Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Rekomendasi Mainan yang Cocok Untuk Anak Usia 7-9 Tahun

Rekomendasi Mainan yang Cocok Untuk Anak Usia 7-9 Tahun
Supaya tidak keliru, orangtua harus tahu beberapa rekomendasi mainan yang cocok untuk anak usia 7-9 tahun

Melihat anak sibuk dengan mainannya? Ternyata tidak semuanya buruk. Apalagi jika mainan itu cocok untuk jenjang usianya, justru bakal memberikan banyak sekali manfaat. Contohnya seperti Anda memberikan mainan-mainan yang cocok untuk anak usia 7-9 tahun, bukan hanya membuat mereka senang tapi rupanya bermanfaat bagi perkembangan otak kanan.

Hal tersebut diungkapkan melalui penelitian Blue Sky Science pada tahun 2016, bahwa mainan yang tepat bisa berdampak pada perkembangan kognitif, sosial, emosional dan bahasa buah hati. Senada dengan itu, Saskhya Aulia Prima selaku psikolog sekaligus pendiri TigaGenerasi menjelaskan bahwa bermain bisa membuat otak anak menjadi lebih sehat.

Di mana menurut Saskhya seperti dilansir Haibunda, mainan yang sesuai dengan jenjang usia anak bisa membuat pusat kendali otak (korteks prefrontal) lebih besar dan cepat, sehingga otak anak siap untuk menghadapi kehidupan. Apalagi anak-anak usia 7-9 tahun sudah duduk di jenjang SD, yang mulai bertanggung jawab atas PR.

Seperti apa saja mainan yang tepat itu? Berikut aalah beberapa rekomendasi mainan yang cocok untuk anak usia 7-9 tahun:

1. LEGO

Anak-anak di usia 9 tahun harus sudah mampu menganalisa masalah sederhana. Di usia ini sangat tepat bagi mereka untuk dikenalkan pada mainan-mainan yang mengasah kemampuan konstruktif seperti LEGO. Melalui LEGO, mereka akan belajar menyatukan bentuk berbeda jadi satu kesatuan entah kendaraan, bangunan atau sesuai imajinasi mereka.

2. Sepeda atau Roller Blade

Jenjang usia 7-9 tahun menandakan anak yang begitu aktif. Karena itulah orangtua harus menyediakan mainan-mainan yang mendukung gerak fisik dan kemampuan motorik, agar energi mereka tersalurkan. Beberapa rekomendasi mainan yang cocok untuk usia 7-9 tahun seperti sepeda atau roller blade bisa dipilih.

3. Puzzle atau Rubik

Sama seperti LEGO, Anda bisa mengenalkan cara memecahkan masalah yang lebih kompleks sekalipun buah hati baru berusia tujuh tahun. Ada dua jenis mainan yang bisa dipilih yakni puzzle atau rubik. Puzzle mungkin bisa jauh lebih menarik karena ketika semua bagiannya tersusun dengan tepat, akan memperlihatkan sebuah gambar menarik.

Sementara rubik, bisa dibilang setingkat di atas puzzle tapi akan membuat kinerja otak buah hati jauh lebih terasah. Setidaknya melalui rubik, ada empat manfaat utama seperti meningkatkan kemampuan analisis, fokus, konsentrasi, kesadaran spasial dan kemampuan pengenalan pola pada anak. Tentunya sediakan rubik yang mudah terlebih dulu dan tingkatkan sesuai usianya.

4. Alat-Alat Gambar

Saat buah hati berusia 8-9 tahun, mereka akan mulai menunjukkan ketertarikan pada dunia seni dan kreativitas. Pada tahapan usia ini, anak bisa mulai dikenalkan pada alat-alat gambar atau lukis, sebagai mainan pilihan mereka. Bisa dimulai dari papan tulis, buku menggambar, crayon hingga nanti akhirnya kanvas. Biarkan mereka berimajinasi dengan bebas dan kreatif.

5. Boneka atau Robot

Boneka untuk anak perempuan dan robot mainan untuk anak laki-laki ternyata menyimpan banyak manfaat. Bahkan menurut Child Ventures, kedua jenis mainan ini bisa meningkatkan keterampilan sosial, melatih sifat tanggung jawab, meningkatkan kemampuan berbahasa hingga tentunya mengembangkan imajinasi mereka.

Dengan memahami rekomendasi mainan yang cocok untuk anak usia 7-9 tahun, Anda tentu tidak akan salah kaprah dalam memilihkan mainan pada buah hati. Mainan yang tepat justru akan membantu tumbuh kembang mereka jauh lebih positif dan baik, melalui kegiatan yang menyenangkan. Jadi, jangan larang anak bermain, tapi sediakan mainan yang tepat sesuai usianya.

Berlangganan via Email