Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Permainan Pura-Pura, Sederhana Tapi Penting Bagi Anak

Permainan Pura-Pura, Sederhana Tapi Penting Bagi Anak
Permainan semacam ini efektif mendukung kesiapan anak untuk sekolah

Permainan pura-pura menurut psikolog dalam berbagai kesempatan ternyata sangat penting dan bisa memberikan peran yang signifikan untuk pertumbuhan serta kecerdasan anak. Seperti yang diketahui bermain menjadi cara utama bagi anak agar bisa belajar mengenai banyak hal.

Seiring dengan perkembangan zaman, berbagai macam jenis mainan anak mulai diproduksi. Mulai mainan manual sampai digital banyak diproduksi. Tetapi dari sekian banyak jenis mainan untuk anak, seperti apa permainan yang bisa memberi manfaat itu?

Ternyata salah satunya adalah bermain pura-pura dengan anak. Ini merupakan salah satu permainan imajinatif yang bisa berikan peran tertentu untuk anak dan diperagakan sesuai peran.

Manfaat Permainan Pura-Pura


Sebagai orang tua mungkin anda sering melihat anak bermain sambil berpura-pura menjadi dokter, pedagang sampai pahlawan super. Di samping kegiatan ini sangat menyenangkan, bermain pura-pura atau role-play ternyata bisa memberikan manfaat yang bagus.

Meski tampak sederhana, namun permainan ini bisa memberikan berbagai macam manfaat. Seperti mengasah kreativitas serta imajinasi yang dimiliki oleh anak. Jelas sebagai orang tua anda menginginkan anak menjadi jago problem solving. Maka harus banyak main peran saat kecilnya.

Otak anak belajar melalui bermain. Lewat permainan ini, maka bisa menjadi bentuk pelajaran yang bisa mengasah kemampuan komunikasi anak tersebut. Ini menjadi penting, karena sekarang cukup banyak kasus anak yang terlambat bicara.

Sebaiknya orang tua bukan hanya memberikan mainan yang bisa dimainkan oleh anak sendirian. Tetapi anak juga harus terlibat di dalam permainan yang mampu mendorongnya untuk mengobrol. Dengan begitu, tabungan kosakata anak bisa semakin kaya.

Permainan pura-pura yang dimainkan bersama orang tua, ini bisa menjadi waktu yang tepat untuk bonding time dan hasilnya akan sangat luar biasa.

Efektif Mendukung Kesiapan Anak Masuk Sekolah


Di samping lebih mengasyikkan permainan semacam ini efektif mendukung kesiapan anak untuk sekolah. Melakukan permainan yang melibatkan warna, bentuk, cara atau kosakata serta bacaan bisa menjadi cara imajinatif yang digunakan untuk menghasilkan kemampuan membaca anak.

Saat memainkan permainan ini, anak bisa belajar untuk menghilangkan rasa takut yang ada di dalam dirinya. Mengembangkan impian, menumbuhkan bakat serta cita-cita yang mereka miliki.

Jangan malas untuk mengajak anak bermain. Sebab, bermain pura-pura juga bisa dipupuk sejak dini. Bahkan sebelum anak bisa bicara atau bergerak dengan aktif. Anda bisa mengajak anak banyak bicara, membacakan buku dan menceritakan dongeng. Atau menjelaskan berbagai hal yang ada di sekitar anda.

Ketika melakukan permainan ini, anak sekaligus bisa mengembangkan daya pikir dan bukan hanya sekedar memberi tanggapan pasif. Maka dari itu permainan pura-pura ini sangat penting dan bisa anda mainkan bersama dengan anak agar manfaatnya bisa dirasakan saat anak besar nanti.

Berlangganan via Email