Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Inilah yang Perlu Dibahas Guru saat Orangtua Ambil Rapor Anak

Inilah yang Perlu Dibahas Guru saat Orangtua Ambil Rapor Anak
Hari pembagian rapor memang dinanti. Berikut inilah yang perlu dibahas guru saat orangtua ambil rapor anak.

Momen pembagian rapor murid memang sangat penting dan begitu dinantikan oleh guru dan orangtua. Lewat pembagian rapor, guru bisa menjelaskan perkembangan pendidikan murid kepada orangtua. Tak heran kalau ada banyak yang diperbincangkan saat momen pembagian rapor. Memang apa saja? Inilah yang perlu dibahas guru saat orangtua ambil rapor anak!

1. Nilai Belajar Siswa

Secara prosedural, rapor adalah dokumen yang memuat nilai dari seorang siswa. Sehingga ketika ada kegiatan pengambilan rapor anak, tentu identik dengan informasi nilai belajar seorang pelajar. Nilai-nilai ini sebagai bukti apakah seorang anak mampu menerima pembelajaran dan meraih hasil kompetensi akademik mereka.

Biasanya nilai dalam rapor dibedakan dalam beberapa kategori seperti istimewa, baik, cukup, kurang hingga ‘nilai merah’. Tentu saja ketika guru memberikan informasi bahwa pelajar memperoleh ‘nilai merah’, ini artinya siswa tersebut tidak tuntas dan kurang mampu memahami pelajaran. Tentunya guru akan memberikan catatan tambahan mengenai nilai-nilai yang tidak tuntas ini.

Guru kadang memberikan saran agar anak memperoleh pembinaan yang lebih fokus terhadap mata pelajaran yang bernilai kurang memuaskan. Tentunya seorang guru tak boleh menghina pencapaian nilai siswa, tapi justru memberikan solusi agar siswa bisa meraih nilai yang lebih bagus untuk mata pelajaran yang menyulitkannya di semester berikut.

2. Sikap dan Perilaku Anak di Sekolah

Yap, inilah yang perlu dibahas guru saat orangtua ambil rapor anak berikutnya yakni mengenai sikap dan perilaku buah hati mereka. Seperti yang sudah diketahui, guru adalah orangtua saat sekolah sehingga mereka wajib bertanggung jawab mengawasi sekaligus memberi arahan positif agar karakteristik anak bisa terbentuk dengan maksimal.

Guru harus memberikan informasi bagaimana komunikasi anak terhadap guru dan rekan-rekan sebayanya kepada orangtua, sehingga orangtua bisa mengetahui kondisi anak ketika tidak di rumah. Biasanya bagi murid yang berperilaku baik, tidak akan mendapatkan surat panggilan orangtua ke sekolahnya.

3. Prestasi Buah Hati

Yang dilakukan saat ambil rapor anak berikutnya adalah pembicaraan soal prestasi. Benar, hal inilah yang perlu dibahas guru saat orangtua ambil rapor anak karena memang sangat penting. Kendati sistem pembelajaraan saat ini tidak ada sistem ranking kelas, orangtua biasanya tetap bertanya-tanya mengenai kondisi akademik buah hati mereka.

Namun prestasi tidaklah melulu soal nilai bagus dan ujian dapat 100 saja, prestasi juga bisa dari bidang non akademik seperti olahraga, atau kegiatan luar sekolah yang positif. Membicarakan prestasi ini sangat penting karena dengan begitu orangtua memahami potensi dan minat dari buah hati mereka. Dengan adanya pembicaraan prestasi, guru juga bisa mengarahkan kemampuan murid.

Tapi satu hal yang patut diingat, pembicaraan prestasi yang bisa bikin bangga orangtua ini juga harus dilakukan secara bijaksana. Jangan sampai orangtua malah haus prestasi dan mendesak anak mereka untuk mendapatkannya.

4. Kebijakan Sekolah

Bukan hanya sekadar membahas nilai mata pelajaran atau prestasi, momen pembagian rapor juga sangat tepat untuk membicarakan kebijakan sekolah. Misalkan saja jika buah hati Anda duduk di tingkat terakhir jenjang sekolah, biasanya akan diberi arahan mengenai fasilitas ujian, kebijakan jam belajar tambahan hingga informasi karya wisata yang lazim dilakukan jelang kelulusan.

Seorang guru tentu harus memberikan informasi kebijakan dan fasilitas sekolah ini dengan jelas kepada orangtua/wali murid. Kenapa? Dengan begitu orangtua akan mengetahui perkembangan di institusi pendidikan buah hati mereka.

5. Informasi Jadwal Belajar Mengajar

Berikutnya yang bisa dibahas adalah mengenai informasi jadwal mengajar. Seperti yang sudah diketahui, pembagian rapor biasanya dilakukan sebelum libur panjang. Sehingga saat orangtua menerima rapor, guru juga akan membahas mengenai berapa lama jadwa libur sekolah dan kapan pembelajaran bakal dimulai. Guru harus memberikan informasi dengan jelas sehingga orangtua tidak keliru.

Melalui ulasan di atas, tentu bisa diwujudkan hubungan guru dan orangtua murid yang baik. Dari inilah yang perlu dibahas guru saat orangtua ambil rapor anak, tentu yang cukup penting lagi adalah bagaimana orangtua bisa puas dengan seluruh pencapaian anak. Tetap berikan motivasi untuk hasil yang buruk dan selalu percaya kalau buah hati bisa meraih hasil positif.