Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Kumpulan Soal Ulangan K-13 Kelas 1 Semester 2

Kumpulan Soal Ulangan K-13 Kelas 1 Semester 2
Download kumpulan soal ulangan (penilaian) untuk kelas 1 semester 2 berbentuk file .PDF

Kelas 1 jenjang Sekolah Dasar telah lama menggunakan Kurikulum 2013 (K-13) sebagai pengganti KTSP. Materi soal ulangan untuk penilaian harian, penilaian tengah semester (PTS) dan penilaian akhir semester (PAS) dan penilain akhir tahun (PAT) kelas 1 SD/MI menggunakan bahan ajar Kurikulum 2013 dengan pendekatan metode tematik terpadu.

Muatan materi ajar K-13 untuk Kelas 1 jenjang Sekolah Dasar adalah Pendidikan Agama dan Budi Pekerti, PPKn, Bahasa Indonesia, Matematika, Seni Budaya dan Prakarya, serta PJOK. Ujian atau penilaian dilakukan untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik. Soal penilaian dibuat berdasarkan kisi-kisi yang telah disusun.

Berikut Daftar Tema dan Sub Tema Kelas 1 Semester 2 Kurikulum 2013


TEMA 5. PENGALAMANKU

Subtema 1 Pengalaman Masa Kecil
Subtema 2 Pengalaman Bersama Teman
Subtema 3 Pengalaman di Sekolah
Subtema 4 Pengalaman yang Berkesan

TEMA 6. LINGKUNGAN BERSIH, SEHAT DAN ASRI

Subtema 1 Lingkungan Rumahku
Subtema 2 Lingkungan Sekitar Rumahku
Subtema 3 Lingkungan Sekolahku
Subtema 4 Bekerja Sama Menjaga Kebersihan dan Kesehatan Lingkungan

TEMA 7. BENDA, HEWAN DAN TANAMAN DI SEKITARKU

Subtema 1 Benda Hidup dan Benda Tak Hidup di Sekitarku
Subtema 2 Hewan di Sekitarku
Subtema 3 Tanaman di Sekitarku
Subtema 4 Bentuk, Warna, Ukuran, dan Permukaan Benda

TEMA 8. PERISTIWA ALAM

Subtema 1 Cuaca
Subtema 2 Musim Kemarau
Subtema 3 Musim Penghujan
Subtema 4 Bencana Alam

Untuk mendalami materi pelajaran kelas 1 semester 2 Kurikulum 2013 sebagai persiapan ulangan untuk penilaian harian, penilaian tengah semester (PTS) dan penilaian akhir tahun (PAT) dapat dapat dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya dengan mengerjakan soal-soal latihan dari bank soal terbaru.

Selengkapnya soal ulangan (penilaian) untuk kelas 1 semester 2 dapat diunduh melalui link berikut ini. Naskah soal berbentuk file .PDF yang belum disertai dengan kunci jawabannya. Soal ulangan kelas 1 semester genap ini terdiri dari soal pilihan ganda, jawaban singkat dan uraian:




Soal ulangan kelas 1 semester 2 K-13 terdiri dari beberapa kompetensi dasar muatan mata pelajaran, yaitu: PPKn, Bahasa Indonesia, Matematika, dan Seni Budaya dan Prakarya (SBdP). Hasil penilaian pengetahuan diolah secara kuantitatif dengan menggunakan angka, predikat, dan deskripsi. Nilai penilaian akhir semester merupakan nilai setiap KD.