Cara Mengatasi Siswa yang Pendiam di Kelas
Cari Berita

Atas


Cara Mengatasi Siswa yang Pendiam di Kelas

Selasa, 07 April 2020

Cara Mengatasi Siswa yang Pendiam di Kelas
Masalah di kelas yang dialami oleh guru adalah adanya siswa yang pendiam. Berikut ini cara mengatasi siswa yang pendiam di kelas.

Memiliki siswa yang pendiam di kelas tentu menjadi momok tersendiri bagi Anda. Terlebih ketika siswa diberikan pertanyaan dan tidak ada jawaban, pastinya akan membuat Anda dongkol dan motivasi belajar menjadi turun. Agar Anda tetap semangat untuk mengajar, cara mengatasi siswa yang pendiam di kelas berikut bisa membantu Anda.

Mengatasi Anak Pendiam di Kelas


Siswa yang pendiam di kelas perlu diberikan stimulasi agar siswa menjadi lebih aktif di kelas. Sebagai guru, Anda berperan aktif untuk membuat siswa aktif dan tidak diam ketika Anda bertanya kepadanya. Beberapa cara berikut bisa menjadi referensi Anda untuk mengatasi siswa yang pendiam saat berada di dalam kelas.

1. Dekati Anak Secara Personal

Langkah awal yang harus Anda lakukan untuk mengatasi anak pendiam di kelas adalah dengan mendekati anak secara personal. Anda bisa memanfaatkan waktu istirahat untuk mengobrol lebih dekat dengan anak. Hindari mengobrol dengan anak di tempat yang ramai dengan teman-temannya. Anda bisa menggunakan ruangan BK atau ruang guru untuk berbicara langsung pada siswa.

Hindari menginterupsi siswa terlalu dalam. Hal ini justru akan membuat siswa tertekan dan menjadi tertutup dengan Anda. Ada baiknya Anda berbicara secara santai seperti layaknya teman. Siswa akan merasa nyaman dan lebih terbuka mengenai sifatnya yang pendiam di dalam kelas.

Ketika siswa sudah mampu mengutarakan penyebab sifatnya yang pendiam, ajak siswa untuk berdiskusi bersama. Giring opini siswa mengenai solusi menghilangkan sifat pendiamnya di kelas. Hal ini dapat menjadi solusi terbaik untuk mengatasi sifat pendiam siswa di dalam kelas.

2. Berikan Kepercayaan

Agar siswa tidak minder saat di dalam kelas, Anda bisa menumbuhkan rasa percaya diri pada siswa. Cara mengatasi siswa yang pendiam di kelas ini bisa Anda lakukan dengan memberikan kepercayaan pada siswa.

Caranya, Anda perlu mengetahui kemampuan siswa yang pendiam terlebih dahulu. Cara ini memang terbilang cukup berat, terlebih jika siswa merupakan anak yang introvert dan sulit untuk diajak berkomunikasi. Anda bisa memanfaatkan hasil tes minat dan bakat jika sekolah sudah pernah mengadakan tes tersebut.

Jika Anda sudah mengetahui kemampuan siswa, Anda bisa melatih potensi siswa. Misalnya jika siswa tersebut memiliki kemampuan leadership, Anda bisa mencoba memberikan kesempatan untuknya menjadi ketua kelas ataupun ketua kelompok.

Dengan adanya tanggungjawab yang sesuai dengan potensinya, siswa akan semakin percaya diri terhadap kemampuannya. Secara tidak langsung, hal ini akan berdampak positif untuk membuatnya tidak lagi memiliki sifat pendiam di kelas.

3. Ubah Metode Pengajaran di Kelas

Jika metode mengajar Anda cenderung satu arah saja, Anda bisa mengubahnya ke metode pengajaran aktif. Metode student centered learning bisa menjadi alternatif cara mengajar Anda sehingga siswa aktif dalam mengikuti pelajaran di kelas.

Anda bisa membuat variasi pengajaran, seperti diskusi, presentasi, ataupun memberi tugas pada kelompok kecil. Dengan metode pengajaran yang bervariasi akan membuat semua siswa aktif, termasuk siswa yang memiliki sifat pendiam.

4. Hindari Teman Sekelasnya untuk Mem-bully Siswa

Siswa yang pendiam cenderung menjadi bahan bully teman-temannya. Anda bisa mencegah teman-temannya untuk tidak melakukan bullying pada siswa tersebut. Kewenangan sebagai guru bisa menjadi pelindung untuk siswa yang di-bully oleh teman-temannya.

Dengan mencegah bully terhadap siswa tersebut akan membuat psikisnya jauh lebih baik. Selain itu, siswa juga dapat lebih terbuka dan tidak lagi menjadi pendiam di kelas.

5. Libatkan Orangtuanya

Keterlibatan orangtua merupakan salah satu hal penting untuk mengubah siswa yang pendiam. Anda bisa berbicara dengan orangtua siswa mengenai masalah yang dihadapi oleh anaknya. Berikan pemahaman kepada orangtua agar siswa tidak lagi pendiam yang akan mempengaruhi prestasi belajarnya.

Selain melibatkan orangtua untuk mengatasi masalah siswa pendiam di kelas, melalui orangtua Anda juga dapat mengetahui karakter siswa. Dengan mengetahui karakter siswa inilah Anda dapat alternatif cara mengatasi anak pendiam dengan tepat.

Dengan mengetahui cara mengatasi siswa pendiam di kelas dapat membantu meningkatkan prestasi belajar siswa. Mengetahui penyebab siswa yang pendiam di kelas dapat membantu Anda mengatasi siswa pendiam di kelas dengan lebih mudah.