisa menaklukkannya. Tentu, efektivitas dari bimbingan belajar juga ditentukan dari metode pengajaran yang diberikan oleh sang tutor.

3 Metode Efektif Les Privat Matematika Anak SD


Anak didik usia sekolah dasar berbeda dengan jenjang SMP atau SMA, baik dari sudut pandang maupun kemampuan menangkap materi yang diberikan. Sebab itu, bila Anda ingin les privat yang diberikan menunjukkan hasil signifikan, cobalah mengaplikasikan tiga strategi jitu berikut :

1. Ajarkan Rumus Matematika Alternatif

Metode pertama adalah dengan mengajarkan rumus alternatif. Banyak guru privat yang kurang mengerti bahwa rumus yang diajarkan di sekolah merupakan formula umum, tetapi bukan yang termudah. Dalam setiap rumus Matematika, terdapat metode penyelesaian alternatif dan cenderung lebih mudah dari cara yang biasa diperkenalkan di sekolah.

Sebab itu, cara mengajar les privat Matematika yang efektif adalah dengan Anda menguasai rumus-rumus alternatif terlebih dulu untuk kemudian diajarkan saat bimbingan. Ketika anak-anak mahir dalam mengaplikasikan rumus alternatif, mereka pun tidak akan lagi mengalami kesulitan dalam penyelesaian soal-soal Matematika di sekolah.

2. Ajak Menyelesaikan Soal dengan Alat Bantu yang Disukai Anak

Saat memberikan les privat Matematika terhadap anak SD, terutama jenjang awal, penting untuk menggunakan alat bantu. Peralatan tersebut digunakan untuk menguraikan rumus Matematika secara lebih sederhana dan menyenangkan. Contohnya menggunakan boneka atau mobil-mobilan mini untuk membantu kelancaran berhitung anak dalam penambahan dan pengurangan.

Anda dapat memberikan soal penambahan atau pengurangan, kemudian menggunakan objek atau alat bantu belajar itu sebagai item yang harus dihitung. Tentunya penggunaan media seperti ini membuat anak lebih cepat dalam menangkap materi yang diajarkan. Alat bantunya bisa juga dengan media lain seperti menggambar.

3. Buat Soal Matematika dengan Objek Kehidupan Sehari-hari

Terakhir, metode ampuh yang dapat Anda praktikkan adalah dengan membuat soal-soal latihan yang berorientasi pada kehidupan sehari-hari sebagai objek pembahasan. Contohnya :

 Rara mempunyai boneka Barbie seharga Rp25.000,- per buah. Ia kemudian ingin mempercantik boneka itu dengan membelikan gaun seharga Rp15.000,- dan peralatan rias Rp10.000,-. Jadi, berapakah total uang yang harus Rara keluarkan?

 Andi memiliki Tamiya sebanyak 5 buah. Kemudian kedua temannya, Budi dan Roni, masing-masing meminjam 1 buah Tamiya dari Andi. Jadi, berapakah jumlah Tamiya yang masih berada di tangan Andi?

Secara psikologis, anak lebih senang membahas tentang objek kesukaan mereka. Sehingga, cara mengajar les privat Matematika yang tepat adalah menjadikannya sebagai objek soal. Hasilnya? Mereka lebih mudah dalam menyelesaikan soal karena tidak merasa tertekan. Ketika cara penyelesaikan sudah diingat, lebih gampang dalam mengaplikasikannya pada soal-soal lain.

Hal-Hal yang Harus Dihindari dalam Les Privat Matematika Anak SD


Selain mempraktikkan ketiga metode jitu di atas, penting bagi Anda untuk menghindari hal-hal di bawah ini dalam pemberian les privat Matematika :

• Mengajarkan metode penyelesaian soal yang sama persis dengan yang diajarkan di sekolah.

• Hanya melakukan pengulangan materi pelajaran Matematika yang sudah diberikan di sekolah.

• Bersikap terlalu serius, kaku, dan keras hanya agar anak mau mengerjakan soal-soal Matematika yang diberikan.

Mengapa hal-hal di atas perlu dihindari? Sebab, menerapkan tindakan-tindakan tersebut akan membuat anak semakin tidak menyukai mata pelajaran Matematika hingga lebih sulit menerima materi. Jadi, bila Anda ingin cara mengajar les privat Matematika menunjukkan hasil sesuai harapan, penting untuk mengaplikasikan metode sekaligus menghindari kesalahan di atas.