Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kenali Manfaat Metode Blended Learning, Variasi Cara Belajar yang Efektif

Kenali Manfaat Metode Blended Learning, Variasi Cara Belajar yang Efektif
Kombinasi cara mengajar secara langsung dan juga online.

Metode blended learning saat ini menjadi salah satu hal yang sedang hangat diperbincangkan oleh para pelaku dunia pendidikan. Hal ini semakin berkembang dan meningkat seiring dengan canggihnya teknologi yang mana makin mempengaruhi cara pembelajaran dunia pendidikan yang juga semakin canggih.

Sementara itu, metode pembelajaran dari tatap muka atau secara langsung, serta berubah menjadi cara daring atau online sangat memerlukan biaya dan juga effort yang cukup tinggi. Namun, hal tersebut dapat dimulai dengan cara blended learning.

Mengenal Manfaat Metode Blended Learning


Apa yang dimaksud dengan blended learning? Model blended learning ini merupakan salah satu metode pembelajaran yang menggabungkan antara pembelajaran tatap muka dengan pembelajaran secara daring atau virtual.

Menurut Semler (2005), blended learning merupakan cara mudah untuk pembelajaran dengan menggabungkan berbagai cara penyampaian, gaya pembelajaran, model pembelajaran, memperkenalkan pilihan varian media dialog antara siswa dengan guru, atau dari fasilitator ke orang yang akan mendapat pembelajaran.

Cara ini juga dikenal sebagai gabungan pengajaran face-to-face atau secara langsung dengan pengajaran secara daring atau online. Akan tetapi, lebih dari itu, hal ini dapat dikatakan sebagai bagian dari elemen untuk interaksi sosial dalam masyarakat.

Kemudian, cara pembelajaran atau metode blended learning yang didukung kombinasi secara efektif ini merupakan sebuah cara untuk menyampaikan atau cara dan gaya mengajar yang mempunyai perbedaan serta diperoleh dari komunikasi yang terbuka antara semua bagian yang berhubungan dengan pelatihan tersebut.

Manfaat Blended Learning


Sementara itu, manfaat dan keuntungan dari pengalikasian metode ini yakni sebagai kombinasi cara mengajar secara langsung dan juga online. Selain itu, terdapat beberapa manfaat yang dapat diperoleh saat menggunakan metode ini untuk pengajaran, yaitu:
  1. Terciptanya interaksi dari pengajar dan juga siswa
  2. Pengajaran dapat secara online atau face-to-face (tatap muka secara langsung)
  3. Blended learning sebagai penggabungan modalitas instruksional atau media pengiriman
  4. Blended learning sebagai penggabungan metode instruksional

Selain metode blended learning, saat ini pun terdapat satu lagi metode e-learning dalam dunia pendidikan yang juga mempunyai manfaat yang sangat banyak, yaitu:
  1. Memberikan sisi fleksibel untuk pemilihan waktu serta tempat belajar.
  2. Siswa atau menerima pelajaran tidak perlu melakukan perjalanan menuju ke tempat belajar
  3. Metode e-learning dapat dilakukan dimana saja baik yang mempunyai akses internet maupun yang tidak.
  4. E-learning juga memberikan kesempatan untuk siswa secara mandiri dalam memegang kendali dari sukses belajarnya.
  5. Bebas menentukan waktu kapan mulai, kapan menyelesaikan serta bagian mana yang terlebih dulu ingin dipelajari
  6. Jika belum memahami pembelajaran, maka dapat menghubungi pengajar atau instruktur maupun narasumber dengan melalui internet, chat, atau dengan dialog interaktif dalam waktu tertentu.

Kelas Seperti Apa yang Memerlukan Metode Blended Learning?

Blended learning ini merupakan metode yang memberikan kesempatan bagi para pengajar dan penerima pengajaran untuk belajar dari kelas transisi menuju kelas e-learning. Blended learning ini pun mencakup kelas tatap muka serta belajar online.

Selain itu, adapun kelas yang dapat atau cocok untuk blended learning adalah seperti:
  1. Kelas yang sulit membuat konten e-learning secara menarik
  2. Memiliki permasalahan dengan kapasitas ruangan dan pengajar
  3. Biaya penyelenggaraan jam belajar yang lebih murah
  4. Siswa yang mempunyai waktu terbatas
  5. Literasi teknologi siswa dan pengajar yang bagus
  6. Siswa dengan pengajar yang memiliki koneksi internet reliable
Metode blended learning ini cukup atau bahkan sangat efektif dalam menambah keefisiensian kelas instruksi. Bahkan memberikan peningkatan diskusi di luar ruang kelas.

Berlangganan via Email