Meminta Tolong Anak Pergi Ke Warung Membawa Banyak Manfaat Loh
Cari Berita

Atas


Meminta Tolong Anak Pergi Ke Warung Membawa Banyak Manfaat Loh

Senin, 20 April 2020

Meminta Tolong Anak Pergi Ke Warung Membawa Banyak Manfaat Loh
Tak banyak yang tahu bahwa meminta tolong anak pergi ke warung, ternyata membawa banyak manfaat. Seperti apa? Berikut ulasan lengkapnya.

Adalah hal yang biasa kalau seorang ibu menyuruh anaknya untuk membeli sesuatu di warung. Terdengar sederhana, ternyata meminta tolong anak pergi ke warung membawa banyak manfaat loh! Bahkan ada yang sampai mempengaruhi kepribadian dan tumbuh kembang anak ke depannya. Tak percaya? Ulasan berikut ini bisa Anda pelajari:

1. Memupuk Rasa Tanggung Jawab


Manfaat meminta tolong anak pergi ke warung yang pertama adalah memupuk rasa tanggung jawab sejak dini. Yap, anak yang pergi ke warung tentu sudah pasti akan diberi uang dan daftar belanjaan oleh ibu. Melalui perintah sederhana inilah, anak akan belajar untuk bertanggung jawab. Jika anak sudah terbiasa bertanggung jawab pada hal-hal kecil, tidak akan bermasalah saat menerima beban besar.

Bahkan menurut Julie Lythcott-Haims selaku penulis How to Raise an Adult, anak-anak yang diberikan pekerjaan rumah sehari-hari seperti berbelanja di warung, bisa jauh lebih sukses ke depannya. Kok bisa? Lewat kegiatan sederhana ini, buah hati justru bisa belajar betapa pentingnya tanggung jawab untuk membentuk kepribadiannya saat dewasa nanti.

2. Melatih Kemampuan Berhitung


Berhitung adalah kemampuan yang bakal dibutuhkan manusia sampai kapanpun. Hanya saja bagi anak-anak, kadang pelajaran hitung-menghitung tampak menyebalkan. Bahkan ada banyak anak yang membenci pelajaran matematika, karena merasa pusing harus menghitung angka. Supaya anak bisa belajar menghitung secara santai, berbelanja di warung adalah solusinya.

Karena ketika seorang anak pergi ke warung dan disuruh berbelanja, orangtua bakal membawakan sejumlah uang. Dari kegiatan ini, anak akan belajar berapa uang yang harus dibayarkan kepada penjual dan berapa uang yang berhak dia peroleh sebagai kembalian. Dengan kemampuan menghitung yang tepat, jika ada kekeliruan dalam uang kembali, anak bisa cepat sadar.

3. Mengasah Daya Ingat Anak


Setiap kali orangtua menyuruh anak mereka untuk pergi ke warung, tentu akan ada beberapa hal yang dititipkan. Bahkan jika banyak yang dibelanjakan, orangtua akan memberikan catatan khusus. Namun ada beberapa orangtua yang terlalu malas sehingga menyampaikan bahan yang harus dibeli seperti bawang putih, garam, kecap, gula atau minyak secara lisan.

Hal ini justru baik bagi anak, karena artinya mereka belajar untuk mengingat. Ketika kemampuan mengingat terus-menerus diuji, maka anak akan memiliki daya ingat yang jauh lebih tajam dan baik.

4. Anak Belajar Menyampaikan Pesan


Berkomunikasi adalah cara manusia bisa berhubungan dengan orang lain. Seseorang yang kesulitan berkomunikasi tentu akan bakal susah pula beradaptasi. Biasanya kondisi ini sudah terjadi semenjak mereka kecil, lantaran terlalu jarang berhubungan dengan orang baru. Lewat membeli sesuatu di warung inilah, secara tak langsung anak akan belajar berkomunikasi.

Karena ketika anak sampai di warung, mereka harus berkomunikasi dengan penjual supaya bisa membeli barang yang diminta oleh orangtuanya. Lewat perilaku sederhana ini, anak akan belajar untuk bisa menyampaikan pesan secara tepat. Anak yang terbiasa membeli sesuatu di warung seorang diri jelas bisa memulai komunikasi dengan orang asing lebih baik.



5. Melatih Keberanian Buah Hati


Ada beberapa anak yang merasa malu dan canggung jika harus ada di tengah keramaian. Nah, di sinilah salah satu manfaat meminta tolong anak pergi ke warung yang sangat positif yakni melatih keberaniannya. Kendati cuma ke warung yang mungkin berjarak dekat dari rumah, anak harus pergi seorang diri keluar dari rumah sehingga membuatnya melatih keberanian diri.

6. Bikin Anak Lebih Mandiri


Nah, manfaat terakhir yang bisa diperoleh anak dari berbelanja di warung adalah membuat mereka semakin mandiri. Anak tidak akan tergantung kepada orang lain, sehingga bisa membeli barang yang dibutuhkan tanpa perlu merengek. Kendati memang saat-saat pertama menyuruhnya ke warung anak akan menolak dan takut, Anda bisa mengajarinya secara perlahan.

Wah, ternyata meminta tolong anak pergi ke warung memiliki banyak manfaat bukan? Untuk itulah bagi Anda yang ingin mengajarkan perilaku positif kepada buah hati lewat kegiatan sederhana, memintanya membeli sesuatu di warung dekat rumah bisa dilakukan. Namun sesuaikan daftar belanjaan dengan usia buah hati supaya mereka tidak terlalu ribet.