Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Dapat Kuota Internet Gratis Untuk Siswa dan Bisa Akses Apa Aja?

Cara Dapat Kuota Internet Gratis Untuk Siswa dan Bisa Akses Apa Aja?
Bagaimana cara mendapatkan pulsa kuota internet gratis untuk siswa dan apa bisa untuk akses apa saja?

Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memberikan bantuan kuota internet kepada siswa, guru, mahasiswa, dan dosen. Kuota internet gratis diberikan selama 4 bulan hingga Desember 2020. Hal ini untuk mendukung suksesnya penyelenggaraan pendidikan jarak jauh (PJJ) atau belajar sistem online selama pandemi Covid-19.

Pemberian kuota internet gratis  bagi siswa ini berdasarkan surat edaran dari Kemendikbud dengan nomor surat 8310/C/PD/2020 tentang Program Pemberian Kuota Internet Bagi Peserta Didik yang ditandatangani Dirjen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Kemendikbud Jumeri.

Kuota internet gratis ini akan langsung diberikan ke nomor ponsel siswa dan guru. Nantinya Kemendikbud akan mengirimkan kuota internet sebesar 35 GB untuk siswa, 42 GB untuk guru, dan 50 GB untuk mahasiswa, serta dosen per bulan. Kuota internet gratis akan diberikan selama bulan September sampai Desember 2020.

Cara Dapat Kuota Internet Gratis Untuk Siswa


Untuk mendapatkan kuota internet gratis nomor ponsel siswa harus sudah diinput ke aplikasi dapodik oleh admin sekolah.

Para siswa mengaku senang dengan adanya kuota gratis yang akan diterima mulai bulan September tersebut. Sesuai dengan surat edaran Kemendikbud bernomor 8310/C/PD/2020 tentang Program Pemberian Kuota Internet Bagi Peserta Didik, pemberian pulsa kuota internet akan diberikan berdasarkan nomor handphone (HP) yang telah diinput dalam aplikasi dapodik (data pokok pendidikan).

Agar siswa bisa memperoleh kuota internet gratis 35 GB maka nomor HP siswa harus sudah dimasukan di aplikasi dapodik. Orang tua atau siswa bisa langsung bertanya ke guru atau operator sekolah apakah data nomor HP-nya sudah diinput ke aplikasi dapodik sekolah. Jika belum, mintalah supaya data siswa di aplikasi dapodik dilengkapi dengan nomor HP yang digunakan siswa.

Kemendikbud telah memperpanjang tenggat waktu penginputan nomor HP siswa yang sebelumnya sampai 31 Agustus menjadi 11 September 2020. Kepala sekolah dan dinas pendidikan pun diminta mengawal pengisian nomor HP siswa ke aplikasi dapodik agar berjalan dengan baik dan optimal. Dengan bantuan kuota internet ini diharapkan juga bisa meringankan biaya pengeluaran orang tua.

Kuota Internet Gratis Bisa Mengakses Apa Aja?


Skema pemberian kuota internet gratis untuk siswa dan guru belum dijelaskan secara detil, apakah menggandeng langsung operator telekomunikasi atau akses ke aplikasi pembelajaran jarak jauh yang didukung pemerintah. Namun, tentu saja kuota internet gratis untuk siswa ini tidak boleh digunakan pelajar untuk mengakses media sosial, misalnya TikTok maupun bermain game mobile.

Jadi kuota internet gratis ini digunakan untuk mendukung pembelajaran jarak jauh, apa saja layanan yang bisa dimanfaatkan? Berikut ini beberapa layanan atau aplikasi yang mungkin bisa diakses dengan kuota gratis, seperti yang SekolahDasar.Net lansir dari medcom (30/08/20).

Cara Dapat Kuota Internet Gratis Untuk Siswa dan Bisa Akses Apa Aja?
Kuota internet gratis yang diberikan pemerintah harus digunakan untuk mendukung pembelajaran jarak jauh.

1. Google Classroom

Aplikasi Google Classroom cukup populer digunakan oleh guru dan siswa atau sekolah selama pembelajaran jarak jauh di tengah pandemi Covid-19. Layanan ini tidak hanya menyediakan fitur konferensi video tapi juga seperti kegiatan belajar di kelas, mulai dari absensi kehadiran hingga mengumpulkan tugas.

2. Microsoft Teams

Serupa dengan Google Classroom, Microsoft Teams menyediakan konferesi video gratis yang juga dilengkapi tools atau fitur untuk membuat kelas belajar online. Layanan ini masih digratiskan oleh Microsoft hingga akhir tahun ini dan diperpanjang apabila kondisi pandemi masih berlangsung.

3. Quipper

Apliaksi edutech Quipper hadir sejak lama di Indonesia, platform ini tidak hanya menyediakan materi belajar mandiri atau online tapi juga kelas virtual untuk guru memberikan pelajaran kepada siswanya. Khusus materi belajar mandiri konten yang disajikan juga hadir dalam bentuk video.

4. Ruangguru

Nama layanan Ruanguru sudah tidak asing di Indonesia karena sebagai salah satu startup edutech lokal yaang sukses dan iklannya mudah dijumpai di televisi. Ruangguru menyediakan bimbingan belajar online termasuk tryout online yang bisa diakses dengan berlangganan.

5. Zenius

Zenius juga salah satu penyedia bimbingan edukasi pionir di Tanah Air. Mereka sudah memiliki platform belajar online dan di sini peserta bisa berinteraksi langsung alias real-time dengan tutor atau pengajar. Jadi menyediakan komunikasi dua arah seperti kegiatan tatap muka.

Berlangganan via Email