Cobalah Permainan Ini Sambil Menunggu Waktu Berbuka Puasa
Cari Berita

Atas


Cobalah Permainan Ini Sambil Menunggu Waktu Berbuka Puasa

Selasa, 28 April 2020

Cobalah Permainan Ini Sambil Menunggu Waktu Berbuka Puasa
Puasa bukanlah jadi alasan untuk rebahan. Agar anak tetap semangat, cobalah permainan saat puasa ini sambil menunggu waktu berbuka.

Ada yang bilang kalau waktu terberat ketika berpuasa Ramadhan adalah saat sore hari. Yap, jam-jam jelang berbuka sekitar pukul 16.00-18.00 adalah masa perut mulai keroncongan dan haus tak tertahankan. Bagi anak kecil, waktu-waktu ini membuat mereka mengeluh lapar dan haus. Supaya anak tidak salah fokus, cobalah beberapa permainan saat puasa sambil menunggu waktu berbuka.

Namun tentunya permainan yang dilakukan di momen ngabuburit bukanlah sesuatu yang menghabiskan banyak energi sehingga malah bikin anak lemas. Ada baiknya Anda mulai mempertimbangkan permainan yang membutuhkan impulse control. Diungkapkan oleh Adisti F Soegoto, M.Psi selaku psikolog anak, permainan impulse control sangat cocok untuk ngabuburit bersama anak.

Lihat juga: Tips Ajari Anak Berpuasa, Latihan Bertahap hingga Beri Penghargaan

Kenapa begitu? Karena pada umumnya permainan impulse control ini membantu mengembangkan self control buah hati. Dengan belajar mengelola emosi sambil bermain ketika puasa, anak tidak akan mudah mengeluh dan bisa jadi pribadi yang makin baik. Nah supaya bisa mengajaknya ngabuburit secara positif, berikut beberapa permainan saat puasa sambil menunggu waktu berbuka:

1. Puzzle


Puzzle adalah salah satu permainan terbaik yang bisa dipilih untuk dimainkan anak jelang berbuka. Bukan hanya sekadar mengatur potongan-potongan gambar hingga bersatu, puzzle sangatlah bagus bagi otak anak. Bahkan orang dewasa yang sering main puzzle, bisa menurunkan risiko penyakit Alzheimer hingga 2,5 kali.

Keutamaan puzzle juga diungkapkan oleh Kairen Cullen, seorang psikolog anak kepada Express. Menurut Cullen, puzzle selain sangat bagus bagi otak anak, juga memiliki aneka manfaat lain seperti melatih kesabaran dan membuat diri menyelesaikan tugas. Dengan mengajak anak main puzzle, mereka akan serius dan tak sadar kalau jam berbuka puasa segera tiba.

2. Permainan Papan


Pernahkah mendengar monopoli, harma atau ular tangga? Ketiga jenis permainan yang populer sejak dulu hingga kini itu termasuk dalam permainan papan alias boardgame. Hal paling seru dari boardgame ini adalah Anda bisa mengajak banyak orang turut serta, sehingga waktu ngabuburit makin seru. Jika perlu, kedua orangtua dan semua anak bisa ikut serta.

Jangan diremehkan, Saskhya Aulia Prima, M.Psi selaku psikolog klinis anak dari Tiga Generasi menyebutkan kalau boardgame memiliki segudang manfaat. Mulai dari meningkatkan kecerdasan pikiran anak, belajar menerapkan strategi, mengatur emosi hingga melatih anak untuk menerima kekalahan.

3. ABC 5 Dasar


Salah satu permainan anak yang tidak lekang dimakan waktu adalah ABC 5 dasar. Maksud dari permainan ini adalah dengan menyebutkan nama hewan, nama buah atau nama kota sesuai dengan abjad yang disepakati. Misalkan saja saat Anda dan anak memainkannya maka bertemu huruf D, Anda dan anak harus saling mengucap jawabannya dengan huruf awal D.

Selain seru dimainkan, ABC 5 dasar adalah permainan yang membantu meningkatkan kecerdasan anak. Anak dipaksa untuk mengingat berbagai kosakata yang selama ini mereka pelajari sekaligus meningkatkan pengetahuan umumnya.

4. Permainan Kartu


Permainan menunggu waktu berbuka lain yang bisa dilakukan bersama anak adalah permainan kartu, seperti Uno. Bukan hanya anak kecil, Uno sangatlah seru dilakukan oleh orang dewasa karena membuat siapapun harus siap dengan kemungkinan terburuk. Selain Uno, Anda juga bisa mengajak anak main kartu ilmu pengetahuan sehingga fungsi otak dan ingatan anak terasah.

5. Tic Tac Toe


Pernahkah Anda mendengar permainan tic tac toe? Menurut sejarah, permainan ini berasal dari masa lampau, tepatnya abad pertama sebelum Masehi di masa Kekaisaran Romawi. Kendati merupakan permainan kuno, tic tac toe masihlah relevan dimainkan jelang berbuka puasa Ramadhan tahun ini.

Untuk bermain tic tac toe tidaklah sulit. Anda hanya perlu membuat sembilan kotak pada secarik kertas, lalu pilihlah huruf X atau O bersama buah hati. Jika Anda memilih huruf X, usahakan untuk membuat huruf X itu bisa tersusun secara horizontal, vertikal atau diagonal pada sembilan kotak. Siapa yang paling cepat berhasil menyusun formasi, adalah pemenang tic tac toe.

Sangat seru bukan ulasan di atas? Terbukti kalau anak juga bisa teralihkan saat puasa dengan kegiatan yang tepat. Untuk itu jangan ragu mencoba permainan saat puasa sambil menunggu waktu berbuka. Selamat beribadah di bulan suci Ramadhan, ya!