Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Soal Penilaian Akhir Semester 1 PAI Kelas 1, 2, 3, 4, 5, dan 6

Soal Penilaian Akhir Semester 1 PAI Kelas 1, 2, 3, 4, 5, dan 6

Pelaksanaan penilaian mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAI dan BP) dalam Kurikulum 2013 (K-13) lebih kompleks. Dalam proses penilain K-13, seorang guru mapel PAI dan BP harus melakukan penilaian dari 4 aspek yaitu penilaian spiritual (KI-1), penilaian sosial (KI-2), penilaian pengetahuan (KI-3), dan penilaian keterampilan (KI-4).

Penilaian hasil belajar PAI dan BP dalam K-13 untuk jenjang Sekolah Dasar (SD) terdiri dari penilaian harian (PH), penilaian tengah semester (PTS) dan penilaian akhir semester (PAS). Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAI dan BP) menjadi salah satu mata pelajaran wajib SD yang terpisah dengan pembelajaran tematik.


Ulangan atau penilaian akhir semester ganjil diberikan setiap akhir semester sesuai dengan Kompetensi Dasar (KD) yang dipelajari selama satu semester. Soal Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAI) semester 1 disusun berdasarkan kisi-kisi sesuai indikator KD materi yang terdapat buku siswa dan buku guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAI dan BP) Kurikulum 2013.

Selengkapnya soal ulangan atau penilaian akhir semester 1 mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAI dan BP) kelas 1, 2, 3, 4, 5, dan 6 sesuai dengan Kurikulum 2013 revisi terbaru dapat dilihat dan didownload melalui link berikut ini:


Soal ulangan akhir semester ganjil mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAI dan BP) terdiri dari soal pilihan ganda, isian singkat, dan uraian. Untuk bahan persiapan anak-anak menghadapi PTS dan PAS, kelas 1, 2, 3, 4, 5, dan 6 SD dapat mengerjakan soal-soal latihan ulangan PAI dan BP yang belum disertai dengan kunci jawaban di atas.

Hasil penilaian pengetahuan mapel PAI dan BP diolah secara kuantitatif dengan menggunakan nilai skala 0 - 100, predikat, dan deskripsi. Deskripsi berupa kalimat positif terkait capaian kemampuan peserta didik yang mengacu pada setiap KD. Nilai penilaian akhir semester (NPAS) mapel Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAI dan BP) merupakan nilai setiap KD.