Tips Supaya Siswa Cepat Mengerjakan Soal Cerita Pelajaran Matematika
Cari Berita

Atas


Tips Supaya Siswa Cepat Mengerjakan Soal Cerita Pelajaran Matematika

Jumat, 08 November 2019

Tips Supaya Siswa Cepat Mengerjakan Soal Cerita Pelajaran Matematika
Tips supaya siswa cepat mengerjakan soal cerita pelajaran matematika perlu Anda ketahui agar siswa menjadi cepat paham

Mengerjakan matematika berbeda dengan mengerjakan mata pelajaran lainnya. Dalam mengajarkannya kepada siswa juga perlu teknik atau metode pendekatan agar siswa paham. Lalu, apa yang harus Anda lakukan? Ikuti tips supaya siswa cepat mengerjakan soal cerita pelajaran matematika berikut ini.

1. Menggunakan Konsep yang Benar Saat Mengajarkan Matematika

Matematika ini termasuk dalam kategori ilmu yang bersifat abstrak. Maka dari itu perlu konsep yang benar agar siswa menjadi paham. Contohnya saja konsep ketika membahas tentang bilangan atau angka. Angka 1 merupakan lambang dari suatu bilangan sedangkan penyebutan “satu” adalah nama bilangan.

Supaya siswa lebih paham maka dibutuhkan sebuah alat peraga. Katakanlah Anda ambil contoh satu pisang. Dengan menggunakan alat peraga ini tidak lagi abstrak tapi menjadi lebih konkrit. Jadi siswa akan lebih paham ketika pelajaran matematika langsung diterapkan dalam bentuk alat peraga.

2. Gunakan Alat Peraga yang Dekat dengan Kehidupan Sehari-hari

Tips supaya siswa cepat mengerjakan soal cerita pelajaran matematika berikutnya bisa dengan menggunakan alat peraga yang dekat dengan kehidupan sehari-hari. Misalnya saja ketika membahas tentang bentuk dan ukuran benda maka bisa ambil penggaris dan papan tulis sebagai medianya.

Bentuk dari papan tulis adalah persegi panjang. Jelaskan bagian siku-sikunya. Jelaskan bagian panjang dan lebarnya. Jika menghitung luas persegi panjang dengan rumus panjang kali lebar maka siswa lebih paham memahaminya dengan melihat secara langsung.

3. Aplikasikan Teknik, Metode, Model dan Pendekatan yang Benar

Penerapan teknik, metode dan model yang salah bisa merusak pemahaman siswa. Mata pelajaran yang sedang disampaikan harus sinkron dengan teknik yang digunakan. Cara yang menyenangkan bisa dengan membuat metode pengajaran dalam bentuk permainan.

Sebuah penyampaian materi dalam bentuk permainan lebih menyenangkan dan siswa bisa lebih paham dengan apa yang disampaikan. Termasuk dalam memberikan materi tentang mata pelajaran matematika ini. Jadi pelajaran matematika tidak lagi dianggap pelajaran yang berat, tapi ringan. Dengan begitu semua ilmu bisa terserap dan masuk semua dalam pikiran.

4. Teori dan Praktik

Untuk melatih dan menguji pemahaman siswa maka setelah Anda memaparkan teori maka langsung praktik. Dalam melakukan praktek mengerjakan soal matematika dalam bentuk cerita ini jangan langsung banyak soal. Berikan sedikit saja 1-5 soal dengan tingkat kesulitan yang berbeda-beda. Untuk tahapan awal berikan soal yang tidak terlalu sulit dan mudah dipahami.

5. Ikuti Tahapan Mengerjakannya dengan Benar

Dalam mengerjakan soal cerita harus dicatat tahapan demi tahapannya. Misal hal yang diketahui apa saja dari soal cerita tersebut, catat apa yang ditanyakan.Lalu nanti bisa ditemukan rumusnya dengan menganalisa siswa nanti baru bisa menjawabnya.

Lihat juga: Kompetensi Matematika Siswa SD Merah Total

Contoh soal ceritanya misal begini, Ani pergi ke pasar membawa uang Rp10.000,-. Untuk membeli buah apel 1 kg seharga Rp8000,- dan membeli es batu seharga Rp1000,-. Berapa sisa uang Ani?

Maka cara menjawabnya:

Diketahui
Uang Ani Rp10.000,-
Beli Apel 1 kg Rp8000,-
Beli Es Batu Rp1000,-
Hal yang ditanyakan Berapa sisa uang Ani?

Jawab
Dari cerita diatas dapat diketahui rumusnya:
Sisa uang Ani = Total uang Ani – ( uang beli apel + beli es batu ).
= 10.000 – ( 8000 + 1000 )
= 10.000 – 9000
= 1000

Jadi sisa uang Ani Rp1000,-

Begitulah tips supaya siswa cepat mengerjakan soal cerita pelajaran matematika. Pelajaran matematika jika sudah diketahui teknik dan metodenya cara menjawabnya sangat mudah sekali. Karena matematika juga termasuk ilmu pasti yang sangat asyik dan mudah untuk dipelajari.