Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Manfaat Bermain dengan Anak dan Hal-hal yang Harus Diperhatikan

Manfaat Bermain dengan Anak dan Hal-hal yang Harus Diperhatikan
Anak akan lebih senang dan bahagia.

Anak-anak sering melakukan permainan yang berbeda-beda. Bahkan banyak sekali jenis mainan yang sering dimainkan. Aktivitas tersebut merupakan hal yang menyenangkan. Maka dari itu sebaiknya orang tua selalu mendampingi dan menjadi teman bermain. Sebab, ada banyak manfaat bermain dengan anak yang mampu mempengaruhi tumbuh kembangnya. Manfaat yang bisa diperoleh dari aktivitas tersebut cukup banyak. Maka dari itu, terapkan hal-hal yang perlu diperhatikan saat bermain dengan anak. 

Belajar bisa saja dengan sebuah permainan. Sebab, banyak sekali permainan yang sering membantu pertumbuhannya agar bisa lebih baik. Sebagai orang tua, sebaiknya anda berikan metode dan media yang tepat sesuai karakter anak. Sehingga ketika anak sudah masuk sekolah atau dewasa, pertumbuhannya bisa lebih baik dan berkembang. Orang tua memiliki peranan penting dalam memberikan manfaat bermain pada anak.

Manfaat Bermain dengan Anak


Permainan memang menjadi aktivitas yang sering dilakukan oleh anak-anak. Maka dari itu, sebagai orang tua, anda perlu memperhatikan berbagai hal yang mempengaruhinya. Sebab bermain tidak hanya untuk kesenangan semata. Namun, mampu membentuk dasar ketrampilan intelektual, sosial, fisik, dan emosi. Ketrampilan inilah yang justru dibutuhkan oleh anak ketika sekolah kelak. Adapun beberapa hal penting yang bisa orang tua perhatikan ketika bermain dengan anak antara lain:

Luangkan Waktu


Hal pertama yang bisa orang tua lakukan untuk menemani anak bermain yaitu meluangkan waktu. Sebaiknya gunakan waktu 10-20 menit sehari untuk mendampinginya bermain. Buatlah kehadiran anda bisa secara utuh untuk anak. Sehingga anak akan merasa senang dan bahagia. 

Jadilah Teman 


Jangan biarkan anak takut dan tertekan karena orang tua lebih dewasa. Usahakan anda bisa berteman dengan anak sehingga jadi partner bermain yang baik. Sebab, orang tua bisa menjadikan anak lebih antusias bermain dan berinteraksi. 

Latih Anak Improvisasi


Hal yang bisa orang tua lakukan yaitu menemaninya untuk bisa lebih membuat anak aktif. Sehingga bisa membuat anak melakukan improvisasi saat bermain. Misalnya ketika bermain balok, tentu bisa membuat anak lebih mengenal berbagai bentuk yang akan dibuat.

Media Bermain


Orang tua wajib memberikan media bermain yang mudah anak lakukan. Sebaiknya sesuaikan dengan umur dari anak itu sendiri. Selain itu, berikan permainan yang mudah tidak usah memberikan peralatan. Misalnya mengajaknya bernyanyi atau tummy time yang bisa anda jadikan media bermain.

Sebagai orang tua, tentu perlu penerapan dan pendampingan khusus untuk anak. Selain itu, dengan bermain, anak-anak akan lebih senang dan bahagia. Maka dari itu, jadilah  orang tua yang cerdas dalam memberikan permainan dan menemaninya. Perhatikan juga hal-hal yang baik dilakukan. Sebab, ada banyak manfaat bermain dengan anak untuk tumbuh kembangnya. Berikan permainan sesuai dengan usianya dan media yang tepat.

Berlangganan via Email