Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Beberapa Tips Parenting Anak Agar Cerdas yang Penting untuk Diketahui

Beberapa Tips Parenting Anak Agar Cerdas yang Penting untuk Diketahui
Tips parenting anak.

Tips parenting anak agar menjadi cerdas tak hanya cukup dengan memasukkannya ke sekolah, mendaftarkan les, atau hanya sebatas ukuran akademik mereka saja. Ada baiknya, jika anak cerdas terlahir dari pola didikan anda selaku orang tua dengan cara yang tepat dan efektif. Namun, biasanya cara tersebut karena memerlukan proses yang panjang dan juga kompleks. 

Deretan Tips Parenting Anak

Setiap orangtua pasti ingin mempunyai anak yang cerdas, maka cara mendidik anak yang tepat harus anda coba untuk mengembangkan intelegensi mereka secara maksimal. Tingkat kecerdasan atau intelegensi anak ada dua faktor,yakni:

  • Faktor Biologis, merupakan faktor yang terpengaruh dari banyak hal. Misalnya genetik orang tua, nutrisi selama kehamilan atau penyakit yang diderita ibu hamil serta anak itu sendiri.
  • Faktor Eksternal, yakni faktor yang bisa mempengaruhi IQ anak. Misalnya berupa gaya asuhan atau didikan bahkan lingkungan tempat anak melakukan sosialisasi.

Tak hanya cukup memasukkan anak ke dalam sekolahan yang mahal atau memberikannya mainan edukatif saja, namun anak juga bisa cerdas dengan didikan atau pola asuh yang tepat. Berikut ini adalah beberapa tips parenting anak yang dapat anda lakukan.

Jangan Mendikte Anak

Anak yang cerdas lahir saat imajinasinya dibiarkan berkembang serta bermain sesuka hati. Kemungkinan besar, anda akan tergoda untuk menerapkan jadwal supaya memperoleh skill dalam mengasah otak mereka.

Namun, menurut psikolog hal tersebut justru salah. Bebaskan anak melakukan apa yang ia suka, tak menutup kemungkinan berinteraksi dengan komputer atau ponsel. Hanya saja, anda bisa mengawasinya supaya tidak berlebihan.

Maksimalkan Teknologi

Jangan lupa menggunakan teknologi seperti virtual reality dalam mengajarkan banyak hal untuk anak. Misalkan memperkenalkan binatang purba yang telah punah, atau jenis olahraga tertentu.

Dukung Pertemanan Sehat dan Hindari Toxic

Memang benar jika bergaul seharusnya dengan siapa saja. Namun, anda wajib membatasi pergaulan terhadap anak yang toxic supaya tidak terpengaruh pergaulan yang buruk. Tips parenting anak ini menjadi sangat penting untuk anda perhatikan.

Jangan Paksa Anak

Setiap anak mempunyai karakter yang berbeda-beda. Tugas anda adalah hanya mengarahkannya, bukan memaksakan. Misalnya, anak yang pendiam jangan anda paksa untuk melakukan hal-hal aktif secara fisik. Berikan aktivitas yang lebih menguntungkan, dengan memberinya buku bacaan agar meningkatkan intelegensinya.

Banyak Bertanya dan Sedikit Menjelaskan

Tips ini penting untuk anda lakukan karena dengan banyak pertanyaan yang terlontar untuk anak akan membantu mereka dalam melatih skill problem solving dan mempertajam imajinasinya. Namun perlu diingat jika pertanyaan yang anda lontarkan harus pada jalur yang benar untuk menghasilkan anak yang cerdas.

Pilihlah Sekolah dan Guru dengan Kompeten yang Tinggi

Pola parenting anak ini dapat musnah seketika saat anda memilih sekolah dan juga tenaga pengajar yang tak menunjukkan visi yang mendukung kemauan anda. 

Lihat juga: Sekolah yang Mahal, Pasti Bagus! Benarkah Begitu?

Tips parenting anak ini sangat penting karena sekolah sangat berperan dalam pembentukan pola pikir anak terutama dalam hal akademis. Dengan memilih sekolah dan guru yang mendukung bakat anak dengan program yang tepat, maka potensi anak akan berkembang dengan baik.

Berlangganan via Email