Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Membangun Komunikasi dengan Anak yang Introvert Secara Bijak

Cara Membangun Komunikasi dengan Anak yang Introvert Secara Bijak

Apa itu introvert? Lalu bagaimana cara membangun komunikasi dengan anak yang introvert? Simak beberapa tips di bawah yang dapat anda coba.

Introvert merupakan jenis kepribadian yang cenderung lebih pendiam. Dalam keseharian anak lebih tenang dan lebih suka menyendiri.

Hal ini karena ketika bersama dengan yang lain ia merasa energinya ikut terkuras habis. Anak yang memiliki kepribadian introvert lebih senang menjadi pendengar daripada yang bercerita.

Cara Membangun Komunikasi dengan Anak yang Introvert

Untuk membuat nyaman suasana mengobrol dengan sang anak ada baiknya kita tahu kepribadian yang seperti apa anak tersebut. Misalnya anak merupakan tipe introvert maka sebaiknya perhatikan hal-hal dibawah ini.

1. Menentukan Waktu

Cara membangun komunikasi dengan anak yang introvert pertama masalah waktu. Sesuaikan pada sang anak, bagaimana suasana hatinya.

Hal yang sering menjadi kesalahan adalah membicarakan hal yang tidak perlu. Anak yang introvert cenderung malas berbasa-basi.

Maka cari waktu dimana sang anak sedang merasa santai untuk membicarakan topik yang cukup rentan. Hal ini akan meminimalisir terjadinya masalah.

2. Respon Anak

Cara kedua ini cukup penting, yakni mengamati bagaimana anak merespon topik yang anda bicarakan.

Hal ini akan cukup menjadi tolak ukur kedepannya. Mencari obrolan yang menjadi minat anak akan membuatnya nyaman dan mau bertukar pendapat.

3. Jadi Pendengar yang Baik

Seorang yang introvert sangat sulit dalam mengungkapkan apa yang berada dalam hati. Anak cenderung memendam untuk dirinya sendiri.

Cara membangun komunikasi dengan anak yang introvert dengan menjadi pendengar yang baik. Ketika sang anak sudah mulai berbicara coba jadilah pendengar yang baik dengan tidak memotong pembicaraan.

Tanggapi dengan sewajarnya, namun jangan mematahkan apa yang anak ungkapkan. Jadilah sosok teman pada saat seperti  ini.

4. Memberi Dukungan

Dalam hal tertentu anak yang bertipe introvert merasa sendirian. Maka akan diperlukannya dukungan tanpa ia meminta.

Selalu apresiasi setiap pencapaian sang anak, walaupun itu hal yang simple. Hal ini akan menumbuhkan rasa percaya diri yang tumbuh.

Interaksi-interaksi kecil ini sangat berharga bagi mereka. Bahkan, tipe introvert akan sangat menghargai apresiasi dalam waktu lama.

5. Beri Anak Ruang

Karena memang pada dasarnya sifat mereka yang tertutup, maka anda jangan mencoba membukanya dengan paksa. Tetap hargai keputusan mereka, karena sebenarnya anak juga ingin mengungkapkan namun dengan cara yang berbeda.

Maka, beri ruang anak untuk menikmati kesendirian yang menurutnya nyaman, namun tetap awasi.

Lihat juga : Cara Agar Anak Tidak Tertekan Karena Keinginan atau Ambisi Orang Tua

Berperanlah selayaknya teman, sahabat dan orang tua yang bijak. Dengan memahami anak, beritahu mereka apabila melakukan kesalahan dengan hal yang lemah lembut.

Cara membangun komunikasi dengan anak yang introvert diatas dapat anda coba dalam keseharian. Dengan pelan-pelan sambil memahami sang anak, semua akan membaik dan beradaptasi apabila anda tidak menerapkan cara yang memaksa.