Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Ujian Nasional Dihapus, Ini Tips Supaya Anak Tetap Rajin Belajar

Ujian Nasional Dihapus, Ini Tips Supaya Anak Tetap Rajin Belajar
Menghadapi fakta Ujian Nasional dihapus, ini tips supaya anak tetap rajin belajar yang wajib dipahami oleh orangtua dan guru.
Terpilihnya Nadiem Makarim sebagai Mendikbud (Menteri Pendidikan dan Kebudayaan) memang dipenuhi kontroversi. Apalagi kemudian pendiri GOJEK itu menggulirkan wacana UN (Ujian Nasional) dihapus. Hal ini jelas menuai pro-kontra dikalangan guru, murid dan orangtua. Supaya Anda tidak kerepotan saat Ujian Nasional dihapus, ini tips supaya anak tetap rajin belajar wajib dipahami.

Memang meskipun UN dihapus, Nadiem sudah menyiapkan kebijakan baru sebagai penggantinya yakni Assesmen Kompetensi Minimum dan Survei Karakter. Di mana menurut Nadiem, kompetensi pengganti ini tidak akan dilangsungkan di jenjang akhir sekolah, melainkan di tengah-tengah seperti kelas 4 SD, kelas 8 SMP dan kelas 11 SMA, seperti dilansir Detik.

Menurut Nadiem, kegiatan penilaian kompetensi di tengah-tengah jenjang pendidikan memiliki tujuan meningkatkan kualitas pelajar Indonesia. Untuk itulah meskipun tidak ada UN, tips anak biar rajin belajar tetaplah dibutuhkan. Berikut beberapa di antaranya yang bisa dicoba.

Tidak Fokus ke Nilai

Lantaran Ujian Nasional dihapus, ini tips supaya anak tetap rajin belajar yang patut diterapkan orangtua adalah dengan mengubah mindset yang tidak lagi fokus ke nilai. Pahamilah bahwa setiap anak itu berbeda dan mempunyai skill serta kecerdasan yang tak sama pula. Perhatikan kembali nilai-nilai ujian harian buah hati, sehingga Anda akan tahu di manakah letak bakat dan minat anak.

Menguji Diri Sendiri

Ketika anak sudah senantiasa sadar diri untuk selalu belajar yang merupakan tanggung jawabnya sebagai pelajar, cobalah untuk selalu mengajaknya menguji diri. Caranya sederhana yakni menjawab latihan soal yang biasanya tersedia di buku paket. Tak perlu lama-lama, lakukan selama 20-30 menit terakhir di waktu belajar. Selain berlatih soal, anak juga bisa menulis ulang catatan yang sudah dipelajari.

Kendati tampak sederhana, tips ini sangatlah ampuh untuk membuat anak selalu ingat akan pelajarannya. Karena cara belajar yang paling sederhana adalah dengan menulis ulang dan senantiasa rutin berlatih soal. Alih-alih menghapalkan, anak justru akan lebih paham dengan pelajarannya.

Bikin Suasana Belajar yang Nyaman

Berkaitan dengan Ujian Nasional dihapus, ini tips supaya anak tetap rajin belajar berikutnya adalah dengan senantiasa menciptakan nuansa belajar yang nyaman. Buang jauh-jauh pendapat bahwa kalau mau belajar ya tinggal belajar karena faktanya, belajar membutuhkan suasana lingkungan yang mendukung agar lebih fokus.

Daripada belajar berjam-jam di lingkungan yang penuh distraksi, jauh lebih efektif jika anak belajar singkat tapi rutin di tempat yang tenang. Untuk itulah pastikan ruangan belajar anak senantiasa kondusif, jika perlu sediakan AC supaya tetap terasa sejuk meskipun panas. Anak akan lebih semangat belajar sesuai jadwal.

Pakai Teknik Belajar Efektif

Ketika UN dihapus, tentu anak akan merasa lebih santai dalam belajar. Namun kadang karena terlalu santai dan tak memiliki beban, mereka justru meremehkan dan mudah kehilangan fokus. Tak ingin buah hati demikian? Cobalah melakukan teknik Podomoro dalam belajar karena dianggap efektif.

Teknik Podomoro ini berangkat dari fakta bahwa rata-rata manusia bisa mencapai fokus terbaiknya selama kurang lebih 25 menit. Sehingga cobalah dengan mengajak anak belajar selama 25 menit lalu berhenti sejenak selama 5-10 menit agar pikiran kembali segar. Selama waktu jeda ini, anak bisa main game ringan atau membuka media sosial dan kemudian kembali belajar 25 menit lagi, begitu seterusnya.

Berikan Waktu Untuk Hobi

Yang mungkin tak dipahami semua orangtua saat Ujian Nasional dihapus, ini tips supaya anak tetap rajin belajar berikutnya adalah perihal menyediakan waktu me time ke buah hati. Yap, tak ada salahnya membebaskan waktu agar anak menekuni hobi sejenak. Memang, belajar itu sangatlah penting tapi membiarkannya melakukan hal yang disukai juga tak kalah penting.

Anak yang terlalu sering belajar, ikut les hingga selalu diburu PR justru lama-kelamaan akan membuat dirinya tertekan tanpa sadar. Supaya buah hati tidak stres dan memanfaatkan dihapusnya UN, tips belajar anak yang bisa dicoba adalah membiarkannya menyalurkan hobi.

Nah, dengan menerapkan sejumlah hal di atas, Anda tentu tak akan perlu bingung lagi. Sekalipun Ujian Nasional dihapus, ini tips supaya anak tetap rajin belajar bakal ampuh membuat buah hati disiplin mengejar cita-cita.

Berlangganan via Email