Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Banyak Orang Sukses Karena Menghormati Orangtua dan Guru

Ada banyak sekali orang sukses karena menghormati orangtua dan guru. Untuk itulah anak harus diajarkan cara menghormati dengan tepat.

Ada yang bilang bahwa rahasia orang sukses adalah menghormati orangtua dan guru. Hal itu tidaklah salah, karena kedua sosok itulah yang bertanggung jawab membentuk kepribadian seorang anak hingga meraih mimpi mereka di masa depan. Apalagi untuk guru di jenjang Sekolah Dasar (SD) yang bertanggung jawab di tahap awal jenjang pendidikan wajib belajar seorang manusia.

Guru Beri Pengaruh Besar ke Kesuksesan Seseorang


Gubernur DKI Jakarta yang juga mantan Mendikbud, Anies Baswedan, pernah berkomentar mengenai kaitan kesuksesan dengan menghormati guru dan orangtua. Saat itu Anies berpendapat bahwa kesuksesan para alumni tentu didukung oleh sosok guru yang hebat. Tentunya untuk jadi guru yang bebat, guru harus memiliki kemampuan penyelenggaraan pembelajaran yang efisien dan efektif.

Salah satu ilmuwan tersukses di dunia, Stephen Hawking, bahkan menyebut nama Dikran Tahta, gurunya di St Albans School, Hertfordsghire, Inggris sebagai sosok penting yang membuatnya cinta matematika. Tak hanya Hawking, Presiden Jokowi juga begitu menghormati sosok guru-gurunya semasa SMP dan SMA, seperti dalam acara Hari Guru Nasional 2015.

Dilansir Media Indonesia, saat itu Jokowi kehadiran tamu para gurunya semasa sekolah di Solo. Bahkan Jokowi jujur mengakui kalau dia sangat suka pelajaran kimia dan memperoleh nilai terbaik di kelas, berkat Bu Ning, gurunya semasa SMA. Dengan statusnya sebagai pahlawan tanpa tanda jasa, guru mungkin bukanlah seseorang yang hebat, tapi sudah pasti di balik orang hebat, ada jasa seorang guru.

Tak Hanya Guru, Orangtua Juga Wajib Dihormati


Meskipun guru memang memberikan pengaruh, sosok lain yang juga tak bisa dilepaskan dari kesuksesan seseorang adalah orangtua. Tak berlebihan jika disebutkan kalau keluarga merupakan faktor dominan yang mempengaruhi sumber daya anak baik hard skill (kecerdasan intelektual) dan soft skill (non-intelektual). Ada banyak kisah inspiratif mengenai anak-anak sukses dari orangtua yang hebat.

Seperti contohnya seorang pengayuh becak bernama Sawiri di Banten, yang berhasil mendidik putrinya, Herayati, hingga mampu lulus cumlaude dari Fakultas MIPA ITB tahun 2018 lalu. Ada juga seorang guru honorer sekaligus janda bernama Suharni yang berhasil menyekolahkan kelima putrinya sampai jenjang kuliah, bahkan putri sulungnya meraih gelar doktor di Universitas Osaka, Jepang.

Cara Tepat Menghormati Guru dan Orangtua


Lantaran banyak orang sukses karena menghormati orangtua dan guru, sudah sepatutnya setiap anak paham. Bahkan menurut psikoterapis Tina B.Tessine, Ph.D, kemampuan orangtua dan guru dalam mendidik anak-anak dengan baik, membuat mereka jadi individu berkualitas saat dewasa. Berikut beberapa cara menghormati guru dan orangtua yang bisa diajarkan kepada anak-anak:

1. Berbicara Santun


Anak-anak zaman sekarang memang lebih suka mengungkapkan pendapatnya. Namun tegaskan bahwa untuk beropini, haruslah tetap santun. Begitu pula dalam berbicara dengan guru atau orangtua, tidak boleh membentak.

2. Bersikap Sopan


Berperilaku sopan seperti mengucapkan salam, menjabat tangan hingga menyapa dengan ramah adalah cara mudah untuk memperlihatkan betapa anak begitu menghormati guru dan orangtuanya

3. Patuhi Perbuatan Baik dan Tolak Hal Buruk


Guru dan orangtua tetaplah manusia, di mana mungkin ada anjuran mereka yang kurang tepat. Namun seorang anak yang hebat, harus bisa menolak permintaan yang buruk dan senantiasa melakukan perintah mereka yang terpuji

Dengan melakukan ketiga hal sederhana di atas, tentu anak bisa tumbuh jadi pribadi yang baik. Mereka akan bisa meraih kesuksesan dan tahu, bahwa kesuksesan yang diraih itu diperoleh berkat usaha orangtua dan guru. Karena seseorang yang sukses, sudah pasti menghormati orangtua dan guru.

Berlangganan via Email