5 Cara Mendidik Anak SD Kelas 2 yang Wajib Orangtua Ketahui
Cari Berita

Atas


5 Cara Mendidik Anak SD Kelas 2 yang Wajib Orangtua Ketahui

Selasa, 29 Oktober 2019

Gunakan metode praktis dan sederhana dalam cara mendidik anak SD kelas 2 yang masih beradaptasi dengan lingkungan sekolah.

Setiap orang tua pasti menginginkan yang terbaik untuk anaknya, termasuk dalam hal pendidikan. Tapi orang tua juga wajib tahu, bahwa pendidikan paling pertama yang dikenyam si anak adalah pendidikan dari orang tua. Seperti halnya cara mendidik anak SD kelas 2 yang pastinya berbeda dengan yang lain. Karena mendidik anak tidak bisa dikatakan hal yang sepele, maka orang tua harus bersungguh-sungguh dalam hal ini.

Mungkin, orang tua juga harus belajar lagi bagaimana cara mendidik anak SD di rumah agar si anak mendapatkan pelajaran yang seimbang baik di sekolah dan di rumah. Bahkan orang tua bisa juga turut mempraktikkan teori-teori yang diberikan guru di sekolah. Selain menjadi pendidik, orang tua juga seharusnya kembali belajar bagaimana cara mendidik anak yang baik dan tepat sasaran termasuk cara mendidik anak SD kelas 2.

Cara Mendidik Anak SD Kelas 2 yang Harus Orang Tua Ketahui


1. Ajarkan Mana yang Baik Mana yang Buruk

Usia anak SD kelas 2 biasanya ada di kisaran 8-9 tahun. Pada usia tersebut si anak sudah cukup mengerti bagaimana konsep baik dan buruk itu. Namun selain mendapatkan pelajaran di sekolah, akan lebih baik jika di rumah orang tua juga mengajarkan nilai-nilai baik dan buruk tersebut. Karena bisa jadi, anak akan menjadikan nilai-nilai yang diajarkan sebagai pedoman dalam hidupnya kelak.

2. Dampingi Si Anak yang Mulai Beradaptasi dengan Lingkungan Sekolah

Di kelas 1 SD, anak mengalami masa peralihan dari anak usia TK ke SD. Sedangkan pada kelas 2 pun si anak masih terus belajar membiasakan diri atau beradaptasi dengan lingkungan sekolahnya yang baru. Karena lingkaran sosialnya makin luas, tidak ada salahnya sebagai orang tua masih turut mendampingi perkembangan si anak agar tetap belajar dan bermain sesuai usia dan teman sebayanya.

3. Ciptakan Suasana Belajar yang Menyenangkan

Jika di sekolah anak belajar tentang teori dari berbagai mata pelajaran, maka di rumah orang tua sebisa mungkin ikut andil dalam praktiknya. Misalnya saja dengan bertanya dan mengulas kembali materi menggunakan bahasa yang mudah dipahami si anak. Selain itu, menciptakan suasana belajar di rumah yang menyenangkan seperti belajar sambil bermain, yang akan meningkatkan minat anak supaya tidak cepat bosan ketika belajar.

4. Ajarkan Cara Mengatur Waktu dengan Baik

Cara manajemen atau mengatur waktu dengan baik bagi anak SD kelas 2 bisa mulai diajarkan dengan hal-hal yang sederhana. Misalnya saja dengan mengajarkan kepada anak untuk membuat jadwal kegiatan sehari-hari dari bangun tidur sampai mau tidur. Hal apa saja yang bisa dilakukan setelah sekolah, hal-hal yang perlu dilakukan selama di rumah, dan lain sebagainya.

5. Ajari Anak Mematuhi Peraturan dan Tata Tertib di Sekolah

Masing-masing sekolah pasti memiliki peraturan dan tata tertib tersendiri terhadap para siswanya. Namun, ada kalanya hal tersebut kurang dipahami oleh anak SD kelas 2 yang masih kurang fokus dalam mencerna sesuatu. Maka dari itu, tugas orang tua adalah mengajarkan kepatuhan terhadap peraturan dan tata tertib di sekolah yang telah dibuat. Jika anak melanggar, maka akan dikenakan sanksi yang setimpal dengan perbuatannya.

Biasanya, usia anak SD kelas 2 adalah saat-saat usia emas seorang anak sedang berlangsung. Maka dari itu, orang tua harus memaksimalkan cara mendidik anak SD kelas 2 agar dapat tumbuh dan berkembang sesuai dengan jenjang usia dan tingkat kelasnya.