Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Trik Menghadapi Anak Sulit Belajar di Rumah Dengan Pola yang Baik

Trik Menghadapi Anak Sulit Belajar di Rumah Dengan Pola yang Baik
Orang tua harus memahami dulu keadaan si anak.

Orang tua kerap kali merasa khawatir ketika anaknya malas belajar. Terutama saat mereka sudah di rumah dan disuguhi dengan berbagai fasilitas mainan maupun hal lainnya. Dengan begitu orang tua membutuhkan trik menghadapi anak sulit belajar di rumah. Tapi perlu diketahui bahwa anak yang malas belajar di rumah tentu dipicu dengan banyaknya masalah di luar.

Trik Menghadapi Anak Sulit Belajar di Rumah 


Ada banyak sekali penyebab anak yang malas belajar di rumah. Salah satunya karena terlalu lelah ketika berada di luar rumah. Sehingga mereka cenderung lebih memilih untuk istirahat saja.

Bahkan tak sedikit anak yang malas belajar karena belum paham dengan materi yang diberikan oleh gurunya. Biasanya di sekolah hanya diberikan materi yang kurang menantang. Sehingga tidak ada greget untuk anak menyelesaikannya.

Orang tua harus memahami dulu keadaan si anak sebelum melakukan tindakan berikutnya. Jangan sampai salah bertindak karena bisa menyebabkan mental anak menjadi terganggu. Orang tua harus bisa peka dengan perasaan anaknya yang mungkin sedang tidak enak hati.

Trik menghadapi anak sulit belajar di rumah:

1. Membangun Komunikasi yang Baik

Hal yang utama dan paling utama adalah membangun komunikasi yang baik dengan anak. Sebagai orang tua yang bijak, seharusnya memahami keadaan anaknya. Dimana tidak boleh terlalu sibuk sehingga mengurangi kewajibannya sebagai orang tua yang bisa memberikan perlakuan pas kepada anaknya.

Kamu bisa mengajak komunikasi dengan anak dari masalah yang ringan. Jangan sampai orang tua mengacuhkan anaknya karena terlalu sibuk. Hal ini akan menyebabkan pekerjaan yang tidak bisa dilakukan dengan maksimal.

2. Menentukan Tujuan Belajar Anak

Orang tua harus bisa menunjukkan bahwa belajar adalah sebuah kewajiban bagi sang anak. Tetapi, orang tua juga harus bisa menunjukkan tujuan lain dari belajar. Hal ini bisa dikaitkan dengan bakat serta minat yang dimiliki sang anak.

3. Budayakan Membaca

Agar anak lebih semangat untuk belajar, sebaiknya orang tua membiasakan diri untuk melatih anak membaca. Tidak perlu bacaan yang berat. Terkadang membaca koran, majalah, komik, dan lain sebagainya sudah bisa untuk mewujudkan budaya membaca di rumah.

4. Merayakan Prestasi Anak

Trik menghadapi anak sulit belajar di rumah adalah dengan merayakan prestasi sang anak. Hal ini akan memicu semangat yang tinggi untuk terus belajar kedepannya. Selain itu, merayakan prestasi sang anak juga salah satu bentuk apresiasi orang tua pada mereka.

5. Jangan Membandingkan dengan Anak Lain

Jangan sekali-kali membandingkan anak sendiri dengan anak orang lain. Apalagi jika membandingkan dengan temannya sendiri. Ini justru akan membuat mentalnya down.

Lebih baik sebagai orang tua memberikan motivasi pada anak dengan baik. Jangan sampai menyinggung perasaannya. Karena anak akan sulit bangkit jika mentalnya sudah down.

Itulah beberapa trik menghadapi anak sulit belajar di rumah. Lakukan dengan penuh suasana hati yang menyenangkan. Sehingga anak akan merasa diperlakukan dengan baik oleh orang tua.

Berlangganan via Email