Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Guru Ingin Membuat Materi Pelajaran Jadi Lebih Menarik, Cobalah Tips Ini

Guru Ingin Membuat Materi Pelajaran Jadi Lebih Menarik, Cobalah Tips Ini
Sesekali Anda perlu membuat suasana belajar yang interaktif.

Semua guru pasti ingin menjadikan suasana belajar di kelasnya berjalan menyenangkan, efektif, dan menarik bagi murid. Akan tetapi, pada kenyataannya banyak guru yang sekadar ingin tetapi tidak mampu mewujudkannya. Lalu, bagaimana cara menyampaikan materi pelajaran yang menarik? Praktikkan tips berikut ini.

1. Gunakan Peta Pikiran


Peta pikiran atau mind map dapat meningkatkan pemahaman siswa karena berdasarkan penelitan, cara ini sesuai dengan kinerja alami otak. Dengan alat ini, kedua bagian otak dapat bekerja bersamaan sehingga mampu memahami konsep dengan lebih baik. 

Peta pikiran dapat membuat murid memahami konsep, menangkap keterkaitan antara satu pokok bahasan dengan yang lain, dan membuat kegiatan belajar jadi lebih menyenangkan. Selain itu, bagi guru peta pikiran juga dapat membantu menyederhanakan materi yang rumit dan mengembangkan sebuah tema menjadi beberapa materi. 

2. Manfaatkan Teknologi


Teknologi yang terus dikembangkan saat ini harus dimanfaatkan untuk membantu proses belajar mengajar, sehingga materi dapat disajikan dengan lebih menarik dan mudah dipahami. Dengan teknologi internet, Anda dapat mencari sumber informasi tambahan untuk memperdalam pemahaman murid. Selain itu, dengan bantuan software komputer, menyajikan materi dalam bentuk audio, video, slide, serta gambar menjadi lebih mudah. 

3. Gunakan Metode Interaktif


Pembelajaran satu arah kadang penting untuk menerangkan suatu topik. Akan tetapi, jika dilakukan terus menerus tanpa selingan metode lain, tentu akan membuat murid bosan. Maka, sesekali Anda perlu membuat suasana belajar yang interaktif. Contohnya, memberikan kesempatan kepada murid untuk bertanya atau berpendapat tentang fenomena yang ada hubungannya dengan materi yang diajarkan. 

Anda pun dapat mengawali kegiatan diskusi dengan menyampaikan cerita singkat terkait materi. Kemudian minta murid untuk menanggapinya. Agar lebih menarik, bentuklah kelompok diskusi dan minta mereka menceritakan hasil diskusi di depan kelas.

Sesekali berikan juga pertanyaan kepada siswa untuk membantu mereka mengasah cara berpikir dan memberikan solusi atas masalah yang dipaparkan. Selanjutnya, tugas Anda hanyalah menjadi pembimbing dan penuntun jika jawaban mereka tidak sesuai dengan konteks yang dibahas. 

4. Menyajikan Materi dengan Format Berbeda


Jangan hanya mengandalkan teks untuk menyampaikan materi kepada siswa. Ada baiknya sesekali Anda menyiapkan poin-poin penting dari materi kemudian disajikan dalam bentuk animasi atau slide. Agar lebih menarik, masukkan gambar ilustrasi yang unik. 

Selain mencegah kejenuhan, format materi yang berbeda juga akan membuat siswa mudah mengingatnya. Tak ada salahnya juga Anda memasukkan unsur humor dalam bentuk kartun, infografis, anekdot, atau cerita lucu yang berkaitan dengan materi. 

5. Melakukan Komunikasi Personal


Selama mengajar, Anda tidak harus berdiri di depan kelas dan membuat perhatian murid terpusat pada Anda. Guru pun perlu memperhatikan kondisi murid, terutama untuk materi yang cukup sulit. Setelah menjelaskan materi inti, Anda dapat berkeliling kelas dan memantau siswa yang sedang belajar sendiri ataupun berkelompok. Dengan begitu, Anda dapat membantu siswa yang masih kesulitan memahami materi dan memberikan instruksi.

Ketika siswa menjawab pertanyaan, berikan apresiasi meskipun jawabannya tidak tepat. Apresiasi tak harus berupa hadiah atau pujian, melainkan komentar positif atas kesediaannya menjawab. 

Ketika melakukan komunikasi personal, ajukan pertanyaan yang tidak biasa untuk menarik perhatian siswa. Misalnya menceritakan sebuah peristiwa kemudian kaitkan dengan pelajaran yang Anda sampaikan.

Nah, dengan menguasai cara mengajar yang menarik seperti tips di atas, Anda dapat membuat siswa lebih memahami materi. Namun, jangan hanya karena ingin penyajian yang menarik, inti materinya justru terlupakan. Usahakan seimbang antara materi dan cara penyampaiannya.

Berlangganan via Email