Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Download Buku Guru PJOK K-13 Kelas 4, 5, dan 6 SD/MI

Download Buku Guru PJOK K-13 Kelas 4, 5, dan 6 SD/MI

Dalam struktur Kurikulum 2013 (K-13) revisi terbaru, mata pelajaran PJOK (Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan) pada kelas tinggi (kelas 4, 5, dan 6) terpisah dengan pembelajaran tematik. Bagi guru PJOK di Sekolah Dasar (SD) harus memiliki buku PJOK atau Penjaskes edisi revisi terbaru.

Dalam penerapan K-13, Kemendikbud menyediakan buku untuk siswa dan buku untuk guru. Begitupun juga dengan mata pelajaran PJOK, juga ada buku siswa dan buku guru. Apalagi dalam K-13 terdapat 4 kompetensi inti, sehingga PJOK tidak hanya praktek saja, namun juga ada kompetensi pengetahuan (KI-3). 

Keberadaan buku ajar seperti buku siswa dan buku guru bagi guru mapel PJOK sangat penting. Buku guru sebagai panduan bagi guru PJOK dalam melaksanakan pembelajaran di kelas. Buku Guru PJOK berisi langkah-langkah pembelajaran yang didesain menggunakan pendekatan saintifik sehingga siswa termotivasi belajar.

Buku guru PJOK juga sebagai petunjuk penggunaan buku siswa. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah menyediakan buku guru PJOK dalam bentuk file digital / ebook. Buku guru PJOK kelas 4, 5, dan 6 Kurikulum 2013 format .PDF dapat didownload melalui tautan berikut ini:

Melalui buku ini, guru dapat melaksanakan pembelajaran PJOK secara lebih menyenangkan mencakup pembelajaran abad 21 dengan 4C yaitu critical thinking and problem solving, creative and innovation, communicative, dan collaborative. Buku ini juga membantu guru melaksanakan kegiatan pembelajaran yang variatif.

Buku Guru Aktif Berolahraga - Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan untuk SD/MI Kelas 4, 5, dan 6 ini memuat cara mengoperasionalkan buku siswa. Buku guru PJOK ini selaras dengan buku siswa untuk memenuhi tuntutan higher order thinking skills (HOTS) dan menyisipkan nilai penguatan pendidikan karakter (PPK).

Lihat juga: 5 Hal Penting Persiapan Anak Kembali Ke Sekolah di Era New Normal

Di era new normal sekarang ini PJOK memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga kesehatan dan mendorong aktivitas jasmani peserta didik. PJOK dapat meningkatkan kesehatan mental, untuk membantu memelihara perkembangan sosial dan moral. Untuk itu, guru harus memberikan pengalaman belajar yang bermakna.

Berlangganan via Email