Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Tips Sehat untuk Anak-Anak Agar Tidak Lemas Saat Berpuasa

Orangtua tentu wajib tahu tips sehat untuk anak-anak agar tidak lemas saat berpuasa.

Bulan Ramadhan telah tiba. Hanya dua hari lagi, seluruh umat Islam di seluruh dunia akan menyambut datangnya puasa di bulan suci penuh ampunan ini. Bagi Anda yang beragama Islam, tentu sangat penting mulai mengenalkan puasa kepada buah hati. Supaya anak semangat, berikut ini beberapa tips sehat untuk anak-anak agar tidak lemas saat berpuasa:

1. Rasa Lemas Cuma di Awal Puasa


Puasa Ramadhan memang akan cukup berat dialami oleh anak. Apalagi kalau buah hati masih berusia di bawah 12 tahun, sebetulnya mereka belumlah wajib ikut menahan lapar dan haus selama seharian penuh. Dalam kondisi ini, keluhan tubuh lemas adalah sesuatu yang kerap diungkapkan oleh mereka. Saat tubuh lemas, tentu akan merasa malas termasuk belajar di sekolah.

Jika buah hati mengalami hal demikian, Anda sebagai orangtua haruslah bijaksana. Berikan semangat terus pada anak, jika perlu kenalkan mereka kepada dua pesepakbola dunia yakni Mesut Özil dan Paul Pogba. Sebagai atlet sepakbola populer, Özil dan Pogba tetap menjalankan aktivitasnya berlatih sekalipun dalam kondisi puasa.

Meskipun memang Anda tidak serta-merta memaksa anak untuk seperti Özil dan Pogba langsung, tapi hal ini akan membuat buah hati sadar bahwa puasa seharusnya bukan jadi alasan untuk bermalas-malasan. Berikan pemahaman kalau rasa lemas hanya terjadi di 3-4 hari pertama puasa karena tubuh masih melakukan penyesuaian sebelum akhirnya beradaptasi selama Ramadhan.

2. Anak Wajib Bangun Saat Sahur


Tips sehat untuk anak-anak agar tidak lemas saat berpuasa berikutnya dan bisa dianggap sangat penting adalah mewajibkan mereka bangun saat sahur. Kendati memang membangunkan anak untuk sahur cukup sulit, Anda tetap harus membiaskan buah hati melakukan sunah Rasul ini saat berniat puasa Ramadhan.

Ada banyak sekali manfaat sahur bagi tubuh seperti menjadi sumber cadangan energi selama puasa seharian, menghindarkan diri dari gangguan pencernaan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menghindari penyakit sindrom metabolik, meredakan kram perut sampai sakit kepala sampai melancarkan peredaran darah.

3. Berikan Asupan Makanan Tinggi Gizi


Kunci paling penting berikutnya supaya anak tidak lemas waktu berpuasa adalah dengan memperhatikan asupan makanan. Karena anak akan menahan haus dan lapar dalam waktu lama, pastikan Anda memberikan makanan penuh gizi. Tetaplah selektif mengatur menu dengan memberikan makanan yang tinggi protein, lemak, vitamin, mineral dan karbohidrat.

Jika perlu, berikan pula camilan penambah energi setiap tiga jam sekali di sela-sela waktu berbuka dan sahur. Contohnya seperti buah segar, salad sayur sampai telur rebus pada pukul 18.30 dan 21.00. Supaya anak tidak mudah bosan, Ibu juga harus pandai mengatur variasi menu.

4. Bijaksana Saat Bermain


Seperti yang sudah disebutkan di atas, puasa bukanlah alasan untuk bermalas-malasan. Agar anak tidak lemas dan malah bingung kelaparan, ajak dia untuk tetap bergerak dan melakukan aktivitas. Namun Anda juga harus bijaksana, dengan tidak mengajaknya berkegiatan yang menguras tenaga.

Beberapa kegiatan sederhana yang tidak bikin bosan seperti main puzzle, papan permainan atau pergi ke masjid di waktu sholat. Bagaimana dengan game online? Usahakan tidak berlebihan karena kecanduan gawai bisa bikin anak lupa untuk beribadah selama Ramadhan.

5. Penuhi Cairan Tubuh


Penyebab tubuh lemas dan lemah saat berpuasa adalah dehidrasi. Karena itu, Anda harus memperhatikan betul asupan cairan tubuh buah hati. Tetap terapkan minimal minum air putih delapan gelas per hari dengan pola dua gelas saat sahur, dua gelas saat berbuka dan empat gelas di malam hari. Hindari minuman bersoda dan perbanyak sayuran serta buah segar.

6. Atur Pola Tidur


Nah, tips terakhir agar anak tidak lemas waktu puasa adalah dengan mengatur pola tidur. Memang adanya ibadah Tarawih dan sahur membuat jam tidur anak berkurang, tapi lakukan pengaturan dengan bijaksana. Ketika di kamar, jauhi anak dari gawai dan TV yang membuat mereka malah terjaga. Dan ketika sudah waktunya tidur, anak haruslah tidur.

Lihat juga: Tips Mengajarkan Anak Puasa Ramadhan Sejak Dini

Jika Anda menerapkan tips sehat untuk anak-anak agar tidak lemas saat berpuasa secara tepat, anak akan menganggap puasa menyenangkan. Tidak ada lagi pikiran pemaksaan atau rasa tertekan, karena tubuh tetap semangat beraktivitas sekalipun sedang menjalankan ibadah puasa Ramadhan.

Berlangganan via Email