Lebih Dekat dengan Murid, Ini Tips Komunikasi Efektif untuk Guru
Cari Berita

Atas


Lebih Dekat dengan Murid, Ini Tips Komunikasi Efektif untuk Guru

Rabu, 01 Januari 2020

Lebih Dekat dengan Murid, Ini Tips Komunikasi Efektif untuk Guru
Bingung bagaimana membangun kedekatan dengan murid? Sebaiknya Anda ikuti tips komunikasi efektif untuk guru berikut.

Metode untuk sukses dalam proses belajar ada banyak sekali. Salah satu yang bisa dilakukan dengan membangun komunikasi dengan murid. Semakin pandai Anda dalam menarik perhatian murid maka peluang keberhasilan ada di hadapanmu. Berbicara soal membangun komunikasi dengan murid memang bukan perkara mudah. Berikut adalah tips komunikasi efektif untuk guru agar lebih dekat dengan murid:

1. Buat Kesepakatan Bersama Soal Aturan Belajar Mengajar

Pada mula proses belajar, sebaiknya Anda membuat sebuah kesepakatan soal aturan main dalam belajar mengajar. Melalui cara ini, murid merasa dirinya ikut andil dalam kesuksesan ketertiban di kelas semasa proses belajar mengajar berlangsung. Murid tentu akan lebih senang dan bisa lebih bertanggung jawab.

Aturan main yang perlu didiskusikan misalnya saja seperti metode pembelajaran, metode komunikasi, jadwal piket, jadwal pelajaran, ketetapan jam masuk dan lainnya. Peraturan dan kesepakatan yang telah dibuat bersama bisa membuat murid dengan senang hati mengerjakan sanksi jika ada yang melanggar.

2. Bangun Suasana yang Baik untuk Diskusi

Dalam berdiskusi bersama murid tidak perlu egois dalam mempertahankan pendapat. Sebaiknya terus bangun suasana yang baik. Terima jika pendapat Anda tidak digunakan dan jangan berkecil hati. Hal yang terpenting adalah pendapat yang ditolak harus ada alasan yang membuat pendapat tersebut tertolak.

Diskusi sangat diperlukan dalam proses belajar. Melalui diskusi akan terbangun komunikasi dua arah sehingga terbentuk kondisi belajar yang aktif dari siswa dan guru. Ketika ada selisih pendapat antar murid, maka guru di sini harus pintar membawakan diri. Jadilah penengah dan tidak memihak sebelah.

3. Pergunakan Kontak Mata

Komunikasi dalam kelas selain bisa dilakukan dengan percakapan juga bisa dengan memanfaatkan indera penglihatan. Anda jangan sampai kelupaan untuk menjaga kontak mata pada murid. Kontak mata ini sangat penting agar murid selalu terpacu untuk mendengarkan apa yang Anda sampaikan.

Makna kontak mata juga bisa dijadikan sebagai bentuk penghormatan Anda dengan murid. Murid akan jauh lebih merasa senang dan dihormati jika selama dalam proses belajar ada kontak mata antara Anda dan murid. Seorang murid adalah manusia bukannya robot yang tidak bisa merasa dan berpikir.

4. Hubungkan Pelajaran yang Dibahas dengan Tren Terbaru

Perkembangan semakin modern dan maju. Gunakanlah cara terbaru dan pembahasan terkini sesuai dengan tren dan usia murid. Materi yang disampaikan secara biasa tanpa dikaitkan dengan tren terkini sangat menjenuhkan. Murid juga belum tentu dapat memahami dengan mudah jika pembahasannya terlalu kuno dan monoton.

Pembahasan yang bisa dihubungkan dengan tren terbaru mampu memancing murid untuk selalu mengikuti materi demi materi. Murid jadi merasa sayang kalau sampai ada satu materi saja yang terlewatkan karena pembahasan yang asyik dan mudah dipahami.

Mungkin agar lebih jelas, misalnya saja murid-murid Anda adalah anak-anak gaul dan kekinian. Tidak ada salahnya kalau Anda gunakan kalimat yang sedikit gaul atau candaan ala anak kekinian agar timbul kedekatan guru dengan murid. Guru yang bisa menyesuaikan diri dengan muridnya akan lebih disenangi dan murid akan sungkan sendiri kalau tidak memperhatikan materi yang Anda terangkan.

5. Gunakan Video Atau Animasi Dalam Proses Belajar

Tidak ada salahnya kalau Anda menggunakan metode belajar dengan menggunakan video animasi. Murid pasti akan lebih senang dan merasakan hal baru dalam proses belajar. Anda tentu pernah merasakan ketika dulu masih duduk di bangku sekolah. Nah, melalui pengalaman Anda tersebut harusnya tidak terjadi pada muridmu. Karena Anda pasti tahu sendiri. Metode belajar yang gitu-gitu aja sangat membosankan.

Tips komunikasi efektif untuk guru di atas bisa coba Anda terapkan agar kedekatan Anda dengan murid dapat terjalin dengan baik. Kalau komunikasi Anda dengan murid sudah terbangun, tunggu aja kesuksesan proses belajar murid pasti mudah diraih.