Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Manfaat Seni Origami sebagai Media Belajar yang Menyenangkan

Origami melatih kreatifitas siswa.

Manfaat seni origami penting untuk anda ketahui. Seni melipat kertas yang berasal dari negeri sakura ini pun sangat populer dan menjadi seni paling banyak digemari oleh sebagian besar orang. Terutama bagi para siswa sekolah dasar dan juga prasekolah. Inilah mengapa, seni melipat kertas ini banyak diterapkan untuk melatih kreatifitas siswa didik.

Manfaat Seni Origami


Tahukah anda, jika origami berasal dari bahasa Jepang, yaitu ori yang berarti lipat dan juga gami yang berarti kertas. Sehingga, Origami memiliki arti melipat kertas. Namun, seni origami bukan berasal dari Jepang, melainkan sudah dikenalkan sejak zaman China Kuno yakni pada tahun 105 masehi.

Orang yang mengenalkan seni melipat kertas ini adalah Tsai Lun. Kemudian, kesenian ini pun menjadi sangat cepat berkembang di Jepang hingga menjadi kebudayaan yang sangat populer sampai sekarang. Lantas, bagaimana peran origami dalam pendidikan di Indonesia.

Di Indonesia, manfaat seni origami sudah dikenalkan sejak anak usia play group. Biasanya anak-anak akan memahami jika origami adalah bermain dengan kertas. Namun, origami sangat berperan penting untuk menjadi media komunikasi yang menyenangkan di antara siswa, guru, dan juga orang tua.

Hal tersebut dapat meningkatkan konsentrasi siswa jika diaplikasikan dengan cara yang tepat. Selain itu, terdapat berbagai manfaat lain yang dapat diperoleh dari belajar seni origami. Adapun manfaatnya adalah sebagai berikut:

1. Belajar Kreativitas


Saat ini, model dari cara melipat kertas ini pun sudah sangat berkembang. Tak hanya dapat mempelajari bagaimana melipat perahu, burung, atau pesawat saja. Akan tetapi, siswa dapat melipat bentuk-bentuk yang mereka sukai. Dengan demikian, siswa akan pandai dalam hal melipat berbagai macam bentuk dari ide yang baru. Dengan hal tersebut, maka siswa telah berhasil menciptakan ide kreatif.

2. Meningkatkan Cara Berpikir


Manfaat seni origami dapat ditunjukkan pada kemampuan menangkap gambar dan nantinya akan diaplikasikan menggunakan kemampuan tangan sebagai alat belajar. Kemampuan ini akan menjadikan siswa dapat memahami dunia di sekitarnya.

3. Dapat Mengikuti Arahan dengan Baik


Manfaat selanjutnya adalah siswa dapat mengikuti arahan orang lain dengan lebih baik. Hal ini pun menjadi manfaat yang sangat penting saat belajar melipat kertas. Origami tak terlepas dari kemampuan yang melibatkan pikiran. 

Dengan belajar origami, siswa akan mengikuti tahapan demi tahapan dalam melipat kertas. Hal ini berarti anak atau siswa akan belajar dalam mengikuti petunjuk serta arahan dari orang tua atau guru.

4. Belajar Membaca Gambar atau Diagram


Manfaat seni origami selanjutnya adalah dapat belajar membaca diagram. Biasanya, selain dari arahan guru atau orangtua, origami juga tersedia dari buku, animasi, atau gambar yang ada di kertas origami. Namun, pemilihan bentuk-bentuk origami tersebut diharapkan sesuai dengan kemampuannya agar tidak terlalu kesulitan dalam melipatnya.

Bahkan, orangtua atau guru wajib mendampinginya. Semakin sering mereka berlatih, maka mereka akan dapat dengan mudah, karena terbiasa membaca diagram atau gambar arahan yang ada. Dengan demikian, kemampuannya pun akan semakin meningkat.

5. Berlatih Memecahkan Masalah


Melipat bentuk origami tak semuanya berjalan dengan lancar dan mulus. Ada kalanya, mereka akan menemukan kesulitan dalam langkah atau tahapan tertentu. Apalagi, untuk bentuk lipatan yang rumit. Tentu saja, anak atau siswa akan mendapatkan satu masalah untuk bisa menyelesaikan bentuk yang diharapkan.

Dengan demikian, secara tidak langsung mereka akan menemukan solusi dari permasalahan tersebut. Sehingga, manfaat seni origami mampu meningkatkan kemampuan dalam berpikir yang semakin kritis dan logikanya akan lebih terlatih.

Berlangganan via Email