Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Pentingnya Menyusun Rencana Pembelajaran dan Manfaat RPP

Pentingnya Menyusun Rencana Pembelajaran dan Manfaat RPP
Guru melaksanakan pembelajaran secara sistematis.

Pentingnya menyusun rencana pembelajaran sebelum melaksanakan kegiatan maupun proses pembelajaran merupakan hal yang paling utama. Mengingat kegiatan tersebut berhubungan dengan pencapaian suatu kompetensi dasar. Seorang guru atau pendidik melakukan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) tersebut dengan menetapkan standar isi dan penjabaran dalam satu rangkaian silabus. 

RPP tersebut merupakan rencana dasar yang isinya merangkum prosedur dan organisasi pembelajaran dalam satu silabus. Jelasnya RPP tersebut merupakan kegiatan untuk setiap tatap muka dalam kelas.

RPP ini merupakan kegiatan yang sangat jelas dan terencana yang disiapkan seorang guru untuk pendampingan pembelajaran terhadap anak didiknya. Di saat pandemi saat ini, banyak sekali perubahan yang mempengaruhi sistem pembelajaran guru ke anak didiknya. 

Yang awalnya bisa dilakukan dengan tatap muka langsung, sedangkan di saat pandemi seperti ini guru harus merubah dan menyusun rencana pembelajaran secara daring atau Belajar Dari Rumah (BDR). Seorang guru melakukan pendekatan, materi, metode, pengalaman belajar, serta menyesuaikan dengan kondisi pembelajaran saat ini.  

Pentingnya Menyusun Rencana Pembelajaran


Pentingnya membuat RPP adalah lebih dapat mengidentifikasi kebutuhan dalam mencapai tujuan pembelajaran. Selain itu, akan sangat membantu dalam mempersiapkan diri bagi guru pemula. Dalam rangka memaksimalkan pembelajaran, seorang guru dilatih untuk lebih tegas dan teliti. Pentingnya menyusun rencana pembelajaran tersebut, point-point tujuan akan tercapai dengan baik.

Secara lengkap pentingnya penyusunan pembelajaran sebagai berikut :

1. Penentuan Materi dan Waktu Secara Efisien

Seorang guru lebih dapat menentukan sumber materi dan waktu sehingga lebih akurat dan efisien.

2. Daftar Lengkap dan Tertata

Seorang guru dapat memasukkan semua unsur atau faktor pembelajaran yang baik dan lengkap.

3. Penyelesaian Masalah

Setelah RPP tersusun, seorang guru dapat mengidentifikasi resiko atau kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi dan dapat dengan cepat menyelesaikannya sehingga pembelajaran berjalan baik.

4. Teliti dan Terarah

Pentingnya menyusun rencana pembelajaran membantu seorang guru dalam menganalisis serta mengimplementasikan secara nyata dan terarah.

5. Sumber Pembelajaran yang Akan Datang

Dengan RPP, seorang guru dapat mengingat kembali pelajaran yang selanjutnya akan disampaikan. Sehingga dengan RPP tersebut, tidak akan ada resiko lupa atau pelajaran yang terlewat.

Manfaat Perencanaan Pembelajaran


Seorang guru tetap harus menyusun perencanaan walaupun sebelumnya sudah hafal akan pembelajaran yang akan disampaikan. Dengan begitu, akan lebih merasakan manfaat dari pentingnya menyusun rencana pembelajaran.

Manfaat yang diperoleh adalah lebih jelas pemikiran akan ide dan implementasi. Selain itu, seorang guru dapat melaksanakan pembelajaran secara berurutan dan sistematis. Dalam mengantisipasi keterbatasan memori dan daya pikir, dengan RPP ini seorang guru dapat melihat lagi catatan dan RPP yang sudah disusun

Manfaat yang lainnya seorang guru dapat melihat kekurangan dan kelebihan pada dirinya yang berkaitan dengan penyampaian dan pembelajaran. Sehingga seorang guru dapat mengoreksi dan penyempurnaan perencanaan pembelajaran tersebut kepada anak didik.

Seorang guru dapat menerapkan cara menyusun perencanaan pembelajaran dengan mengisi hal yang sangat penting secara umum. Selain itu, dapat dibuat dengan bahasa sendiri yang mudah dipahami dan lebih terangkum. Namun tidak harus terikat dengan buku teks. Seorang guru dapat mencatat pokok materinya saja dan lebih kreatif. 


Pada dasarnya, pengembangan dalam menyusun perencanaan pembelajaran sangat berkaitan dengan dasar kurikulum yang sudah ditetapkan. Sehingga seorang guru lebih mudah dalam mencatat pokok-pokok kurikulum ke dalam perencanaan tersebut. 

Begitu pentingnya menyusun rencana pembelajaran ini sehingga proses pelaksanaan pembelajaran pun dalam berjalan dengan baik dan efisien.

Berlangganan via Email