Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Praktis Mengajari Anak Membaca dengan Tepat dan Cepat

Cara Praktis Mengajari Anak Membaca dengan Tepat dan Cepat
Orang tua mengajari anak membaca.

Masa tumbuh kembang anak, orang tua bertugas mendidik dan mengajari anak banyak hal. Apalagi ketika anak menginjak Sekolah Dasar. Orangtua harus mengajari anak membaca dan menulis agar anak mampu mengikuti pelajaran di sekolah. 

Belajar membaca mempunyai banyak manfaat untuk anak. Dengan membaca, anak mendapatkan ilmu dan membantu dalam kemampuan berbahasa dengan baik. Tidak mudah memang dalam menumbuhkan gemar membaca kepada anak. Apalagi di era digital sekarang ini, anak akan lebih asik dengan game dan situs medsos YouTube. 

Untuk tetap meningkatkan kreativitas dan minat membaca pada anak, orang tua sebaiknya mendampingi anak dengan memberikan pelajaran membaca. Dengan membaca, akan meningkatkan kedekatan ibu kepada anak. Orangtua harus mempunyai metode khusus dalam mengajari membaca agar anak tidak bosan dalam belajar membaca. Mengajari anak dengan menyenangkan.

Cara Praktis Mengajari Anak Membaca


Mengajari anak membaca dengan tepat dan cepat akan membantu anak dalam memahami pelajaran. Memaksimalkan kemampuan anak agar dapat menyesuaikan dengan teman dan lingkungannya. Ada beberapa cara praktis dalam mengajari anak yaitu:

1. Memakai Poster Alphabet

Sekarang ini banyak toko yang menjual poster-poster alphabet yang memudahkan anda dalam mengajari anak. Untuk tahap awal atau pemula sebaiknya anda mengajarkan huruf-huruf dan angka. Orang tua membantu anak dalam membaca huruf tersebut sehingga anak mudah menirukan dan menghafalnya.

2. Jadwal dan Target Belajar

Sebaiknya orang tua menargetkan atau menjadwalkan pembelajaran anak. Agar anak dapat secara cepat dan tepat dalam belajar.

3. Mengajari Dengan Media Bergambar 

Dengan belajar menggunakan media gambar, anak lebih senang belajar dan mudah mengerti. Cara ini lebih memudahkan anak anda dalam mengingat.

4. Mengajari Menggunakan Media Warna

Anak-anak menyukai sesuatu yang berwarna. Dengan cara ini, anak lebih semangat dalam belajar.

5. Mengajari Anak Dengan YouTube

Di era canggih ini memberikan kemudahan kepada orang tua untuk mengajari anak membaca. Hal ini tentu saja anda dapat memanfaatkan media YouTube untuk mengajari anak. Banyak video pembelajaran membaca yang dapat merangsang minat anak dalam membaca. Video yang sudah dikemas baik yang memudahkan anak dalam menghafal dan belajar membaca. 

6. Mengulang Pelajaran Secara Terus-menerus

Hal yang membuat anak dengan cepat membaca adalah dengan mengulang-ulang pelajaran.

7. Belajar Membaca di Tempat yang Berbeda

Anak seringkali cepat bosan ketika belajar, maka sebaiknya anda mengajaknya belajar di tempat yang berbeda. Suasana baru akan membuat anak lebih fresh dan semangat belajar. Contohnya di luar ruangan, di taman depan rumah, atau di tempat-tempat yang dapat mengajari anak lebih fokus.

Cara diatas merupakan cara praktis mengajari anak membaca dengan tepat dan cepat. Anak akan mudah mengingat dan semangat dalam belajar membaca. Orangtua juga sangat berperan dalam belajar anak. Orangtua harus konsisten mengajari anak baca dan menulis.

Berlangganan via Email