Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Harus Ekstra Sabar! Ini Loh Suka Duka Menjadi Guru Kelas 1 SD

Harus Ekstra Sabar! Ini Loh Suka Duka Menjadi Guru Kelas 1 SD
Menjadi guru SD ternyata ada suka dukanya loh. Di bawah ini suka duka menjadi guru kelas 1 SD yang bisa kamu ketahui informasinya!

Tidak semua orang ingin menjadi seorang guru terutama guru SD. Guru SD dirasa lebih susah jika dibandingkan dengan jadi guru pada tingkat yang lebih tinggi seperti SMP dan SMA. Namun beberapa di antara mereka memutuskan untuk memilih guru SD karena suka dengan anak kecil. Meski mereka tahu suka duka menjadi guru kelas 1 SD ini begitu banyak.

Tetapi kalau sudah hobi sesusah apapun akan tetap dijalani dengan menyenangkan. Seorang yang sudah menjadikan mengajar anak SD sebagai hobi akan bisa lebih menikmatinya. Bahkan bagi sebagian orang menganggap itu sebuah masalah, tapi bagi mereka semua itu justru sebaliknya. Nah tapi sebenarnya apa aja sih suka dukanya? Berikut ulasannya

Relasi Lebih Banyak Daripada Guru Lainnya

Menjadi guru kelas 1 SD bisa menambah relasi kamu semakin banyak. Bukan hanya dari wali murid anak didik yang kamu ajar di kelas. Namun beberapa wali murid yang ingin memasukkan anaknya ke sekolah dasar tentu akan menghubungi kamu untuk dimintai informasi seputar sekolah.

Apalagi jika kamu juga terkenal bagus dalam mengajar. Tentu para wali murid tidak ragu untuk menyerahkan urusan pendidikan anaknya tersebut. Kamu akan memiliki banyak relasi bukan dari ruang lingkup sekolah saja tapi di luar sekolah juga.

Menghadapi Hal-Hal Lucu Dengan Anak Didik

Anak kelas 1 SD itu lucu-lucu. Mood mengajarmu akan selalu bagus kalau bertemu dengan mereka. Jika kamu sedang ada masalah akan mudah terlupa dengan melihat tingkah konyol dan lucu anak-anak SD. Anak SD kelas 1 masih sangat polos dan memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Ada yang pemberani, penakut dan pemalu.

Hal yang terpenting dalam mengajar anak SD adalah jadikan mereka seperti anakmu sendiri. Kamu juga harus memiliki kesabaran dan keikhlasan dalam mendidik anak orang lain supaya menjadi cerdas dan berakhlak baik. Jika sifat-sifat ini ada pada diri, dijamin kamu akan lebih awet muda dan tidak merasa terbebani dengan sifat kekanak-kanakan yang masih melekat dalam diri mereka.

Harus Memiliki Kreativitas Tinggi

Mengajar SD kelas 1 jauh berbeda dengan tingkatan kelas yang lebih tinggi. Beberapa di antara murid masih banyak yang belum bisa membaca, menulis dan menghitung. Cara menangkap materi tiap anak juga berbeda-beda. Hal ini membutuhkan kreativitasmu dalam mengajar.

Kalau kamu monoton anak-anak akan cepat bosan. Lebih parahnya lagi mereka tidak bisa mengikuti pelajaran dengan baik. Efeknya mereka malah jadi ribut sendiri di kelas. Kamu tidak ingin hal ini terjadi kan? Untuk itu keluarkan kemampuan dan kreativitasmu. Jadikan mereka senang dan bisa menerima pelajaran dengan baik.

Siap-siap Stress

Berbicara soal suka duka menjadi guru kelas 1 SD memang lebih banyak sukanya. Namun tidak menutup kemungkinan ada dukanya juga seperti kamu akan mengalami stress. Hal ini akan terjadi jika kamu tidak memiliki mental dan jiwa yang tangguh. Kelakuan anak kecil itu sangat menggemaskan.

Tidak semuanya mudah diatur, akan ada anak yang susah diam di kelas. Kalau kamu tidak kuat menghadapi anak kelas 1 SD, siap-siap aja stress. Terutama jika sedang ada masalah pribadi dan kamu tidak bisa mengontrol emosi. Nanti efeknya anak-anak yang akan terkena imbasnya.

Nah itulah suka duka menjadi guru kelas 1 SD. Menjadi guru SD memang sangat menyenangkan tapi tetap ada dukanya juga. Namun selama ikhlas dalam mendidik dan mengajar, semua duka tidak akan pernah kamu rasakan.

Berlangganan via Email