Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Membuat Montase yang Mudah untuk Siswa Kelas 4 SD

Cara Membuat Montase yang Mudah untuk Siswa Kelas 4 SD
Cara membuat montase yang mudah untuk siswa kelas 4 SD bisa dilakukan dengan cara berikut ini. Simak langkah-langkahnya.

Apakah Anda memiliki anak kelas 4 SD? Apakah anak pernah meminta bantuan Anda untuk membuat prakarya seni? Nah, jika Anda bingung untuk memberikan ide prakarya untuk anak, Anda bisa meminta anak untuk membuat montase. Berikut ini cara membuat montase yang mudah untuk siswa kelas 4 SD.

Karya Seni Montase


Montase merupakan karya seni tempel yang menggabungkan beberapa gambar menjadi susunan gambar baru. Setelah jadi, sekilas montase akan nampak seperti kolase atau mosaik. Yang menjadi pembedanya adalah montase lebih pencampuran aneka gambar menjadi gambar baru.

Meskipun terlihat lebih rumit, montase memiliki hasil gambar yang akan memberikan kepuasan tersendiri. Bentuk hasil karya montase pun kini semakin beragam. Selain bentuk karya 2 dimensi yang bisa tercipta, kini Anda bisa menemukan montase yang berbentuk 3 dimensi.

Lihat juga: Ini Suka Duka Menjadi Guru Kelas 4 SD

Karya seni montase ini pun cukup populer di seluruh dunia. Bahkan dari karya seni montase yang menakjubkan dapat menghasilkan pundi-pundi uang.

Anak Anda bisa berkreasi dengan berbagai macam gambar yang ditemukannya. Selain untuk melatih kreativitas, membuat montase juga untuk melatih ketelitian dan motorik anak. Anda bisa membantu menyiapkan bahan-bahan yang digunakan untuk membuat montase dan memberi arahan mengenai cara membuat montase yang mudah untuk siswa kelas 4 SD.

Manfaat Membuat Montase untuk Anak


Membuat montase memiliki banyak manfaat untuk perkembangan anak. Bagi anak SD, membuat montase tidak hanya sekadar untuk mendapatkan nilai pelajaran prakarya. Ternyata banyak manfaat dari membuat montase untuk perkembangan anak.

1. Mengembangkan Imajinasi

Dalam membuat montase anak akan dituntut untuk mengembangkan kreativitas. Hal utama yang akan anak kembangkan ada daya imajinasinya. Anak harus berimajinasi dengan gambar-gambar yang ada untuk menjadi gambar yang baru.

2. Mengembangkan Emosi

Membuat montase, anak dituntut kerapihan dan ketelitian. Terlebih saat memotong dan menempel gambar, anak harus lebih teliti agar hasil gambar baru yang dihasilkan menjadi sempurna.

3. Mengembangkan Ekspresi

Pembuatan montase akan memadukan seluruh tekstur dari bahan yang ada. Hal ini membantu anak untuk mengambangkan ekspresinya dalam memadukan seluruh gambar. Selain itu, dengan membuat montase anak juga akan mengekspresikan kepuasan dari karya yang dihasilkan.

Langkah Pembuatan Montase


Agar montase yang dibuat memiliki nilai seni yang tinggi, membuat montase harus memperhatikan ketelitian saat membuatnya. Anda bisa mengarahkan anak tentang cara membuat montase yang mudah untuk siswa kelas 4 SD. Untuk membantu Anda dalam membuat montase, berikut langkah pembuatannya.

Cara Membuat Montase yang Mudah untuk Siswa Kelas 4 SD

1. Persiapkan Alat dan Bahan Membuat Montase

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mempersiapkan alat dan bahan yang digunakan. Anda bisa membantu anak dalam menyiapkan bahan dan alat seperti berikut ini:
a. Majalah, tabloid, koran, atau sumber gambar lainnya
b. Gunting
c. Lem kertas
d. Pensil warna
e. Kertas gambar

Cara Membuat Montase yang Mudah untuk Siswa Kelas 4 SD

2. Buat Tema Montase

Untuk mempermudah membuat montase, membuat tema atau konsep gambar bisa dilakukan setelah melihat gambar yang tersedia. Di sinilah daya imajinasi harus bermain. Anda bisa membantu mengarahkan anak untuk berimajinasi dari gambar yang ada untuk disusun menjadi sebuah gambar baru yang menarik.

Cara Membuat Montase yang Mudah untuk Siswa Kelas 4 SD

3. Potong Gambar

Setelah mendapatkan gambar yang dibutuhkan, potong gambar tersebut mengikuti pola yang ada. Anda bisa mengingatkan anak untuk berhati-hati saat memotong gambar. Potongan gambar yang rapi akan memperindah tampilan montase yang telah dibuat. Ada baiknya juga setelah memotong gambar untuk dirapikan agar tidak tercecer dan hilang.

Cara Membuat Montase yang Mudah untuk Siswa Kelas 4 SD

4. Rekatkan Gambar

Setelah semua gambar terpotong, tempelkan gambar tersebut pada kertas gambar. Agar lebih hidup, tempelkan potongan gambar sesuai dengan rancangan desain yang sudah dibuat.

Cara Membuat Montase yang Mudah untuk Siswa Kelas 4 SD

5. Beri Warna

Memberi warna atau arsiran pada karya montase akan membuatnya semakin menarik. Agar lebih berwarna, gunakan pensil warna atau krayon. Agar tidak terlalu ramai, gunakan seperlunya dan usahakan tidak mendominasi gambar yang sudah ditempel.

Cara membuat montase yang mudah untuk siswa kelas 4 SD dapat membantu Anda untuk mencari ide dalam membantu tugas prakarya anak. Meskipun anak sudah dapat berimajinasi dan membuatnya sendiri, Anda tetap bisa mendampingi anak agar anak tidak merasa terabaikan.

Berlangganan via Email