Silabus K-13 Kelas 5 Tahun Pelajaran 2020/2021 -->
Cari Berita

Atas


Silabus K-13 Kelas 5 Tahun Pelajaran 2020/2021

Senin, 20 Juli 2020

Download perangkat pembelajaran silabus K-13 kelas 5 tahun pelajaran 2020/2021

Salah satu program pembelajaran yang harus dibuat guru di awal tahun pelajaran adalah silabus. Tahun pelajaran 2020/2021 telah dimulai sejak pertengahan bulan Juli 2020. Bagi guru kelas jenjang Sekolah Dasar (SD), khususnya guru kelas 5 harus menyusun silabus sesuai dengan Kurikulum 2013 (K-13) yang saat ini masih digunakan.

Apakah silabus itu? Silabus adalah salah satu komponen perangkat pembelajaran dari rencana pembelajaran pada suatu kelompok mata pelajaran dengan tema tertentu, yang mencakup Kompetensi Inti (KI), Kompetensi Dasar (KD), materi pembelajaran, indikator, penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajar yang dikembangkan oleh setiap satuan pendidikan.

Pada K-13 revisi terbaru kelas 5 SD menggunakan tematik terpadu. Tidak ada lagi mata pelajaran yang berdiri sendiri semua menjadi satu dalam bentuk tema. Setiap tema terdiri muatan mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn), Bahasa Indonesia, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), dan Seni Budaya dan Prakarya (SBdP).

Download Silabus K-13 Kelas 5 Tahun Pelajaran 2020/2021


Bagi Anda yang mengajar kelas 5 harus melengkapi perangkat pembelajaran yang wajib dimiliki guru. Silabus kelas 5 ini dibuat dalam format MS Word sehingga Anda dapat mengeditnya. Anda dapat mendownload silabus K-13 kelas 5 tahun pelajaran 2020/2021 melalui link berikut ini:


Silabus bermanfaat sebagai pedoman sumber pokok dalam pengembangan pembelajaran lebih lanjut, mulai dari pembuatan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), pengelolaan kegiatan pembelajaran, dan pengembangan sistem penilaian. Perlu diingat, pada dasarnya tidak ada format dan model silabus yang baku. Hal ini disebabkan banyaknya varibel yang mempengaruhi pengembangan model silabus, yang mengakibatkan silabus bersifat dinamis.

Lihat juga: Prota dan Promes K-13 Kelas 5 Tahun Pelajaran 2020/2021

Suatu model silabus dapat dilaksanakan dengan baik untuk kondisi tertentu, belum tentu cocok untuk kondisi yang lain, atau suatu model berhasil diterapkan dengan baik oleh guru tertentu, belum tentu berhasil dengan baik jika diterapkan oleh guru yang lain. Oleh karena itu, setiap guru diharapkan dapat mengembangkan silabus-silabus yang sesuai dengan karakteristik pribadi guru dan kondisi lingkungan dimana guru bertugas.