Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Tips Mengajak Anak Silaturahmi Saat Lebaran Agar Mereka Tak Rewel

Tips Mengajak Anak Silaturahmi Saat Lebaran Agar Mereka Tak Rewel
Kumpul dengan keluarga besar adalah kewajiban di Idul Fitri. Berikut ini tips mengajak anak silaturahmi saat Lebaran agar mereka tak rewel.

Momen Lebaran selalu identik dengan kumpul bersama keluarga besar untuk bersilaturahmi. Saling menghabiskan waktu bersama dan bermaaf-maafan memang membuat Idul Fitri sangat dinantikan. Agar momen ini bisa bermakna, ada baiknya orangtua mempelajari beberapa tips mengajak anak silaturahmi saat Lebaran agar mereka tak rewel.

Buah hati yang masih berusia bayi dan balita memang cenderung mudah rewel saat harus ada di ruangan yang penuh orang, seperti saat Lebaran. Tentunya anak yang rewel akan membuat kegiatan silaturahmi jadi tidak menyenangkan. Orangtua merasa tak enak pada sanak keluarga, si kecil juga tak nyaman karena mereka ingin pulang.

Lihat juga: Hikmah Idul Fitri yang Perlu Diperkenalkan Kepada Anak

Supaya Anda tidak mengalami kondisi demikian, berikut beberapa tips mengajak anak silaturahmi saat Lebaran agar mereka tak rewel yang bisa coba diterapkan:

1. Kenalkan Makna Silaturahmi


Agar buah hati bersedia ikut dalam silaturahmi, orangtua haruslah memberikan penjelasan terlebih dulu mengenai apa itu silaturahmi. Beritahukan pada si kecil, bahwa silaturahmi lebih dari sekadar berkumpul dengan keluarga besar dan saling mengungkapkan rasa rindu. Silaturahmi adalah hal yang sangat penting dalam Lebaran karena momen saling memaafkan.

Dengan menceritakan makna silaturahmi, anak tentu akan makin semangat. Bahkan jika perlu, ungkapkan bahwa dengan silaturahmi ke keluarga besar, ada kemungkinan si kecil memperoleh angpao Lebaran. Anak tentu akan makin antusias melakukannya.

2. Pastikan Anak Sehat


Di tengah pandemi Covid-19, arahan untuk social dan physical distancing sangatlah perlu. Namun momen Lebaran dan silaturahmi tidaklah dilarang, asalkan tetap memahami protokol kesehatan demi mencegah tersebarnya virus corona. Untuk itulah supaya silaturahmi bisa dilakukan lancar, pastikan buah hati dalam kondisi sehat.

Anak yang tidak sehat justru akan mudah terpapar virus, karena dalam silaturahmi bakal bertemu dengan banyak orang. Bukan tak mungkin sanak keluarga atau kerabat yang ditemui adalah para carrier Covid-19. Termasuk jika anak terlihat kelelahan atau mabuk karena perjalanan, mungkin bisa bersilaturahmi secara lebih bijak.

3. Persiapkan Kebutuhannya


Tips mengajak anak silaturahmi saat Lebaran agar mereka tak rewel jika si kecil masih bayi atau balita adalah mempersiapkan kebutuhannya. Mulai dari baju ganti, popok, tisu basah, hingga camilan dan susu dalam botol. Bahkan beberapa anak sampai ada yang ingin membawa sabun dan handuk favoritnya.

Bayi dan balita cenderung mudah rewel apalagi kalau ada di suatu tempat dalam waktu lama. Sehingga dengan mempersiapkan kebutuhannya yang dibawa dalam satu tas khusus, orangtua tentu akan lebih nyaman saat mengajaknya silaturahmi.

4. Siapkan Mental Anak


Menurut Yanesthi Hardisi, S.Psi, ada satu hal yang kadang lupa disiapkan orangtua saat mengajak anak silaturahmi. Apakah itu? Mempersiapkan mentalnya. Bahkan sekalipun si kecil masih bayi atau balita, cobalah memberitahu bahwa nanti saat silaturahmi Lebaran di rumah nenek, akan bertemu dengan paman, bibi serta sepupu sehingga mereka bisa siap secara mental.

5. Bikin Rencana Kunjungan


Agar si kecil makin siap dengan silaturahmi, tak ada salahnya kalau Anda mulai merencanakan silaturahmi Lebaran padanya. Beritahukan ke mana saja Anda akan berkunjung termasuk kegiatan yang bisa dilakukan di rumah saudara itu. Agar makin teratur, tak ada salahnya jika orangtua membuat jadwal terperinci mengenai lama waktu silaturahmi hingga jumlah kunjungan.

Tentunya dalam menetapkan rencana silaturahmi, Anda harus memastikan semuanya tidak akan membuat si kecil bosan atau lelah. Agar anak tidak mudah rewel, hindari silaturahmi sehari penuh karena itu akan membuatnya segera ingin pulang.

6. Beri Pujian dan Hadiah


Nah, tips terakhir yang bisa Anda lakukan supaya si kecil tidak rewel waktu silaturahmi Lebaran adalah dengan senantiasa memberi pujian. Ucapkan kalimat seperti ‘Pinter anak Mama’ yang sekalipun terdengar sederhana, sangat bermakna bagi anak. Tentunya supaya anak memperoleh hadiah dan pujian, anak harus bisa bersikap dengan baik dan bertanggung jawab.

Kalau Anda menerapkan seluruh tips mengajak anak silaturahmi saat Lebaran agar mereka tak rewel di atas, maka kegiatan silaturahmi tentu jadi menyenangkan. Anda bisa berkumpul dengan keluarga besar semakin nyaman, sekaligus anak memperoleh pengalaman berharga ketika silaturahmi. Untuk itulah sejak dini, libatkan anak dalam kegiatan silaturahmi ini.

Berlangganan via Email