Usaha Yang Harus Dilakukan Guru Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengajarnya
Cari Berita

Atas


Usaha Yang Harus Dilakukan Guru Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengajarnya

Selasa, 28 Juli 2020

Usaha Yang Harus Dilakukan Guru Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengajarnya
Adakah cara untuk meningkatkan kemampuan mengajar? Untuk Anda yang penasaran, bisa simak ulasan ini sampai tuntas.

Karena tugas utamanya menyampaikan ilmu ke siswa, maka mengajar memang menjadi kemampuan paling penting yang dibutuhkan oleh guru. Dengan karakter siswa yang berbeda-beda, tentu sebelum mengajar guru harus memiliki bekalnya terlebih dulu. Berikut ini ulasan mengenai cara untuk meningkatkan kemampuan mengajar untuk Anda para guru.

Sekilas tentang Pembelajaran


Secara singkat, pembelajaran merupakan penyediaan sebuah sistem lingkungan yang bisa menimbulkan terjadinya proses belajar. Sedangkan di sekolah, proses yang terjadi merupakan proses belajar-mengajar, karena ada guru yang mengajar siswa.

Pengertian lain tentang pembelajarn tercantum di Permendikbud No. 81 A Tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum Pedoman Umum Pembelajaran. Pembelajaran merupakan proses pendidikan yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan potensi dirinya, terkait dengan sikap, pengetahuan, dan keterampilan.


  • Pembelajaran memiliki beberapa ciri, antara lain sebagai berikut.
  • Ada guru yang mengajar
  • Ada siswa yang menerima pengajaran
  • Ada aktivitas pembelajaran antara guru dengan siswa
  • Terjadi interaksi antara guru dengan siswa
  • Bertujuan untuk mengubah tingkah laku siswa menjadi lebih baik
  • Proses pelaksanaan dan hasilnya direncanakan terlebih dahulu


Tugas Guru dalam Proses Pembelajaran


Dalam proses pembelajaran, guru memiliki tugas-tugas yang harus dipenuhi. Menurut Nuryani, dkk (2000), tugas guru terkait dengan proses pembelajaran adalah:

  • Merumuskan tujuan pembelajaran khusus (TPK)
  • Merumuskan alat evaluasi yang relevan dengan tujuan tersebut
  • Memilih materi ajar untuk menunjang TPK serta alat evaluasi
  • Memilih pengalaman belajar yang akan diberikan ke siswa
  • Melaksanakan proses belajar dan mengajar
  • Melakukan evaluasi hasil belajar siswa
  • Memakai alat evaluasi yang telah disiapkan
  • Memakai umpan balik
  • Menyiapkan berbagai hal untuk keperluan mengajar


Cara Meningkatkan Kemampuan Mengajar


Kemampuan mengajar memang tidak bisa dihadirkan begitu saja. Seperti kemampuan lainnya, agar semakin mahir, Anda juga butuh berlatih mengajar. Latihan ini bisa diperoleh ketika Anda berkuliah di fakultas keguruan, atau dari pengalaman mengajar. Berikut beberapa cara untuk meningkatkan kemampuan mengajar yang bisa Anda terapkan.

Mengikuti program penataran


Program ini dilakukan untuk memberikan kesempatan guru berkembang secara profesional dalam mengajar dan mendidik. Terkait dengan ini, saat ini terdapat program PPG (Pendidikan Profesi Guru). Siapapun yang ingin menjadi seorang guru profesional, diharuskan mengikuti program itu terlebih dahulu.

Mengikuti program Musyawarah Guru Bidang Studi (MGBS)


Beberapa masalah rumit mungkin saja Anda temui terkait dengan pembelajaran di sekolah. Untuk itu, Anda bisa mengikuti kegiatan MGBS ini untuk bisa mendiskusikan permasalahan tersebut dengan rekan-rekan. MGBS sendiri memang bertujuan untuk mengatasi kekurangan guru dalam mengajar dan mendiskusikan pemecahan masalah yang dihadapi.

Belajar secara mandiri


Pada hakikatnya, belajar memang harus dilakukan sepanjang hayat, termasuk ketika Anda sudah menjadi guru. Belajar secara mandiri ini sebenarnya bisa Anda lakukan setiap hari. Contohnya, setiap selesai mengajar, Anda mengoreksi apa saja kesalahan hari itu lalu memperbaikinya.

Belajar mandiri ini juga bisa dilakukan dengan membaca berbagai hal terkait peningkatan kemampuan mengajar Anda. Anda bisa mencari sumbernya dari internet, maupun bertanya dengan rekan yang lebih berpengalaman dari Anda.

Coba mengikuti kursus


Mengikuti kursus, kenapa tidak? Kalau belajar mandiri Anda rasa kurang maksimal, Anda bisa mencari kursus untuk meningkatkan kompetensi Anda. Kursus ini juga memiliki dua manfaat. Pertama, menjadi penyegaran bagi guru. Kedua, meningkatkan keterampilan dan pengetahuan guru terkait dengan amanah yang diembannya.

Jadi begitu beberapa cara untuk meningkatkan kemampuan mengajar untuk seorang guru. Selamat mencoba.