Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

RPP Daring Matematika Kelas 5 Semester 2 - Volume Bangun Ruang

RPP Daring Matematika Kelas 5 Semester 2 - Volume Bangun Ruang
RPP Matematika kelas 5.

Pembelajaran selama pandemi covid-19 dilaksanakan dengan pembelajaran jarak jauh atau daring. Meskpiun begitu, guru tetap wajib membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Dengan guru membuat RPP akan memaksimalkan pembelajaran sehingga pembelajaran bisa mengarahkan siswa dalam mencapai Kompetensi Dasar (KD).

Mata pelajaran (mapel) Matematika di jenjang Sekolah Dasar dan sederajat untuk kelas 4, 5 dan 6 pada Kurikulum 2013 terpisah dari tematik. Matematika Kurikulum 2013 SD menjadi mata pelajaran yang berdiri sendiri. Untuk itu, guru kelas 5 harus menyiap RPP Matematika. Komponen-komponen pokok dalam penyusunan RPP kini menjadi lebih sederhana. 

Salah satu kompetensi dasar (KD) yang harus dikuasai siswa kelas 5 SD adalah menentukan volume dan pangkat tiga yang ada di semester 2 kelas 5. KD 3.5 Matematika kelas 5 Kurikulum 2013 berbunyi menjelaskan, dan menentukan volume bangun ruang dengan menggunakan satuan volume (seperti kubus satuan) serta hubungan pangkat tiga dengan akar pangkat tiga.

CONTOH RPP DARING MATEMATIKA KELAS 5


A.   Tujuan Pembelajaran

Setelah menyimak penjelasan materi dalam video youtube yang dikirim guru Melalui Grup Telegram/Whatsapp, peserta didik dapat dengan mengamati gambar dan teks, siswa dapat menentukan volume bangun ruang.; melalui pengamatan gambar dan isi teks, siswa dapat menyelesaikan permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan volume bangun ruang dengan benar.; dengan mengamati gambar dan penjelasan guru, siswa dapat menentukan hubungan pangkat tiga dan akar pangkat tiga dan melalui pengamatan gambar dan memahami contoh, siswa dapat menyelesaikan permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan akar pangkat tiga dengan benar.

B. Alat dan Bahan

• Alat  :  Laptop., Zoom , PPT .Google Earth,Hp Android WhatsApp .Jaringan Internet
• Bahan : Buku teks pelajaran Matematika untuk SD/MI Kelas V penerbit Puskurbuk Kemendikbud Revisi Tahun 2018, Buku referensi yang relevan, Sumber lain dari Internet.

C. Langkah-Langkah Pembelajaran 

Kegiatan Pendahuluan

  • Melalui WA grup, guru menyapa dan menanyakan kabar peserta didik
  • Melalui WA grup, guru mengabsensi peserta didik
  • Melalui WA grup, guru mengingatkan peserta didik untuk selalu menerapkan PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat)
  • Melaui WA grup, guru mengajak peserta didik untuk berdoa sebelum belajar dan memberi semangat kepada peserta didik.

Kegiatan Inti

Mengamati
  • Melalui WA grup, peserta didik dapat mengamati materi yang dikirimkan oleh guru tentang Menentukan Volume Kubus dengan Satuan Baku, Menentukan Panjang Rusuk Kubus, Bilangan-Bilangan Kubik dan Mencari Akar Pangkat Tiga.
  • Melalui WA grup, guru mengirimkan penjelasan tentang Menentukan Volume Kubus dengan Satuan Baku, Menentukan Panjang Rusuk Kubus, Bilangan-Bilangan Kubik dan Mencari Akar Pangkat Tiga 
Menanya
  • Melalui WA grup, guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya tentang materi yang di kirimkan 
Mencoba
  • Melalui WA grup, guru mengirimkan soal latihan kepada siswa tentang Menentukan Volume Kubus dengan Satuan Baku, Menentukan Panjang Rusuk Kubus, Bilangan-Bilangan Kubik dan Mencari Akar Pangkat Tiga
Menalar
  • Melalui WA grup, guru mempersilakan kepada siswa untuk mengirimkan tanggapannya tentang Menentukan Volume Kubus dengan Satuan Baku, Menentukan Panjang Rusuk Kubus, Bilangan-Bilangan Kubik dan Mencari Akar Pangkat Tiga, dan guru mengirimkan respon tentang apa yang mereka kirimkan
Mengkomunikasikan
  • Melalui WA grup, siswa dapat mengirimkan tanggapannya tentang manfaat belajar Menentukan Volume Kubus dengan Satuan Baku, Menentukan Panjang Rusuk Kubus, Bilangan-Bilangan Kubik dan Mencari Akar Pangkat Tiga
Kegiatan Penutup
  • Melalui WA grup, guru memberikan penguatan materi tentang Volume Bangun Ruangdengan pecahan. 
  • Melalui WA grup, guru memberikan penghargaan kepada semua peserta didik yang telah mengerjakan tugas dengan baik
  • Melalui WA grup, guru mengakhiri pembelajaran dengan berdo’a.

D. Penilaian Hasil Pembelajaran 
  • Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru dari pengamatan sikap (disiplin dan semangat mengerjakan tugas di rumah), penilaian pengetahuan (jawaban soal yang telah di kirim oleh siswa) melalui WA grup. 


Download RPP Daring Matematika Kelas 5 Semester 2 - Volume Bangun Ruang


Untuk melengkapi perangkat pembelajaran atau program pembelajaran K-13 kelas 5, salah satunya RPP cukup mudah. Guru dapat menyusun perangkat pembelajaran tersebut melalui kegiatan Kelompok Kerja Guru. Selain itu, guru kelas 5 juga dapat mencari dan mendownload di internet.

SekolahDasar.Net akan membagikan RPP daring format 1 lembar mapel Matematika Kelas 5. File format pdf ini dapat mudah diedit disesuaikan kondisi sekolah. Guru kelas 5 dapat mendownload RPP Daring Matematika secara gratis dan mudah. Anda dapat mendownload RPP Matematika kelas 5 semester 2 melalui link berikut ini:


Semoga RPP daring mapel Matematika kelas 5 semester 2 materi pokok Volume Bangun Ruang di atas dapat membantu Anda dalam mempersiapkan rancangan pembelajaran mapel Matematika yang terarah, efektif dan efisien. Diperlukan ide dan inovasi untuk menyusun langkah-langkah pembelajaran yang menarik dan menyenangkan.