Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Ingin Jadi Guru yang Disukai Siswa, Hindari Melakukan Ini

Ingin Jadi Guru yang Disukai Siswa, Hindari Melakukan Ini

Setiap guru pasti ingin disenangi oleh murid-muridnya. Akan tetapi, menjadi guru yang disukai bukanlah hal yang mudah. Karena berbagai tuntutan dan keadaan, guru kadang terlupa melakukan hal-hal kecil yang dapat membuat murid tidak menyukainya. Berikut ini beberapa sifat yang tidak disukai oleh murid dari guru yang harus dihindari yaitu:

1. Kurang Mengusai Materi

Karena terbatasnya tenaga pengajar, kadang guru harus mengajar mata pelajaran yang tidak sesuai kompetensinya. Akibatnya, ketika mengajar pelajaran tersebut, guru kurang menguasai materi. Jadi, supaya lebih mantap dalam mengajar, Anda harus lebih dulu belajar lebih dalam daripada yang harus disajikan kepada murid.

2. Jarang Hadir ke Kelas

Sebagian guru memiliki kegiatan lain di luar sekolah seperti, mengajar di sekolah lain, urusan keluarga, atau bisnis. Karena hal ini, kadang guru harus izin mengajar dan tidak hadir ke sekolah. Jika ini sering terjadi, tentu murid akan merasa gurunya tidak sungguh-sungguh dalam mengajar. 

3. Penampilan Tidak Rapi

Berpakaian rapi, bersih, wangi, dan menarik merupakan nilai lebih bagi seorang guru. Terlebih, guru akan menjadi contoh bagi siswa. Apabila Anda, sebagai guru pun tidak berpakaian rapi, kusut, atau tampak lusuh sudah pasti murid-murid akan kurang menghargai Anda. Ketika belajar, mereka pun tidak fokus dan justru membicarakan penampilan Anda.

4. Suka Berbicara Kasar

Tak hanya tindakan, tutur kata guru juga sangat diperhatikan siswa. Usahakan ketika berbicara dengan murid, gunakan bahasa yang halus, perhatian, dan bahasa yang menarik. Jangan sesekali membentak, mengancam, dan berkata kasar di depan murid-murid Anda.

5. Tidak Memeriksa Tugas atau PR yang Diberikan

Tugas atau pekerjaan rumah diberikan kepada murid agar mereka dapat memperdalam materi di rumah. Demi mendapat nilai yang bagus, siswa bekerja keras untuk menyelesaikannya. Nah, jika Anda tidak memeriksanya, pasti mereka akan kecewa. Jadi, ketika memberikan tugas kepada siswa, Anda harus menyediakan waktu untuk mengulas hasil pekerjaan mereka.

6. Berlebihan Dalam Memberikan Hukuman

Terkadang memberikan hukuman kepada siswa karena melakukan kesalahan tertentu dilakukan oleh guru. Namun, memberikan hukuman harus bijak dan dilandasi dengan niat untuk mendidik. Jangan menghukum dengan hukuman yang memalukan, kasar, atau melukai murid secara fisik ataupun mental. 

7. Bersikap Pilih Kasih

Dalam satu kelas pasti ada murid yang penurut, ada yang suka membangkang. Ada yang pandai, ada pula yang biasa saja atau kurang pandai. Murid yang penurut dan pandai biasanya akan menjadi kesayangan guru. Hal ini menimbulkan perasaan tidak suka pada murid lainnya karena menilai guru pilih kasih. Jadi, ketika memberikan tugas ataupun hukuman, lakukanlah dengan adil dan bijaksana. 

8. Kurang Akrab dengan Siswa

Peran guru tidak hanya menyampaikan pelajaran saja, melainkan juga menjadi pendidik bagi siswa. Guru dapat mendidik melalui tindakan, ucapan, atau obrolan ringan dengan siswa. Guru yang kurang akrab, jarang mengobrol dengan murid selain urusan pelajaran, tentu kurang disukai. Umumnya murid menyukai guru yang dapat diajak berdiskusi tentang banyak hal.

9. Suka Membanding-bandingkan

Cara guru memotivasi siswa untuk menjadi lebih rajin, pintar, dan lebih baik beragam. Bisa melalui cerita, contoh langsung, atau mengajak menonton film dan membaca buku. Namun, kadang guru memotivasi dengan membandingkan murid dengan kelas lain atau siswa lain. Hal ini biasanya membuat siswa tidak suka.

10. Tidak Tahu Nama Siswa

Guru yang hafal nama murid-muridnya lebih disukai karena murid merasa dihargai dan diperhatikan. Tidak harus hafal nama panjang setiap murid, apalagi jika jumlahnya ratusan. Cukup hafal nama panggilannya saja, sehingga ketika berbicara dengan mereka bisa lebih personal.

Ternyata, cukup banyak sifat guru yang tak disukai siswa, ya? Memang tidak ada guru yang sempurna, tetapi Anda dapat menjadi guru yang baik dan disukai oleh siswa secara bertahap.

Berlangganan via Email