Format Laporan Kegiatan Belajar Mengajar Online Untuk Guru SD
Cari Berita

Atas


Format Laporan Kegiatan Belajar Mengajar Online Untuk Guru SD

Rabu, 17 Juni 2020

Format Laporan Kegiatan Belajar Mengajar Online Untuk Guru SD
Contoh format laporan kegiatan belajar mengajar (KBM) online bagi guru SD ini dapat Anda edit sesuai kebutuhan.

Perpanjangan masa darurat Covid-19 dan untuk memutus penyebaran Covid-19 membuat waktu belajar dari rumah bagi peserta didik semakin bertambah. Konsekuensinya, guru tetap melaksanakan tugasnya dengan mendesain pembelajaran jarak jauh yang variatif dan tidak membosankan. Guru juga dapat memberikan materi terkait Covid-19 untuk mengedukasi peserta didik mengenai bahaya Covid-19, gejala terinfeksi, dan cara pencegahannya.

Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) yang dilaksanakan oleh guru Sekolah Dasar (SD) dilaporkan setiap satu minggu sekali dalam jurnal kegiatan belajar mengajar online. Bagi guru kelas SD dapat memberikan bimbingan belajar dari rumah sesuai dengan materi kurikulum ataupun di luar materi yaitu tentang Covid-19.

Penyelenggaraan pembelajaran jarak jauh ini sesuai dengan Surat Edaran Mendikbud Nomor 36962 tentang Pembelajaran secara Daring dan Bekerja dari Rumah dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease (COVID- 19) serta Surat Edaran MenPANRB Nomor 34 Tahun 2020 tentang Penyesuaian Sistem Kerja Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam Upaya Pencegahan Penyebaran Covid-19 di Lingkungan Instansi Pemerintah.

Download Format Laporan Belajar Mengajar Online Untuk Guru SD


1. Judul laporan
Buat judul laporan sesuaikan nama sekolah dan alamat lengkap

2. Identitas sekolah
Tulis nama guru, sekolah, tahun pelajaran, semester, dan lain-lain.

3. Tabel kegiatan belajar
Berisi kolom hari/tanggal, materi pembelajaran, kegiatan atau instruksi, dan hasil.

Untuk lebih jelasnya format laporan kegiatan belajar mengajar online dalam file berformat excel dapat Anda downloan melaui link di bawah ini:


Contoh format laporan kegiatan belajar mengajar (KBM) online bagi guru SD di atas hanya contoh. Anda dapat memodifikasinya atau mengedit sesuai kebutuhan. Ini bisa dijadikan sebagai bahan laporan ke kepala sekolah dan pengawas sekolah. Selain itu, bisa juga laporan jurnal KBM online selama bekerja dari rumah menjadi salah satu syarat pencairan tunjangan profesi guru (TPG) bagi guru SD yang sudah sertifikasi.

Lihat juga: Kreativitas Guru Menentukan Kualitas Pendidikan saat Pandemi

Dalam kondisi darurat karena adanya virus Covid-19 seperti saat ini, bentuk penugasanlah yang banyak digunakan guru SD dalam kegiatan belajar mandiri di rumah. Akibatnya, pengenalan konsep mengenai suatu pelajaran sebagaimana yang diterapkan dalam pembelajaran tatap muka tidak bisa berjalan dengan baik. Tentu, dalam memberi tugas tetap mempertimbangkan waktu dan tingkat kesulitannya, sehingga tidak memberatkan siswa.

Selama kegiatan belajar mandiri di rumah, seluruh guru kelas dan guru mata pelajaran (Pendidikan Agama, PJOK serta Bahasa Inggris) yang ada di SD mengimplementasikan proses edukasi dengan beragam cara belajar di rumah berbasis online (daring). Ada yang membuat konsep ceramah online, pengerjaan tugas praktek secara video, serta ada juga yang memanfaatkan konten-konten gratis dari berbagai sumber belajar.