Cara Mengatasi Siswa yang Mencari Perhatian dengan Cara-Cara yang Tidak Baik
Cari Berita

Atas


Cara Mengatasi Siswa yang Mencari Perhatian dengan Cara-Cara yang Tidak Baik

Rabu, 08 April 2020

Cara Mengatasi Siswa yang Mencari Perhatian dengan Cara-Cara yang Tidak Baik
Ada siswa yang mencari perhatian gurunya? Simak cara mengatasi siswa yang mencari perhatian dengan cara-cara yang tidak baik.

Sikap siswa kepada gurunya sebaiknya tidak berlebihan. Selayaknya sikap guru kepada siswanya yang memberikan pendidikan, Anda perlu mewaspadai sikap siswa yang mencari perhatian. Nah, jika Anda mengalami hal tersebut, cara mengatasi siswa yang mencari perhatian dengan cara-cara yang tidak baik berikut bisa membantu Anda.

Mengatasi Siswa yang Mencari Perhatian Gurunya


Beragam sikap siswa yang unik akan Anda temui di sekolah. Meskipun terkadang sikapnya menjengkelkan, Anda tetap harus membimbing siswa agar tidak kehilangan arah.

Perhatian yang di tunjukkan siswa kepada gurunya adakalanya dikarenakan siswa menginginkan kedekatan untuk berbagai hal. Hal pertama bisa karena siswa menginginkan nilai lebih dari gurunya. Selain itu, siswa juga bisa mencari perhatian karena ingin dimudahkan mendapatkan sesuatu yang diinginkannya.

Tetapi jika siswa yang memberikan perhatian merupakan lawan jenis Anda dan sudah memasuki masa pubertas, bisa jadi siswa tersebut mulai jatuh hati, terlebih jika Anda masih lajang. Kondisi ini tentu saja bukan kondisi yang Anda inginkan. Agar tidak berdampak lebih, cara berikut bisa Anda coba untuk siswa yang mencari perhatian gurunya.

1. Bersikap Tegas

Memasuki masa remaja, siswa akan mengalami perubahan tubuh dan perkembangan lain, termasuk ketertarikan dengan lawan jenis. Jika siswa menunjukkan ketertarikan pada Anda, bersikaplah tegas pada siswa tersebut.

Bersikap tegas akan membuat siswa mengerti posisinya di sekolah. Anda perlu memberikan pengertian kepada siswa tentang bagaimana seharusnya seorang siswa bersikap kepada gurunya. Anda juga bisa menghindar dari siswa agar siswa tidak memberikan perhatian dengan cara yang tidak baik.

Meskipun di luar sekolah siswa tetap memberikan perhatian, Anda tetap harus bersikap tegas pada siswa tersebut. Cara mengatasi siswa yang mencari perhatian dengan cara-cara yang tidak baik ini dapat membuat siswa paham dan berhenti untuk melakukan hal-hal yang dapat menarik perhatian Anda.

2. Berikan Nasihat

Jika cara yang dilakukan oleh siswa tersebut tidak baik dan membuat Anda merasa tidak nyaman, Anda bisa memberi nasihat kepada siswa tersebut. Anda bisa memanggil siswa tersebut dan tanyakan penyebab dirinya memberikan perhatian tersebut pada Anda. Berikan pemahaman kepada siswa tersebut mengenai adab siswa terhadap gurunya.

Diperlukan kesabaran saat berbicara dengan siswa yang memberikan perhatian pada Anda. Selain itu, gunakan bahasa yang halus agar siswa tersebut tidak merasa tersinggung. Jika ternyata siswa juga mencari perhatian di luar jam sekolah, ada baiknya Anda memberikan nasihat saat siswa berada di sekolah.

Perhatikan pula gerak-gerik siswa saat Anda menasihatinya. Bahasa tubuh yang diberikan siswa tersebut dapat menjadi isyarat bagi Anda tentang bagaimana responnya saat Anda nasihati.

3. Tidak Menerima Barang Apapun dari Siswa

Cara memberikan perhatian ada banyak ragamnya. Selain bisa memberikan melalui lisan, hadiah menjadi salah satu cara memberikan perhatian yang banyak loleh sebagian orang.

Jika siswa tersebut sering mencari perhatian di luar jam sekolah, terlebih jika siswa sering memberikan beragam jenis hadiah, ada baiknya Anda menolak hadiahnya tersebut. Selain termasuk salah satu jenis gratifikasi, hal tersebut tidak lazim ditunjukkan siswa kepada gurunya.

Berbeda halnya jika terdapat perayaan hari besar atau kelulusan di sekolah. Jika terdapat budaya memberi hadiah kepada guru, Anda bisa menerima pemberian siswa sebagai tanda terima kasih.

4. Bersikap Adil dengan Seluruh Siswa

Jika terdapat siswa yang suka memberikan perhatian pada Anda, sebaiknya Anda tidak menanggapi secara berlebihan. Anda bisa bersikap kepada siswa tersebut selayaknya Anda bersikap kepada siswa yang lain.

Bersikap adil kepada seluruh siswa dapat membuat diri Anda menjadi lebih tenang karena tidak adanya diskriminasi terhadap siswa yang lain. Selain itu, bersikap adil juga dapat menjadi pemahaman bagi siswa tersebut karena untuk mendapatkan sesuatu yang diinginkannya dibutuhkan usaha dan kerja keras.

Cara mengatasi siswa yang mencari perhatian dengan cara-cara yang tidak baik bisa menjadi pembelajaran bagi Anda mengenai beragam masalah selama Anda berprofesi sebagai guru. Mendidik dan mengajarkan hal yang baik untuk siswa dapat menjadi pedoman Anda. Sehingga ketika ada siswa yang mencari perhatian, Anda sudah mengetahui cara yang tepat untuk menghadapi siswa tersebut.