Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Begini Cara Agar Anak Aman Menggunakan Internet

Begini Cara Agar Anak Aman Menggunakan Internet
Pastikan anak anda aman menggunakan internet.

Di zaman yang serba digital ini memberikan kemudahan untuk masyarakat dalam berinteraksi dan berkomunikasi secara online. Apalagi anak-anak yang sekarang ini tidak dapat dipisahkan dari yang namanya internet. Agar anak aman menggunakan internet sebaiknya orangtua ikut mengawasi anak. Internet merupakan layanan yang memudahkan kita dalam mencari berbagai informasi. Media sosial berupa Youtube, Twitter, Instagram, dan lain sebagainya.

Kemudahan-kemudahan ini kita perlu waspada ketika anak sudah asyik menggunakan internet.  orang tua sebaiknya lebih hati-hati untuk menghindari resiko agar anak berinternet secara positif dan tidak membuka situs-situs yang memberi dampak buruk untuk anak.

Menurut Tari Sandjojo, "Inilah sebabnya sebagai orangtua kita harus bisa menjadi teman yang membantu mereka agar menjelajah dengan cerdas atau percaya diri dalam menggunakan internet" ujarnya.

Cara Agar Anak Aman Menggunakan Internet


Kini waktu luang anak-anak dihabiskan dengan bermain internet. Seperti bermain game, bermedsos, mendownload video dan lainnya. Bahkan dengan internet pun mereka mengakses pengetahuan-pengetahuan. Sedangkan mereka sangat membutuhkan interaksi dengan lingkungan, dan hidup bersosial. Agar tetap aman menggunakan internet, maka anda perlu melakukan ini:

1. Menetapkan Aturan Dengan Family Link

Hal ini dapat membantu anda mengelola akun mereka dan dapat menetapkan batasan-batasan sesuai kebutuhan anda yaitu
  • Pengawasan waktu pemakaian perangkat
  • Mendownloadkan aplikasi yang bermutu dan sesuai rekomendasi dari guru
  • Mengunci perangkat anak
  • Melihat lokasi mereka dengan GPS atau alat lainnya
  • Mengelola aplikasi akun 
Pengawasan dari orang tua sangat penting agar mereka tidak terlalu dalam masuk ke situs-situs negatif.

2. Memblokir Situs Dewasa

Dengan cara memblokir video dewasa, gambar, maupun konten yang tidak boleh dilihat anak.

3. Komunikasi

Alangkah baiknya anda menyampaikan kepada anak bahaya dari penggunaan internet yang berlebihan. Agar anak paham dan mengetahui dampak yang muncul ketika menggunakan perangkat terlalu lama.

4. Menemani atau Mendampingi Anak Ketika Mengakses Internet

Bagi orangtua yang mempunyai waktu luang, ini dapat mendampingi anak mengakses internet dengan mengakses fitur yang baik dan sesuai usianya.

5. Mengajari Anak Berperilaku Baik di Dunia Maya

Membantu anak mengenali iklan dan fitur di internet. Bahaslah pengaruh negatif dan positif konten.

6. Menggunakan Google Play

Cara menentukan konten yang baik untuk anak, anda dapat membaca ulasan dan mencari ikon bintang keluarga yaitu di aplikasi maupun permainan. Anda harus memeriksa rating konten untuk melihat tingkat kedewasaan pada aplikasi.

7. Mengajari Anak Dengan Pembelajaran di Youtube Kids

Youtube Kids merupakan aplikasi yang sangat cocok untuk anak-anak. Karena anak sangat menyukai permainan dan video.

Apabila anda memperhatikan dan mengawasi sejauh mana anak menjelajahi internet, maka anda akan mengetahui sejauh mana perkembangan anak anda. Lalu memastikan anak anda aman menggunakan internet.