Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Guru Itu Pahlawan yang Paling Super! Ini Buktinya

Guru Itu Pahlawan yang Paling Super! Ini Buktinya
Perjuangan guru tidak bisa terbalaskan dalam wujud apapun. Guru memang pahlawan tanpa tanda jasa.

Guru memang pantas kalau menyandang sebagai pahlawan. Menjadi seorang guru itu sulit, tidak semudah yang terlihat. Oleh karena itu, guru sangat layak untuk mendapatkan apresiasi dan penghormatan tertinggi dari semua orang. Perjuangannya dalam mencerdaskan anak kita begitu besar. Selain itu berikut bukti guru sebagai pahlawan:

1. Guru Mampu Mengambil 50 Keputusan dalam Satu Menit

Ya tidak dapat dimungkiri memang bahwa guru memang luar biasa. Kamu tahu gak sih seorang guru mampu mengambil 50 keputusan dalam hitungan menit. Tugas seorang guru begitu banyak mulai dari mengajar, menyiapkan bahan pelajaran, menilai ratusan soal ujian, menilai dan memperhatikan anak satu persatu dan lainnya.

Bisa dibilang guru adalah makhluk yang super. Semua pekerjaan bisa dilakukan secara bersamaan. Tidak semua orang bisa melakukan hal ini dan mau bersusah payah melakukan hal tersebut. Tapi, karena itu sebuah tanggung jawab dan bentuk cinta pada tanah air untuk mencerdaskan bangsa, semua pekerjaan dilakukan dengan penuh suka cita.

2. Dedikasi Meski Tanpa Apresiasi

Kamu mungkin di usia dewasa nanti sudah melupakan siapa guru yang pernah mengajar di kala masih duduk di bangku SMP. Apalagi setingkat TK dan SD pasti sudah tidak ingat kembali. Meskipun kamu sudah tidak mengingatnya lagi, sejatinya merekalah yang sudah menjadikanmu sampai pada titik saat ini.

Peran mereka sangat besar tapi tidak ada apresiasi secara spesifik terhadap mereka. Walaupun begitu, bukan menjadi persoalan yang besar bagi guru. Karena melihat anak didiknya yang dulu pernah menjadi muridnya sukses saja sudah menjadi kebanggaan tersendiri bagi mereka.

3. Memikirkan Murid Sepanjang Hari

Seorang guru sudah seperti orang tua sendiri. Ketika ada muridnya yang tertinggal guru akan selalu memikirkannya meskipun sudah selesai jam mengajarnya. Terkadang pikiran tersebut terbawa sampai rumah dan terus menerus memikirkan solusinya. Selama sehari penuh pikirannya tidak bisa terlepas dari semua itu.

Dalam doanya terselipkan kepada semua murid agar menjadi anak yang berakhlak mulia. Hal ini jarang diketahui karena mereka tidak menampakkan secara terang-terangan. Tapi, keberhasilan murid menjadi salah satu prioritas utamanya dalam bagian hidupnya.

4. Bekerja Tanpa Mengenal Waktu

Bukti guru sebagai pahlawan terlihat dari jam kerjanya yang tidak mengenal waktu. Disela-sela waktu makan siangnya guru bisa makan sambil merencanakan materi untuk diajarkan pada jam berikutnya. Kenikmatan makan tidak lagi ia rasakan. Semua itu demi murid-muridnya yang senantiasa menantikannya dalam menyampaikan materi pembelajaran.

5. Guru Tidak Bekerja Hanya Semata-mata Karena Uang

Jika hanya memikirkan uang saja, penghasilan guru tidaklah cukup. Tujuan guru mengajar bukan hanya sebatas ingin mendapatkan penghasilan saja namun lebih dari itu. Kenapa guru senang melakukan pekerjaan yang sulit ini? Karena mereka memiliki hati yang suci dan ikhlas untuk mendidik anak bangsa.

6. Guru Membantu Kita Menjadi yang Terbaik

Masa sekolah memang bisa dibilang waktu untuk kita menuntut dan mendapatkan ilmu sebanyak-banyaknya. Ada hal penting sebenarnya dari hanya sebatas mencari ilmu yaitu tahu tujuan hidup kita itu seperti apa. Kehadiran guru mampu membantu kita dalam menentukan arah tujuan hidup. Kita belajar saat ini tidak akan ada hasilnya ketika tidak ada tujuan pasti langkah kita kedepannya mau seperti apa.

Itulah bukti guru sebagai pahlawan yang sudah sepantasnya mendapatkan apresiasi besar dari kita. Jasa guru memang tidak bisa terbalaskan dengan bentuk apapun. Mungkin kita bisa membalasnya dengan doa agar mereka selalu diberi kesehatan dan kekuatan serta umur yang panjang.

Berlangganan via Email