Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Selain Belajar, Kenalkan 5 Permainan yang Mendidik Ini Untuk Anak SD

Selain Belajar, Kenalkan 5 Permainan yang Mendidik Ini Untuk Anak SD
Selain belajar, mengenalkan permainan yang mendidik untuk anak SD juga sangat diperlukan. Misalnya dengan coba 5 permainan berikut.

Permainan yang mendidik atau edukatif merupakan jawaban paling tepat untuk mengatasi rasa jenuh anak dalam belajar. Dibandingkan dengan gadget, permainan ini justru lebih baik. Meskipun secara penerapan jelas gadget akan jauh lebih praktis dari permainan edukatif ini. Jadi jalan alternatifnya, Anda bisa memilih permainan yang mendidik untuk anak SD yang mudah namun sarat ilmu. Misalnya dengan mengenalkan 5 permainan mendidik berikut:

1. Peran Profesi

Siapa yang tidak kenal dengan permainan legendaris anak 90-an ini? Dibandingkan permainan edukatif lain, sebetulnya di masa kini pun permainan profesi masih cukup banyak diterapkan. Selain karena mudah dilakukan, permainan ini juga efektif untuk memberikan edukasi pada anak mengenai beragam profesi di masa depan. Tidak hanya itu, permainan ini juga bisa menjadi jembatan bantuan bagi anak untuk menemukan bakat dan minat mereka.

Karena itu, dalam permainan ini usahakan perankan semua profesi secara totalitas. Ini penting untuk membangun pengetahuan mengenai profesi secara mendalam pada anak. Misalnya, dengan menggunakan media perlengkapan sederhana yang dapat menggambarkan profesi yang Anda perankan.

2. Cari Harta Karun

Untuk permainan anak SD, selain peran profesi, permainan cari harta karun juga bisa menjadi pilihan tepat. Cari harta karun sendiri merupakan sebuah permainan dimana pemain harus mencari sebuah harta (benda) yang disembunyikan oleh pemain lainnya. Untuk diterapkan di rumah, permaianan ini akan sangat cocok. Sebab tidak hanya untuk dimainkan berkelompok, namun permainan ini tetap bisa dimainkan meskipun hanya dua orang.

Sebagai permainan edukasi di rumah, permaianan ini dapat membantu anak untuk meningkatkan rangsangan gerak motoriknya. Sedangkan jika dimainkan secara kelompok, permainan cari harta karun dapat meningkatkan sosialisasi, dan mengajarkan anak mengenai cara kerja sama yang baik dalam sebuah tim

3. Sambung Kata

Sekilas sambung kata memang bukan sebuah permaiann yang menarik. Karena itu tidak heran, permaianan ini jarang sekali dipilih. Padahal untuk edukasi, permainan yang mendidik untuk anak SD ini bukan hanya dapat melatih kemampuan otak saja. Namun lebih dari itu, permainan ini dapat membantu memperkaya jumlah perbendaharaan kata serta kemampuan bahasa anak.

Dalam hal cara, permainan sambung kata memiliki konsep main yang sangat sederhana dan mudah. Anda hanya tinggal melemparkan potongan kata awal, dan anak bertugas untuk melanjutkan kata yang disebutkan. Agar semakin menarik, Anda bisa menggunakan media gambar untuk menjelaskan potongan kata yang disebutkan. Contoh: Sambung kata untuk kalimat “Kambing”. Di sini Anda bisa menyebut potongan kata awal, yaitu “Kam” dengan menunjuk gambar kambing. Dengan cara ini, anak akan dengan mudah memahami jawaban dari potongan kata awal yang Anda sebutkan.

4. Tebak Jitu

Nyaris mirip dengan permainan sambung kata, tebak jitu juga merupakan permainan yang memiliki cara main menebak suatu benda. Yang agak berbeda, sambung kata, potongan kata awal benda yang ditanyakan diberitahukan, di permainan ini tidak. Konsepnya, Anda hanya menunjukkan suatu benda pada anak dengan media main seperti gambar, atau benda yang ditanyakan secara asli.

Sebagai edukasi, permainan untuk anak SD ini dapat membantu Anda dalam mengenalkan suatu benda secara seru. Dengan begitu, bukan hanya bermain, tetapi anak juga akan mendapatkan ilmu baru.

5. Permainan Warna

Permainan warna merupakan sebuah permainan edukasi yang dapat membantu Anda untuk mengenalkan serta melatih cara membedakan warna pada anak. Tidak kalah mudah, permainan warna memiliki konsep main menunjukkan warna dan anak bertugas untuk menebaknya.

Agar permainan menarik dan tidak membosankan, permainan warna bisa Anda kemas dengan cara mengajak anak untuk menggambar juga. Jadi sebelum bermain, pastikan Anda telah menyiapkan media permainan seperti, kertas, dan cat air atau pensil warna.

Lihat juga: Permainan Tradisional yang Bisa Jadi Alat Pembelajaran

Semua permainan yang mendidik untuk anak SD di atas bisa Anda mainkan dengan sangat mudah. Agar tujuan edukasi berhasil, setelah permainan bangun juga komunikasi dan selipkan kembali ilmu baru yang Anda ajarkan dari permainan yang sebelumnya anak mainkan.