Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

5 Manfaat Latih Anak Berbahasa Daerah Sejak Dini

5 Manfaat Latih Anak Berbahasa Daerah Sejak Dini

Manfaat latih anak berbahasa daerah bisa dilakukan orang tua sejak dini. Indonesia memiliki bahasa daerah terbanyak setelah Papua Nugini. Mungkin masih banyak orang yang belum bisa mengenal akan bahasa daerah. Sebagian besar masyarakat Indonesia hanya mengenal bahasa nasional saja. 

Bahkan sebagian besar orang tua juga belum banyak mengenalkan bahasa daerah pada buah hati. Cara terbaik yang bisa anda lakukan yaitu mengenalkan dan mengajarkan bahasa daerah pada anak sejak dini. Hal ini perlu anda lakukan sebagai upaya melestarikan bahasa daerah.

Manfaat Latih Anak Berbahasa Daerah Sejak Dini


Mengenalkan bahasa daerah pada anak menjadi himbauan penting yang ditujukan pada semua orang tua. Hal ini agar anak-anak bisa mewarisi bahasa daerah tersebut. Sebaiknya biasakan melatih anak berbahasa daerah dalam kehidupan sehari-hari. Berikut ini ada beberapa manfaat yang bisa diperoleh dengan mengajarkan bahasa daerah. Diantaranya:

1. Menumbuhkan Sikap Toleransi

Manfaat mengenalkan bahasa daerah pada anak sejak kecil yaitu menumbuhkan sikap toleransi. Sehingga anak sudah mulai dikenalkan adanya perbedaan sejak kecil. Hal ini mampu membuat anak-anak lebih mudah dalam mengenal dan belajar toleransi dengan orang lain. Apalagi anak juga akan lebih mengenal berbagai macam bahasa daerah milik Indonesia.

2. Menguatkan Rasa Kekeluargaan

Mengajarkan bahasa daerah bisa anda mulai dari anggota keluarga. Sehingga dapat meningkatkan rasa kekeluargaan. Apalagi dengan belajar bahasa daerah dan mampu menggunakannya berbicara dengan orang lain dapat menumbuhkan hubungan emosional lebih cepat. 

3. Menjaga Perbedaan

Manfaat mengajarkan bahasa daerah sejak dini juga membuat anak belajar dari adanya perbedaan. Sehingga meski ada perbedaan, namun bukan menjadi halangan untuk bisa saling menghargai dan menghormati. 

4. Sebagai Sarana Melestarikan Budaya

Dengan membiasakan mengucapkan bahasa daerah dalam kehidupan sehari-hari, akan membantu melestarikan bahasa tersebut. Sebab, setiap daerah memiliki bahasanya masing-masing. Sehingga dengan mengenalkan anak sejak dini akan bahasa daerah tentunya bisa dipelajari. Meskipun orang terdahulu sudah tidak ada, maka bahasa daerah tetap turun-temurun dikenalkan pada generasi baru.

5. Menguatkan Karakter Bangsa

Ada manfaat lain dengan pengajaran bahasa daerah sejak dini pada anak. Cara ini menjadi langkah yang tepat untuk menjadi salah satu faktor dalam menguatkan karakter bangsa. Kaitannya akan semakin luas membuat anak-anak berkembang dan berinteraksi dengan lingkungan sekitar. 

Sehingga sebagai orang tua jangan hanya mengajarkan bahasa nasional saja pada anak. Sebab, bahasa daerah pun menjadi ciri khas seseorang. Dengan mendengar logatnya saja, akan mudah menebak dari daerah mana.

Semua wajib belajar bahasa daerah, begitu juga dengan anak-anak. Mengajarkan anak sejak dini tentang bahasa daerah dan bahasa nasional tentunya akan bermanfaat. Ada beberapa manfaat latih anak berbahasa daerah sejak dini untuk lebih mengenal warisan budaya Indonesia.

Berlangganan via Email